Manfaat hand sanitizer

Hand sanitizer merupakan alternatif untuk membersihkan tangan jika tidak ada air dan sabun. Tangan dapat bersih dari kuman dengan cepat menggunakan hand sanitizer. Pembersih tangan berbasis alkohol ini dapat mengurangi jumlah kuman dan mencegah virus.

Selain membersihkan tangan dari kuman, ternyata ada beberapa manfaat hand sanitizer lainnya yang bisa kamu manfaatkan. Apa saja itu? Ketahui manfaat dari hand sanitizer sehingga dapat digunakan dengan maksimal berikut ini!

Mengenal apa itu hand sanitizer

Hand sanitizer adalah pembersih tangan yang efektif sebagai pengganti air dan sabun cuci tangan. Hand sanitizer dapat mencegah kuman, bakteri, dan virus yang mungkin terdapat pada tangan setelah bersentuhan langsung dengan benda lainnya.

Hand sanitizer bermanfaat untuk membunuh kuman dan digunakan sebagai pembersih tangan yang instan. Meskipun begitu, Center Disease of Control and Prevention (CDC) tetap merekomendasikan mencuci tangan dengan air dan sabun jika memang memungkinkan.

Apa saja yang menjadi kandungan dari hand sanitizer sehingga cukup efektif untuk dapat digunakan mencuci tangan?

Kandungan dalam hand sanitizer

CDC mengungkapkan bahwa hand sanitizer dapat menjadi pengganti cuci tangan dengan air. Kandungan dalam hand sanitizer setidaknya mempunyai 60% alkohol sehingga dapat efektif membunuh kuman dan bakteri.

Hand sanitizer juga dapat terlihat dari jenisnya yang sudah disesuaikan dengan kebutuhan. Hand sanitizer ada yang berbentuk spray, busa, hingga gel yang dapat digunakan dengan mudah dan dibawa kemana saja.

Jenis jenis hand sanitizer

Selain manfaat hand sanitizer, ketahui juga jenis-jenis dari hand sanitizer dapat dikategorikan menjadi 3 bentuk berikut ini:

Sanitizer gel

Bentuk gel merupakan salah satu bentuk yang paling banyak digunakan. Gel hand sanitizer lebih terasa saat menyentuh tangan. Kelebihan lainnya adalah lebih terasa lembab dibandingkan bentuk hand sanitizer yang lain. Namun semua bentuk hand sanitizer tetap akan membuat tangan kering karena mempunyai kandungan alkohol yang cukup tinggi hingga 70%.

Hand sanitizer juga mengandung antiseptik dan antibakteri yang dapat digunakan untuk berbagai keluhan. Bentuk hand sanitizer gel sudah banyak diproduksi dan bisa menjadi pilihan untuk dibawa pergi kemana saja.

Sanitizer spray

Bentuk hand sanitizer kedua yaitu cair dan dikemas dalam sebuah botol spray. Jenis hand sanitizer ini sangat mudah digunakan karena tinggal di tekan saja ujung botol dan dapat disemprotkan ke berbagai area yang ingin dibersihkan. Banyak merek dan jenis hand sanitizer spray yang dapat dipilih untuk digunakan.

Sanitizer wipes

Bentuk ketiga dari hand sanitizer yaitu berupa wipes atau tisu. Sama halnya seperti tisu yang dapat digunakan untuk mengelap berbagai benda dan kebutuhan, hand sanitizer ini juga dapat digunakan dengan mudah. Bentuk tisu sachet ini mudah dipakai namun hanya sekali digunakan lalu harus dibuang.

Manfaat hand sanitizer

manfaat dari hand sanitizer yang dapat kamu ketahui antara lain:

  • Alternatif mencuci tangan. Hand sanitizer dapat digunakan sebagai pengganti air dan sabun untuk mencegah kuman dan bakteri.
  • Menghapus cat kuku. Cat kuku termasuk salah satu yang sulit dibersihkan. Dengan menggunakan hand sanitizer, kamu bisa menghapus cat kuku. Cukup dioleskan beberapa menit dan gosok kuku sampai cat menghilang.
  • Mengurangi rasa gatal gigitan serangga. Hand sanitizer dapat digunakan untuk mengurangi rasa gatal karena gigitan serangga. Kamu dapat mengoleskan atau menyemprotkannya di area gigitan serangga untuk mengurangi rasa gatal.
  • Membersihkan barang. Berbagai barang seperti gadget, jam tangan, kacamata dapat menjadi sarang virus, bakteri dan kuman. Kamu bisa membersihkan berbagai barang tersebut untuk merasakan manfaat hand sanitizer.
  • Mengatasi jerawat. Hand sanitizer cair di klaim dapat mengurangi peradangan jerawat sehingga bisa digunakan untuk mengatasinya. Tidak semua kulit dapat menerima jenis hand sanitizer tertentu, jadi cobalah sedikit demi sedikit untuk mengetahui respon kulit kamu.
  • Pengganti deodorant. Hand sanitizer dapat digunakan untuk keadaan darurat sebagai pengganti deodorant karena mengandung alkohol didalamnya.
  • Dry shampoo. Hand sanitizer dapat digunakan sebagai sampo kering untuk kamu yang sedang berkegiatan di luar. Cukup semprotkan di bagian rambut untuk mencegah kuman dan bakteri saat berkegiatan di luar rumah.
  • Membersihkan alat make up. Alat make dapat dibersihkan dengan hand sanitizer agar tidak menjadi sarang bakteri dan kuman.

Banyak sekali manfaat hand sanitizer yang dapat dirasakan dalam kehidupan sehari-hari, bukan? Tentunya kamu juga harus mengetahui bagaimana cara menggunakan hand sanitizer yang tepat.

Cara menggunakan hand sanitizer

Sebenarnya tidak ada aturan khusus untuk menggunakan hand sanitizer. Namun, supaya lebih efektif, berikut ini beberapa langkah yang bisa kamu terapkan dalam menggunakan hand sanitizer.

  • Lepaskan perhiasan di tangan
  • Tuangkan hand sanitizer ke telapak tangan
  • Gosok telapak tangan
  • Gosok punggung tangan, sela-sela jari dan seluruh bagian tangan
  • Gosok tangan secara menyeluruh sampai hand sanitizer terasa kering
  • Pakai dalam waktu setidaknya 20 detik

Manfaat hand sanitizer akan dapat dirasakan jika dipakai dengan benar. Konsentrasi alkohol sebanyak 60-95% masih efektif untuk membunuh kuman dan bakteri dan dapat menjadi alternatif mencuci tangan jika tidak dapat menemukan air untuk mencuci tangan.

Share artikel ini
Reference