manfaat kurma muda untuk promil

Siapa sih yang tidak tahu kurma? Kurma menjadi salah hidangan yang paling populer saat bulan puasa. Selain rasanya yang lezat, ternyata  kurma juga  mempunyai berbagai manfaat kesehatan, lho, terutama kurma muda!

Kurma muda adalah kurma yang segar hampir kuning, disebut juga kurma rutob. Dibandingkan dengan kurma coklat yang lebih sering dikonsumsi, kurma muda dianggap lebih sehat karena mengandung lebih banyak air dan lebih sedikit gula.

Bukan hanya  berkhasiat untuk  kesehatan  secara  umum, manfaat kurma muda untuk promil juga mulai sering dibicarakan. Yuk, kita bahas detailnya di sini!

Kandungan kurma muda

Kurma muda merupakan salah satu buah yang dikenal dapat membantu promil.  Ini karena kurma mengandung banyak nutrisi yang dibutuhkan untuk meningkatkan kualitas sperma dan sel telur. 100 gram kurma muda mengandung vitamin B6 dan dapat memenuhi 12% kebutuhan vitamin B6 harianmu. 

Menurut American Pregnancy Association, vitamin B6 penting dalam produksi hormon wanita dan menyeimbangkan kadar hormon estrogen dan progesteron dalam tubuh. Kedua hormon tersebut memiliki dampak yang signifikan terhadap kesuburan, baik pada pria maupun wanita.

Selain vitamin B6, kurma muda lebih kaya vitamin C dibandingkan kurma kering. 100 gram kurma muda  juga mengandung sekitar 30 mg vitamin C, sehingga baik untuk memenuhi kebutuhan vitamin C harianmu.

Bisa Buat Subur, Ini Manfaat Kurma Untuk Promil dan Kesehatan Lainnya

Manfaat kurma muda untuk promil

manfaat kurma muda untuk promil

Kurma muda sendiri merupakan kurma yang masih segar dan masih mentah, sehingga rasanya tidak semanis kurma matang dan berwarna coklat tua.

Kurma muda cenderung memiliki rasa asam yang khas dan rasa yang kuat di mulut saat dimakan. Meskipun demikian, ada banyak manfaat kurma muda untuk promil yang wajib diketahui, seperti:

1. Meningkatkan Kesuburan 

Sebelum menikah, kamu dianjurkan untuk mulai mengonsumsi kurma muda untuk meningkatkan kesuburan dengan kandungan zat besi, serat, dan antioksidan.Tidak hanya wanita, pria juga bisa mengonsumsi kurma muda untuk meningkatkan kualitas sperma. 

2. Meningkatkan energi 

Meskipun mengandung lebih sedikit gula dibanding kurma biasa, kurma muda dapat memberi dorongan energi. Apalagi bagi ibu hamil yang cenderung lesu dan kehilangan banyak energi dalam aktivitas sehari-hari.

Mengonsumsi kurma muda dapat meningkatkan kadar gula darah dalam tubuh tanpa menimbulkan lonjakan gula darah yang berlebihan. 

3. Membantu memenuhi kebutuhan asam folat dan zat besi

Mengonsumsi asam folat dan zat besi dapat mencegah risiko cacat lahir. Sementara asam folat membantu pertumbuhan otak, zat besi membantu pembentukan sel dan tulang bayi.

Makan kurma muda sebaiknya dimulai sejak awal kehamilan. Bagi ibu hamil yang sering merasa pusing dan lesu akibat anemia, mengonsumsi kurma muda juga bisa menjadi solusi yang baik.

4. Membantu memperlancar pencernaan

Kurma muda kaya akan serat yang diperlukan untuk kelancaran pencernaan. Buah ini juga memainkan peran penting dalam mencegah sembelit dengan membuat buang air besar lebih teratur.

Selain itu, kandungan potasium pada kurma juga dapat membantu melawan diare, dan gula pada kurma memberi makan bakteri baik di usus.

11 Makanan yang Mengandung Asam Folat: Sehat dan Lezat!

5. Menjaga kesehatan otak

Kurma muda juga diketahui dapat membantu meningkatkan fungsi otak, terutama dalam melindungi otak dari stres oksidatif dan peradangan. Hal ini disebabkan tingginya kadar antioksidan yang terdapat pada kurma muda, seperti flavonoid.

6. Membantu memelihara kekuatan tulang

Kurma muda kaya akan tembaga, fosfor, magnesium, selenium, dan mangan, yang merupakan mineral penting untuk menjaga kesehatan dan peremajaan. Kurma muda juga kaya akan vitamin K untuk pembekuan darah. Hal ini diperlukan oleh ibu hamil.

7. Rendah gula

Banyak dokter memberikan metformin kepada ibu hamil untuk membantu menstabilkan kadar gula darah dalam tubuh. Hal ini sangat penting untuk mencegah keguguran.

Nah, kurma muda mengandung rendah gula dan kalori, menjadikannya alternatif makanan yang baik bagi ibu hamil. 

Manfaat Folavit 400 untuk Promil, Apakah Efektif?

Cara mengonsumsi kurma muda untuk promil

Jika kamu tertarik mengonsumsi kurma muda untuk untuk mendapatkan manfaatnya demi kelancaran promil, berikut beberapa cara konsumsi kurma muda yang bisa kamu terapkan.

1. Makan langsung

Jika tidak ingin ribet, cara paling mudah memakan kurma muda adalah dengan memakan buahnya langsung tanpa mengolahnya terlebih dahulu.

Idealnya, kamu dianjurkan untuk mengonsumsi kurma muda minimal tiga buah secara rutin setiap hari. Kamu bisa mengkonsumsinya sekitar satu jam setelah berhubungan. 

2. Menyeduh kurma terlebih dahulu

Beberapa orang mungkin tidak terlalu menyukai tekstur kurma muda. Jika kamu salah satunya, kamu bisa mengonsumsi kurma muda dengan cara diseduh terlebih dahulu.

Cukup rebus kurma muda. Didihkan dan biarkan agak dingin agar kamu bisa langsung meminumnya. Bila perlu, kamu bisa menambahkan madu murni dan sedikit perasan jeruk lemon. Konsumsi ramuan ini secara rutin di pagi dan sore hari.

3. Tumbuk hingga halus

Cara memakan kurma muda untuk selebritas berikutnya adalah dengan menggilingnya. Kurma muda tersebut kemudian dihaluskan hingga teksturnya benar-benar halus.

Dalam hal ini, tambahkan kuning telur dan susu bubuk dan aduk hingga rata. Setelah itu, Anda bisa meminumnya secara rutin dua kali sehari, yaitu pagi dan sore hari.

Itulah beberapa manfaat kurma muda untuk promil. Kalau kamu tertarik mengonsumsinya, jangan lupa konsultasi dengan dokter terlebih dahulu, yaa!


Penulis: Hutri Cika Agustina Berutu

Share artikel ini
Reference