manfaat rambutan untuk promil

Beberapa orang mungkin masih meragukan manfaat rambutan untuk promil. Beberapa mitos bahkan dipercayai, seperti rambutan dapat membuat keguguran dan gagal persalinan.

Hasil penelitian justru menunjukkan rambutan bermanfaat untuk promil. Kandungan gizi di dalam buah berdaging putih ini sangatlah kaya dan bahkan dapat memenuhi beberapa nutrisi harian yang kamu butuhkan dalam program kehamilan.

Apa sajakah itu? Yuk simak ulasan manfaat buah rambutan untuk promil berikut ini.

Rambutan untuk promil, apakah boleh?

manfaat buah rambutan untuk ibu hamil

Rambutan dapat membantu memenuhi nilai harian nutrisi selama kehamilan. Vitamin, mineral, dan antioksidan dalam rambutan dapat memberikan manfaat nutrisi yang vital. 

Misalnya, folat adalah vitamin penting yang penting untuk pembelahan sel yang sehat dan duplikasi DNA. Dokter merekomendasikan agar wanita yang ingin hamil mengkonsumsi setidaknya 400 mikrogram folat setiap hari karena sangat penting untuk menghindari cacat lahir.

Vitamin C yang terkandung di dalamnya, bertindak sebagai antioksidan alami, meningkatkan kekebalan, dan melawan penyakit. Rambutan juga kaya akan potasium, mineral yang membantu detak jantung, fungsi ginjal, dan kontraksi otot.

Rasa buah yang manis dan asam bisa ini dapat membantu kamu meredakan mual, muntah, dan pusing. Bagaimana tidak? Serat makanan yang dikandungnya dapat mendukung pencernaan.

Sementara itu, zat besi membantu meningkatkan kadar hemoglobin dan melawan pusing dan kelelahan. Kalsium mendukung kesehatan tulang dan otot yang penting untuk menopang pertumbuhan berat badan janin.

Secara keseluruhan, rambutan mengandung 68kkal dan sejumlah kecil kalium (140mg), kalsium (15mg), magnesium (10mg), natrium (2mg) dan zat besi (0,1 -2,5mg). Daging yang dapat dimakan mengandung sekitar 2,8g serat makanan per 100g buah, dan memiliki sekitar 70mg vitamin C yang membantu dalam menyerap zat besi makanan.

5+ Makanan Yang Mengandung Asam Folat Untuk Ibu Hamil

Kandungan yang sebanyak itu tentunya sayang untuk dilewatkan. Nah, berikut adalah beberapa saran cara untuk memasukkan rambutan ke dalam makananmu:

  • Tambahkan buah rambutan ke dalam smoothie
  • Membuat salad buah dengan rambutan
  • Tambahkan rambutan ke dalam es krim
  • Sorbet rambutan
  • Gunakan rambutan untuk membuat selai

Manfaat rambutan untuk kesehatan & kecantikan

berapa kalori rambutan

Rambutan adalah buah rendah kalori, namun membantumu tetap kenyang sambil mengatur proses pencernaan. Selain itu, rambutan memaksimalkan pencernaan nutrisi yang menghasilkan lebih sedikit konversi lemak yang meningkatkan upaya penurunan berat badan.

Lebih jelasnya, yuk simak manfaat rambutan secara umum untuk kesehatan berikut ini.

1. Membantu Pencernaan

Serat dalam buah ini membantu merangsang metabolisme, menghasilkan proses pencernaan yang lebih lancar. Selain itu, menghilangkan kelebihan kolesterol dari tubuh.

2. Perawatan kulit

Rambutan memiliki antioksidan dan vitamin kunci dalam jumlah sedang. Semua nutrisi ini membantu menetralkan radikal bebas dalam sistem. Menjadikan buah ini sebagai bagian dari diet, menjadikannya sebagai tambahan anti-penuaan yang kaya.

10 Manfaat Bio Oil Untuk Wajah, Atasi Problem Kulit!

3. Meningkatkan Energi

Buah ini kaya akan vitamin B yang meningkatkan jalur metabolisme dalam tubuh. Tubuh mengubah karbohidrat menjadi energi yang dapat digunakan.

4. Meningkatkan Kesuburan

Rambutan dipenuhi dengan Vitamin C, yang merupakan kunci produksi sperma yang sehat. Dengan begitu, pria dapat mengatasi masalah kejantanan atau kemandulan.

5. Mencegah Penyakit Jantung

Sebagai sumber Vitamin C yang bagus, rambutan membantu melindungi kesehatan jantung. Selain itu, buah ini membantu memperkuat dan memperbaiki dinding pembuluh darah yang rusak.

Apa Makanan untuk Penderita Jantung yang Aman dan Menyehatkan?

Efek samping makan rambutan terlalu banyak

Meski daging buah rambutan aman dikonsumsi termasuk dalam promil, kulit dan bijinya mengandung beberapa zat beracun yang tidak boleh dimakan. Namun ada pula penelitian yang menunjukkan bahwa kulit dan bijinya boleh dimakan. 

Terlalu banyak makan rambutan juga dapat menyebabkan masalah berikut.

Rambutan yang terlalu matang memiliki kandungan gula yang tinggi dan dapat meningkatkan kadar gula darah jika dikonsumsi dalam jumlah berlebihan.

Buah yang terlalu matang juga bisa memiliki jejak alkohol. Segala jenis buah yang terlalu matang dapat memiliki jejak alkohol dan kandungan gula yang tinggi.

Tips memilih rambutan untuk promil

Ikuti tips di bawah ini saat memilih buah rambutan:

  • Buah rambutan segar tersedia dari bulan Juni hingga Desember.
  • Pilih varietas merah cerah. Sentuhlah kulit rambutan untuk memeriksa apakah bulunya lembut dan lentur.
  • Pilih buah yang sedikit keras karena dagingnya bagus dan berair.
  • Hindari rambutan yang kusam atau kecoklatan dan rambut kering atau rapuh karena merupakan buah tua.
  • Simpan rambutan di tempat yang sejuk dan kering. Buah ini cenderung tetap segar hingga lima hari.

 

Penulis: Rahmadina Firdaus

Share artikel ini
Reference