manfaat buah sawo untuk ibu hamil
Kehamilan

15 Manfaat Buah Sawo untuk Ibu Hamil

dr. Wisniaty Condro | Desember 21, 2021
Share

Manfaat buah sawo untuk ibu hamil tidak hanya memberikan asupan nutrisi melainkan dapat meningkatkan sistem imun tubuh. Oleh karena itu, buah yang sering dikonsumsi ini kerap kali disebut sebagai buah ideal selama kehamilan.

Banyaknya kandungan nutrisi yang dimiliki buah sawo tentu saja memberikan berbagai manfaat bagi ibu dan janin. Mengapa demikian? Simak yuk selengkapnya melalui ulasan di bawah ini

Apa itu buah sawo?

Buah sawo adalah buah berbentuk bulat dengan kulit dan daging berwarna coklat muda kekuningan, serta biji kecil berwarna hitam. Sebagai buah tropis dengan rasa yang manis, buah sawo memiliki tekstur yang lembut, empuk, dan lunak.

Buah sawo tidak hanya kaya akan kalori dan serat, melainkan juga kaya akan manfaat bagi kesehatan tubuh termasuk kulit dan rambut. Buah sawo yang mudah dicerna sering digunakan oleh seseorang yang ingin melakukan diet sehat dan seimbang.

Kandungan dari buah sawo

Buah sawo memang dinilai memiliki kandungan kalori yang tinggi. Satu buah sawo dikatakan mengandung setidaknya sekitar 140 kalori. Disamping itu, buah sawo yang kaya akan nutrisi ternyata juga rendah lemak dan rendah kolesterol. Berikut adalah kandungan nutrisi lain dari buah sawo:

  • Energi
  • Lemak
  • Karbohidrat
  • Protein (protein nabati)
  • Fiber
  • Folat
  • Vitamin C
  • Vitamin A
  • Niasin
  • Riboflavin
  • Sodium
  • Potasium
  • Kalsium
  • Tembaga
  • Zat besi
  • Magnesium
  • Kalium
  • Fosfor
  • Seng
  • Selenium
  • Flavonoid
  • Elektrolit
  • Natrium
  • Beta karoten, dll

Terlepas dari beberapa kandungan nutrisi di atas, buah sawo juga mengandung riboflavin dan tiamin. Karena memiliki segudang nutrisi, buah sawo sering dikonsumsi selama kehamilan. Pasalnya, buah sawo dinilai sebagai buah ideal untuk ibu hamil dan janin yang sedang berkembang. Tetapi, apakah buah sawo benar-benar boleh dikonsumsi selama kehamilan?

Bolehkah ibu hamil makan sawo?

Buah sawo tidak hanya aman dikonsumsi oleh ibu hamil tetapi juga baik untuk perkembangan sang buah hati. Belum lagi, vitamin, mineral, kalori sehat, karbohidrat, elektrolit, dan antioksidan di dalamnya dapat membantu mengurangi morning sickness dan pusing pada ibu hamil. Jadi, ibu hamil boleh-boleh saja mengonsumsi buah sawo.

Karena memiliki nilai gizi yang baik, buah sawo juga disebut sebagai buah ideal untuk ibu menyusui. Namun, ibu hamil dan ibu menyusui disarankan mengonsumsi buah sawo dalam jumlah yang tepat sesuai kebutuhan. Lantaran ingin memperoleh banyak manfaat, konsumsi buah sawo dalam jumlah berlebihan dapat menyebabkan efek samping yang buruk seperti berikut:

  • Peningkatan berat badan dari gula dan kalori sawo
  • Gangguan pencernaan seperti sakit perut, maag, dan tukak lambung
  • Masalah pernapasan dan iritasi tenggorokan
  • Gula darah meningkat dan diabetes gestasional
  • Reaksi alergi pada sedikit orang

Oleh karena itu, konsumsilah buah sawo dalam jumlah sedang. Akan lebih baik jika kamu bertanya kepada dokter terlebih dahulu. Dokter mungkin akan menyesuaikan berdasarkan berat badan, usia sang ibu dan usia kehamilan, serta kondisi kesehatan.

15 Manfaat buah sawo untuk ibu hamil

Secara keseluruhan, manfaat buah sawo untuk ibu hamil adalah membantu pertumbuhan dan perkembangan janin, serta menyehatkan sang ibu. Karena kaya akan nutrisi termasuk vitamin A, karbohidrat, dan sumber energi, manfaat buah sawo untuk ibu hamil adalah seperti berikut:

1. Mencegah mikroba masuk ke dalam tubuh

Tidak hanya memiliki sifat antivirus dan antibakteri yang kuat, buah sawo ternyata juga memiliki sifat anti-parasit. Beberapa karakter tersebut membantu mencegah mikroba masuk ke dalam tubuh. Namun, ini tidak berarti bahwa dengan makan buah sawo kamu akan terbebas dari virus dan bakteri.

Kemampuan buah sawo untuk mencegah mikroba masuk dalam tubuh karena adanya antioksidan polifenol tentu memiliki batas tertentu. Biasanya buah sawo bekerja dengan baik untuk melawan infeksi umum selama kehamilan seperti infeksi saluran kemih.

2. Meningkatkan imunitas dan kekebalan tubuh

Manfaat buah sawo untuk ibu hamil yang berikutnya berasal dari kandungan vitamin C. Dalam hal ini, vitamin C membantu membangun sistem kekebalan tubuh yang lebih kuat sehingga ibu hamil lebih jarang terserang penyakit.

3. Mengurangi gejala sembelit dan wasir

Kaya akan serat, buah sawo bermanfaat untuk membantu mengatasi masalah konstipasi atau sembelit, serta wasir. Serat dalam buah sawo mampu melindungi membran luar usus besar dari racun karsinogenik di mana, racun karsinogenik dikenal sebagai zat yang dapat menyebabkan pertumbuhan sel kanker.

4. Mengatasi diare dan meredakan disentri

Karena sifat pencaharnya, buah sawo dianggap sebagai buah anti-diare. Untuk membentuk konsentrat anti-diare yang mampu meredakan diare, biasanya orang akan merebus sawo dalam air. Selain sembelit, wasir, dan diare, buah sawo dapat meredakan infeksi pada usus akibat bakteri seperti disentri, serta peradangan usus.

5. Meringankan gejala morning sickness

Bagi ibu hamil yang kerap mengalami morning sickness, buah sawo dapat dimanfaatkan untuk membantu meminimalkan rasa mual. Kandungan vitamin B dalam buah sawo dapat mengatasi rasa mual dan pusing selama kehamilan.

6. Mencegah anemia selama kehamilan

Kaya akan zat besi, manfaat buah sawo untuk ibu hamil tidak lain adalah membantu mencegah anemia. Buah sawo akan bekerja dengan cara membantu ibu hamil memproduksi sel darah merah sehingga dapat mencegah anemia akibat defisiensi besi.

7. Meningkatkan energi ibu hamil

Daripada kamu menambah energi dengan minum kopi saat hamil, lebih baik kamu mengonsumsi buah sawo dengan sumber karbohidrat, fruktosa, dan sukrosa yang baik. Sebagai buah berkalori tinggi, para ahli memperkirakan bahwa setiap 100 gram sawo dapat menyumbang sekitar 83 kalori.

8. Meringankan gejala pada sistem pernafasan

Selama kehamilan, pilek, dada sesak, dan batuk rentan dialami oleh ibu hamil. Dengan memanfaatkan buah sawo untuk membantu mengeluarkan dahak dan lendir dari saluran hidung, ibu hamil dapat lebih leluasa dalam bernapas.

9. Mengontrol kadar gula darah

Mengonsumsi buah sawo dianggap baik untuk ibu hamil yang memiliki diabetes gestasional. Buah sawo memang memiliki fruktosa dan sukrosa yang dapat menyebabkan diabetes jika dikonsumsi secara berlebihan. Akan tetapi, dalam jumlah yang sesuai, buah sawo justru dapat membantu mengatur kadar gula dalam darah.

10. Memperkuat dan menjaga kepadatan tulang

Manfaat buah sawo untuk ibu hamil lainnya adalah membantu memperkuat tulang ibu hamil. Karena kaya akan kalsium, zat besi, dan fosfor, buah sawo dapat membantu pemenuhan kebutuhan kalsium harian.

Disamping itu, buah sawo dinilai menurunkan risiko osteoporosis di masa mendatang karena mampu menjaga kepadatan tulang. Terlepas dari hal tersebut, sawo dapat membantu pembentukan tulang, gigi, saraf, dan otot pada janin.

11. Mengurangi pembengkakan selama kehamilan

Buah tropis yang satu ini mengandung sejumlah besar tanin atau antioksidan polifenol yang merupakan agen anti-inflamasi. Karena sifat anti-inflamasi, sawo dapat mengurangi pembengkakan dan rasa nyeri yang sering terjadi pada masa kehamilan.

12. Membantu mengatasi masalah kulit pada ibu hamil

Selain menggunakan skincare yang aman untuk ibu hamil, buah sawo yang kaya akan vitamin E dapat mengatasi masalah kulit. Jika ingin menutrisi kulit, ibu hamil cukup mengonsumsi buah sawo secara rutin dengan jumlah yang sesuai.

13. Membantu menurunkan stress

Kebanyakan ibu hamil mengeluh mengalami stress karena mengalami berbagai perubahan, termasuk fisik. Faktanya, buah sawo dinilai bermanfaat untuk menenangkan ibu hamil dan meredakan stres.

14. Membantu mengeliminasi racun

Membantu membuang racun tidak sehat, buah sawo adalah diuretik alami dan merupakan agen detoksifikasi. Sebagai detoks alami, buah sawo akan mempertahankan tingkat buang air kecil yang menyehatkan tubuh.

15. Mengontrol dan mengatur tekanan darah

Selama kehamilan, fluktuasi tekanan darah sering terjadi pada ibu hamil. Dengan kandungan yang kaya akan magnesium dan potasium, buah sawo mampu mengontrol tekanan darah rendah dan mengatur tekanan darah yang tepat.

Selain beberapa manfaat buah sawo untuk ibu hamil di atas, buah sawo mampu memelihara kesehatan jantung, mengurangi risiko preeklampsia, meringankan kram kaki, mencegah kecacatan pada bayi, serta membantu meningkatkan penyerapan zat besi.

Tips mengonsumsi buah sawo yang baik saat hamil

Jika kamu belum pernah mengonsumsi buah sawo sebelumnya dan merasa buah sawo adalah buah yang asing, kamu dapat memperhatikan beberapa tips mengonsumsi buah sawo yang baik saat hamil berikut:
Pastikan kamu mengonsumsi sawo yang sudah matang.

Untuk mengetahuinya, kamu dapat meraba dan menekan permukaan buah secara perlahan. Jika terasa halus, lembut, dan tidak keras, kamu dapat langsung menyantap buah sawo tanpa menunggu beberapa hari kemudian.

1. Pastikan kamu mengonsumsi sawo yang segar

Kamu lebih baik tidak menyimpan buah sawo dalam waktu yang lama. Biasanya buah sawo hanya dapat disimpan selama tiga hingga empat hari. Tetapi, jika kamu membeli buah sawo yang mentah, kamu dapat menunggu selama beberapa hari hingga kulit terasa halus dan lembut.

2. Perhatikan kulit buah sawo dan hindari buah yang kulitnya keriput

Tingkat kematangan buah sawo dinilai berdasarkan permukaan kulit. Jika terasa halus dan lembut maka buah sawo siap disantap. Namun, apabila kulit buah sawo telah keriput maka hal ini menandakan bahwa buah sawo sudah tidak segar. Sebaiknya ibu hamil tidak mengonsumsi buah sawo yang kulitnya telah keriput.

3. Simpan buah di tempat yang kering dan sejuk

Agar tetap segar dan tidak cepat membusuk, hindari menyimpan buah sawo dibawah sinar matahari. Kamu dapat menyimpan buah sawo di suhu ruangan selama beberapa hari, atau menyimpan di lemari es hingga seminggu.

Disamping beberapa tips di atas, jika kamu merasa jenuh hanya dengan mengonsumsi buah sawo, kamu dapat mengkreasikan buah sawo menjadi minuman yang menyegarkan seperti jus, milkshake, dan smoothies. Kamu juga dapat mengkreasikan buah sawo menjadi puding sawo ‘lho.

Reference
Share