kalori bebek goreng

Apakah kamu salah satu orang yang suka makan daging bebek? Meski rasanya enak, jumlah kalori bebek goreng tidaklah sedikit, lho. Kira-kira berapa kalori bebek goreng? Untuk kamu yang sedang menjalani program diet, wajib tahu jumlah kalori, kandungan nutrisi, dan manfaatnya. Yuk, cek selengkapnya di artikel ini!

Kalori bebek goreng

Bebek goreng adalah makanan yang cocok untuk kamu konsumsi dengan nasi dan lauk-pauk lainnya. Berdasarkan Fat Secret, satu potong bebek goreng mengandung 337 kalori dengan kandungan nutrisi meliputi 28,44 gram lemak, 4,32 gram karbohihdrat, dan 15,39 gram protein.

Apa manfaat makan daging bebek dan baguskah untuk diet?

Dengan jumlah kalori bebek goreng dan kandungan nutrisi di atas, sebaiknya kamu tidak terlalu sering mengonsumsinya. Jika kamu sedang menjalani program diet, sebenarnya tetap bisa makan bebek goreng, namun dengan memperhatikan jumlah kalori atau menerapkan defisit kalori.

Selain itu, kamu bisa memasak daging bebek dengan cara dipanggang daripada digoreng agar lebih sehat. Daging bebek memiliki berbagai manfaat untuk kesehatan. Berikut manfaat makan daging bebek yang perlu kamu ketahui.

1. Meningkatkan sistem kekebalan tubuh

Selain kacang, ikan, dan protein hewani lainnya, daging bebek merupakan salah satu sumber selenium dengan kandungan antioksidan yang tinggi. Hal ini membuat daging bebek sebagai makanan yang dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

2. Menyehatkan tiroid

Selenium juga merupakan nutrisi yang dapat membantu menyehatkan tiroid. Sekitar 28,35 gram daging bebek mengandung lebih dari 50% nilai harian selenium. Mengonsumsi daging ini bisa menjadi salah satu solusi bagi kamu yang memiliki masalah kesehatan tiroid.

3. Meningkatkan kesehatan tulang

Mengonsumsi protein hewani, salah satunya daging bebek dapat meningkatkan kepadatan dan kekuatan tulang asalkan asupan kalsiumnya juga tercukupi. 

4. Mengurangi risiko penyakit jantung

Daging bebek mengandung asam yang dapat menyehatkan jantung. Jumlah kandungan zat besi dalam daging bebek juga sama banyaknya dengan daging merah. Zat besi sendiri merupakan zat yang dapat membantu mengurangi risiko gagal jantung.

5. Bisa sebagai pengganti mentega dan lemak hewani lainnya

Seperti jenis daging hewan lainnya, daging bebek juga mengandung lemak yang lebih sehat daripada kandungan lemak yang ada pada sapi dan mentega. Jika kamu tidak terlalu suka daging sapi, kamu bisa coba mengkonsumsi daging bebek sebagai sumber lemak.

5 Manfaat Daging Bebek dan Tips Mengonsumsinya

Apakah bahaya makan bebek terlalu sering?

kalori dan manfaat makan daging bebek goreng

Setelah mengetahui kalori bebek goreng dan manfaat makan daging bebek, kamu mungkin penasaran, apakah berbahaya jika mengonsumsi bebek berlebihan dan sering? Semua makanan yang dikonsumsi terlalu sering dalam jumlah yang berlebihan atau banyak tentunya berbahaya bagi kesehatan dan dapat memberikan efek buruk bagi tubuh, termasuk daging bebek. Lalu, apa saja bahaya makan bebek berlebihan dan terlalu sering?

1. Menimbun lemak pada tubuh

Semakin banyak daging bebek yang kamu konsumsi, maka semakin banyak pula kalori daging bebek yang masuk ke dalam tubuh. Kalori berlebih dalam tubuh akan memicu penambahan lemak yang bisa berujung pada kenaikan berat badan dan obesitas.

2. Ketidakseimbangan hormon

Bahaya makan daging bebek berlebihan dan terlalu sering adalah membuat hormon tidak seimbang. Jika hormon dalam tubuh tidak seimbang, kamu akan merasa mudah lelah dan sering sakit kepala. Bagi wanita, hormon dalam tubuh yang tidak seimbang membuat siklus menstruasi menjadi tidak teratur.

3. Resistensi insulin dan diabetes

Jika berlebihan dan terlalu sering makan daging bebek, maka akan membuat kamu lebih berisiko terhadap diabetes tipe 2. Diabetes tipe 2 adalah kondisi ketika kadar gula dalam tubuh melebihi nilai normal akibat resitensi insulin. Diabetes dapat memicu penyakit gusi, kolesterol, hipertensi, dan jantung.

15 Makanan yang Aman dan Sehat untuk Penderita Diabetes

Sekarang kamu sudah tahu kan jumlah kalori bebek goreng, manfaat makan daging bebek, dan apa saja bahayanya bagi tubuh jika dimakan terlalu sering dan berlebihan?

Bebek memang sumber protein hewani yang baik untuk kesehatan, tetapi sebaiknya tidak dikonsumsi secara berlebihan dan terlalu sering. Jika kamu sedang menjalani program diet dan ingin makan daging bebek, sebaiknya kamu juga memperhatikan asupan kalori dan menerapkan defisit kalori. Akan lebih baik lagi jika kamu memasak daging bebek dengan cara yang lebih sehat, yaitu dengan dipanggang bukan digoreng.


Penulis: Tara Anugerah

Share artikel ini
Reference