manfaat kentang

Makan kentang dalam jumlah sedang itu sehat selama kehamilan kamu, loh. Menurut Asosiasi Nutrisi di Swiss, makan tiga hingga empat porsi karbohidrat per hari aman selama kehamilan. Karbohidrat ini termasuk kentang, nasi, roti, sereal, dan biji-bijian lainnya.

Namun, kelebihan konsumsi kentang sebelum kehamilan, juga harus kamu waspadai. Hal ini karena bisa meningkatkan risiko diabetes gestasional. Hal ini karena kentang mengandung pati dalam jumlah besar yang cepat diserap oleh tubuh dan dapat mempengaruhi metabolisme glukosa.

Sebuah penelitian juga mengungkapkan bahwa konsumsi kentang akan meningkatkan konsentrasi glukosa plasma dan risiko diabetes mellitus tipe 2. Studi ini memperkuat pentingnya tidak makan kentang secara berlebihan dan menggantinya dengan sayuran lain. Berikut berbagai manfaat kentang untuk ibu hamil yang menarik untuk kamu ketahui!

Manfaat kentang untuk ibu hamil

Manfaat Kacang Panjang untuk Ibu Hamil

Kentang memang memiliki manfaat untuk ibu hamil. Namun, tetap saja kamu harus konsumsi secara normal dan tidak berlebihan untuk mendapatkan manfaatnya. Berikut manfaat kentang bagi ibu hamil, di antaranya:

1. Sumber energi

Kehamilan membutuhkan banyak energi bagi ibu dan menambahkan kentang ke dalam makanannya dapat memberinya energi yang cukup untuk bertahan selama kehamilan.

Kentang juga merupakan sumber glukosa yang merupakan sumber energi utama bagi janin yang masih berkembang di dalam kandungan.

2. Menurunkan gas dan keasaman

Makan kentang akan sangat membantu ibu hamil yang mengalami masalah pencernaan, seperti gas dan asam lambung. Jika dimasak dengan benar, makan kentang dapat membantu mengurangi gas dan keasaman lambung.

Manfaat kentang rebus yang dihaluskan sebanyak satu porsi untuk ibu hamil dapat membantu mengatasi masalah pencernaan tersebut.

3. Mengurangi risiko penyakit kardiovaskular

Tidak hanya daging kentang yang memiliki manfaat untuk ibu hamil, ternyata kulitnya juga tidak kalah bagusnya. Kulit kentang kaya akan potasium, yang telah dikaitkan dengan pengurangan stroke jantung dan tekanan darah tinggi (hipertensi).

Makan kentang panggang dengan porsi sedang dengan kulitnya dapat memberikan 926 mg potasium.

4. Meningkatkan kekebalan tubuh

Kentang panggang adalah sumber vitamin C yang bagus, yang dapat membantu menyembuhkan luka dan meningkatkan kekebalan. Vitamin ini juga dapat meningkatkan kemampuan pencernaan untuk menyerap zat besi dari makanan lain.

5. Mendukung perkembangan otak janin dan mencegah keguguran

Kandungan asam folat dalam kentang bisa berdampak baik bagi kesehatan janin. Asam folat diduga mendukung perkembangan otak janin dan sistem saraf.

Tak hanya itu, mengonsumsi makanan kaya asam folat di awal kehamilan dinilai mampu menurunkan risiko keguguran.

6. Meringankan kantung mata bengkak

Manfaat kentang untuk ibu hamil selanjutnya adalah meredakan kantung mata yang bengkak. Gejala ini adalah salah satu gejala kehamilan yang paling umum.

Untuk membantu mengatasinya, coba tempelkan potongan kentang mentah yang sudah dibersihkan pada kantung mata selama 10-15 menit. Hal ini dipercaya dapat memberikan sensasi dingin dan meredakan pembengkakan pada mata.

Bolehkan ibu hamil boleh makan kentang goreng?

7 Makanan yang dilarang saat haid

Makan terlalu banyak kentang, seperti kentang goreng, adalah contoh pola makan yang buruk. Kentang mengandung kadar gula dan indeks glikemik yang tinggi, sehingga ketika masuk ke dalam tubuh, kentang akan dipecah menjadi gula darah.

Indeks glikemik adalah ukuran seberapa cepat makanan yang mengandung karbohidrat diubah oleh tubuh menjadi gula darah.

Beberapa jenis olahan kentang, seperti keripik kentang atau kentang yang digoreng dengan banyak minyak, sebaiknya dihindari oleh ibu hamil. Karena gorengan diduga mengundang diabetes gestasional dan kenaikan berat badan yang tidak sehat.

Oleh karena itu, ibu hamil disarankan untuk menghindari cara memasak dengan menggoreng minyak atau memanggang dengan keju atau mentega. Sebaliknya, kentang rebus untuk ibu hamil lebih dianjurkan. Tambahkan bumbu atau sedikit garam untuk meningkatkan rasa.

Dibandingkan dengan lima atau bahkan tiga porsi, satu porsi kentang per minggu dapat secara signifikan mengurangi risiko diabetes gestasional. Kentang goreng memiliki sejumlah efek berbahaya pada pertumbuhan janin.

Makanan yang digoreng pada suhu diatas 365 derajat menciptakan zat nefrotoksik akrilamida di dalamnya. Ini adalah agen karsinogenik dan karenanya harus dihindari. Pada janin, sawar darah otak tidak sepenuhnya berkembang dan oleh karena itu membuat mereka rentan terhadap efek berbahaya dari agen.

Kentang goreng tidak boleh dimakan selama kehamilan dan tidak ada manfaat yang menyertainya. Untuk semua wanita hamil, ada buah-buahan lezat, kacang-kacangan, produk susu yang tersedia yang sebenarnya bermanfaat bagi pertumbuhan bayi yang sehat di dalamnya.

Efek samping kentang goreng untuk ibu hamil

Perbedaan tanda kehamilan dan tanda akan menstruasi

Meski Manfaat kentang untuk ibu hamil, kamu perlu waspada terhadap efek samping kentang jika dikonsumsi sembarangan. Berikut sejumlah peringatan yang perlu dipahami ibu hamil sebelum mengonsumsi kentang:

  • Waspadai bintik hijau pada kentang yang bisa menunjukkan adanya komponen beracun, seperti glycoalkaloids, alpha-solanine, dan alpha chaconine, yang berpotensi mengundang masalah pencernaan, seperti diare dan muntah.
  • Makan kentang hijau diduga menyebabkan cacat lahir pada anak-anak, seperti spina bifida dan anencephaly.
  • Makan kentang busuk bisa menyebabkan keracunan makanan pada ibu hamil.
  • Ibu hamil yang kelebihan berat badan dapat mengalami obesitas jika mengonsumsi kentang secara berlebihan. Oleh karena itu, ada baiknya untuk memperhatikan kondisi kentang sebelum membelinya. Jika terlihat busuk atau tidak bagus, lebih baik tidak dibeli.
  • Menyebabkan masalah pencernaan: Kentang hijau mengandung glycoalkaloids, alpha-solanine, dan alpha-chaconine. Jika dikonsumsi berlebihan, bisa menyebabkan keracunan senyawa ini. Sehingga menyebabkan pencernaan bermasalah yang dapat berpengaruh pada janin.
  • Risiko kelainan bawaan: Makan terlalu banyak kentang hijau juga menyebabkan cacat lahir tertentu seperti spina bifida dan anencephaly.
  • Pemicu diabetes gestasional: Wanita yang makan kentang secara berlebihan berisiko lebih tinggi terkena diabetes gestasional dan diabetes tipe 2. jika bayi lahir dari ibu yang memiliki riwayat diabetes gestasional bayinya akan lebih besar, bisa kesulitan bernapas, tekanan darah yang rendah, hingga berisiko kematian.

Manfaat kentang untuk ibu hamil, memang baik. Namun, Konsumsi kentang yang berlebihan dapat menyebabkan stres oksidatif dalam tubuh. Stres oksidatif adalah suatu kondisi di mana tubuh memproduksi radikal bebas akibat gangguan fungsi tubuh.

Share artikel ini
Reference