manfaat buah duku untuk ibu hamil

Buah duku adalah salah satu buah tropis yang cukup populer di Indonesia. Selain punya rasa yang segar dan manis, buah duku menawarkan segudang manfaat kesehatan untuk ibu hamil. 

Tidak mengherankan bila konsumsi buah duku terkadang disarankan sebagai camilan sehat ibu hamil.

Namun, ada baiknya untuk mengetahui apa saja kandungan dan manfaat dari buah duku yang bisa diperoleh ibu hamil di sini!

Kandungan buah duku

manfaat buah duku untuk ibu hamil

Faktanya, buah duku mengandung berbagai nutreisi penting yang dibutuhkan selama kehamilan.

Itu sebabnya, memasukkan buah duku dalam menu makanan sehari-hari bisa mendapatkan manfaat nutrisi yang diperlukan selama hamil. 

Walau begitu, kamu tetap perlu berkonsultasi dengan dokter atau ahli gizi sebelum menambahkan atau mengubah pola makan ketika hamil. Begini daftar kandungan gizi yang ada pada buah duku.  

  • Energi: 63 Kal
  • Protein: 1.0 g
  • Lemak: 0.2 g
  • Karbohidrat : 16.1 g
  • Serat: 4.3 g
  • Kalsium: 18 mg
  • Fosfor: 9 mg
  • Besi: 0.9 mg
  • Natrium: 2 mg
  • Kalium: 149.0 mg
  • Tembaga: 0.09 mg
  • Seng: 0.2 mg
  • Vitamin B1: 0.05 mg
  • Vitamin B2: 0.15 mg
  • Niasin: 1.5 mg
  • Vitamin C: 9 mg

5 Manfaat Kuaci untuk Ibu Hamil, Sudah Tahu?

Manfaat buah duku untuk ibu hamil

manfaat buah duku untuk ibu hamil

Setelah mengetahui apa saja kandungan nutrisi yang ada pada buah duku, kenali manfaat buah duku yang bisa diperoleh untuk ibu hamil di sini!

1. Meningkatkan sistem kekebalan tubuh

Salah satu khasiat dari buah duku untuk ibu hamil adalah meningkatkan daya tahan tubuh. Pasalnya, duku mengandung vitamin C yang berperan sebagi antioksidan. Antioksidan merupakan nutrisi yang berfungsi melawan kerusakan tubuh akibat radikal bebas. 

Kerusakan ini biasanya disebabkan oleh proses pencernaan yang mengubah makanan menjadi energi di dalam tubuh. Selain itu, antioksidan beperan penting dalam mencegah tubuh dari penyakit akibat polusi dan zat beracun. Bukankah ini sangat bermanfaat untuk ibu hamil?

Mengungkap 6 Manfaat Belut untuk Ibu Hamil

2. Menjaga kesehatan pencernaan

Tidak hanya meningkatkan daya tahan tubuh, buah duku bermanfaat dalam menjaga kesehatan pencernaan. Hal ini terjadi karena buah duku mengandung serat yang tinggi dan tentu kandungan nutrisi ini sangat penting untuk melancarkan pencernaan. 

Terlebih lagi, kandungan kalori, mineral, dan zat besi pada buah ini lebih banyak dibandingkan apel atau jeruk manis. Bila sering ada masalah dengan sembelit saat hamil, kamu bisa mencoba buah duku sebagai cara melancarkan pencernaan. 

3. Mencegah anemia

Buah duku dapat membantu mencegah anemia pada ibu hamil karena kandungan zat besi yang cukup tinggi di dalamnya.

Anemia merupakan kondisi di mana tubuh kekurangan sel darah merah yang sehat atau hemoglobin. Ini dapat menyebabkan kelelahan, pusing, dan masalah kesehatan lainnya.

Sementara itu, zat besi dalam buah duku membantu dalam produksi sel darah merah dan hemoglobin. Oleh sebab itu, manfaat buah duku untuk ibu hamil bisa meningkatkan asupan zat besi dalam tubuh yang diperlukan untuk mengatasi risiko anemia. 

7 Manfaat Belimbing untuk Ibu Hamil Agar Lebih Sehat

4. Meningkatkan kesehatan gigi

Tahukah kamu bahwa bua duku juga kaya akan vitamin A dan fosfor? Vitamin A adalah vitamin yang larut dalam lemak dan berfungsi menjaga kesehatan tulang dan gigi. 

Di sisi lain, fosfor memainkan peranan penting dalam membentuk tulang dan gigi. Artinya, konsumsi buah duku sewajarnya mungkin bisa bantu mencukupi kebutuhan vitamin dan mineral ini. Dengan begitu, kesehatan tulang dan gigi bisa terjaga dengan baik. 

5. Meringankan migrain

Bagi ibu hamil yang sering mengalami migrain kini bisa mencoba konsumsi buah duku untuk meringankan gejalanya. Bagaimana tidak, riboflavin atau vitamin B2 pada buah duku ternyata bisa meminimalisir dan melawan serangan migrain. 

Tidak mengherankan bila buah duku bisa dimasukkan ke dalam daftar makanan yang cocok untuk ibu hamil dengan migrain. 

6 Manfaat Buah Manggis untuk Ibu Hamil

6. Menjaga kesehatan kulit

Seperti yang kamu ketahui, kesehatan kulit bisa dijaga dengan sering mengonsumsi makanan yang kaya akan vitamin E. Untungnya, buah duku menawarkan vitamin E dalam jumlah yang baik sehingga efek tif untuk memelihara kesehatan kulit. 

Manfaat buah duku untuk ibu hamil dalam kesehatan kulit ini ternyata cukup beragam. Contohnya, mencegah penuaan dini, menghaluskan dan melembutkan kulit, menjaga kemebapan kulit, dan membantu penyembuhan luka.


Penulis: Nabila Azmi

Share artikel ini
Reference