manfaat buah duwet untuk promil

Buah duwet atau yang kerap disebut dengan buah jamblang adalah jenis buah yang banyak ditemukan di kawasan asia selatan.

Buah ini cukup popular di beberapa daerah di indonesia dan dikenal dengan berbagai nama seperti plum hitam, jamblang, plum hingga blackberry india.

Buah duwet juga sering menjadi pengobatan tradisional atau herbal untuk beragam penyakit, salah satunya diabetes. Ada juga yang mempercayai manfaat buah duwet untuk promil dan kesehatan. Apakah hal tersebut benar? Yuk simak faktanya dalam ulasan berikut ini.

Kandungan buah duwet

manfaat buah duwet untuk promil

Manfaat yang dapat diperoleh dari buah duwet tidak terlepas dari kandungan yang terdapat pada buah ini. Berikut ini adalah kandungan nutrisi dari buah duwet, yaitu:

  • Air
  • Protein
  • Lipid (lemak)
  • Abu
  • Karbohidrat
  • Kalsium
  • Besi
  • Magnesium
  • Fosfor
  • Kalium
  • Sodium
  • Vitamin c
  • Tiamin
  • Riboflavin
  • Niacin
  • Vitamin b-6
  • Vitamin a

8 Manfaat Temu Ireng Untuk Promil, Bantu Perbaiki Kualitas Reproduksi!

Buah duwet yang memiliki nama latin syzygium cumini ini memiliki banyak manfaat karena kandungan nutrisi yang dipercaya dapat meningkatkan kesehatan. 

Buah ini kerap dijadikan manisan yang dapat ditambah dengan pemanis seperti gula atau dimakan secara langsung.

Manfaat buah duwet untuk promil dan kesehatan

manfaat buah duwet untuk promil

Meskipun rasanya agak sepat dan asam, ternyata banyak orang yang menyukai buah ini, lho. Rasanya yang unik dengan tekstur buah empuk memang dapat membuat sebagian orang ketagihan.

Ada pula yang bertanya, adakah manfaat buah duwet untuk promil dan kesehatan?

Untuk promil sendiri, belum ada penelitian lebih lanjut yang dilakukan, sehingga konsumsi buah duwet untuk tujuan promil perlu didiskusikan dengan dokter terlebih dahulu. 

Akan tetapi, buah ini diketahui dapat bermanfaat untuk ibu hamil karena kandungan dan nutrisinya yang berkhasiat selama kehamilan.

Berikut ini manfaat buah duwet untuk kesehatan secara umum:

1. Kaya nutrisi

Mengandung tinggi nutrisi, buah duwet sangat tepat dikonsumsi agar mendapat manfaat dari buah yang agak sepat ini. 

Kandungan dalam buah duwet seperti zat besi, kalium, kalsium, vitamin C dan jenis nutrisi lain untuk meningkatkan kekebalan tubuh dan memperkuat tulang.

2. Turunkan kadar gula darah

kadar gula darah normal

Kadar gula darah dapat turun karena buah duwet diketahui mempunyai indeks glikemik yang rendah sehingga aman untuk penderita diabetes. 

Konsumsi buah ini juga dapat dikonsultasikan terlebih dahulu dengan dokter sehingga bisa mendapat rekomendasi dosis yang sesuai agar tetap aman dikonsumsi pasien diabetes.

3. Jaga sistem pencernaan

Masalah pencernaan dapat mengganggu kesehatan seperti menyebabkan sembelit dan sulit buang air besar. 

Konsumsi buah duwet dapat membantu mengatasi masalah yang terjadi pada pencernaan. Kondisi ini juga sering terjadi pada ibu hamil sehingga baik dikonsumsi secara rutin.

Benarkah Manfaat Tomat untuk Promil Bisa Meningkatkan Kesuburan?

4. Jaga kesehatan mulut

Dengan sifat anti bakteri yang terdapat pada buah duwet, buah ini dapat mencegah permasalahan yang terdapat pada gigi dan mulut. 

Selain itu, buah duwet juga mampu mengurangi risiko yang terjadi di dalam area mulut.

5. Jaga kesehatan kardiovaskular

25 tips menjaga kesehatan jantung

Sebagai sumber kalium yang baik, buah duwet dapat membantu kesehatan kardiovaskular yang mampu mencegah kolesterol teroksidasi dan menimbun plak sehingga menyebabkan penyakit jantung. 

Dengan konsumsi duwet, hipertensi juga dapat dicegah dan tekanan dapat diatur agar tetap normal. 

Risiko kesehatan kardiovaskular dapat diperkecil agar tidak menjadi serangan jantung pada masa yang akan datang.

6. Cegah kanker

Buah duwet diketahui radioprotektif dan kemoprotektif yang dapat menekan radikal bebas. Radikal bebas ini merupakan penyebab kanker.

Bahaya kanker dari radikal bebas dapat diminimalisir dengan konsumsi buah duwet atau jamblang ini.

Manfaat Rumput Kebar Untuk Promil, Tumbuhan Peningkat Kesuburan!

Efek samping buah duwet

Buah duwet umumnya dapat dikonsumsi secara wajar oleh siapa saja. Belum ada efek samping yang dapat terjadi saat mengonsumsi daging buah ini. 

Namun untuk menghindari efek samping yang mungkin terjadi, batasi konsumsi buah duwet bagi ibu hamil dan  menyusui baik itu dalam bentuk teh, ekstrak, atau suplemen buah duwet.

Karena adanya kemungkinan buah duwet dapat menurunkan kadar gula darah, segera hentikan konsumsi jika akan ada jadwal operasi yang dapat mengganggu kontrol gula darah dan mempengaruhi operasi.

Buah duwet juga dapat dikonsumsi secara bebas dan dibeli dimana saja. Diskusikan dengan dokter terlebih dahulu agar dapat memperoleh rekomendasi konsumsi akan buah yang satu ini.


Penulis: Nur Azizah

Share artikel ini
Reference