Manfaat manggis untuk ibu hamil
Gaya Hidup Hidup Sehat

6 Manfaat Buah Manggis untuk Ibu Hamil

Putri Aprillia | Januari 13, 2022
Share

Manggis merupakan buah yang kaya nutrisi untuk kesehatan tubuh. Termasuk juga untuk ibu hamil. Kira-kira apa saja kandungan dan manfaat buah manggis untuk ibu hamil? Meskipun memiliki banyak manfaat yang baik untuk ibu hamil, kamu mungkin juga perlu mengetahui adanya efek samping yang perlu diwaspadai.

Nah, penasaran apa saja itu? Yuk, simak pembahasan mengenai manfaat buah manggis untuk ibu hamil dan efek sampingnya berikut ini!

Mengenal buah manggis

Manggis adalah buah tropis yang berasal dari Thailand. Buah ini memiliki nama latin Garcinia Mangostana dan termasuk dalam famili Clusiaceae. Buah ini berbentuk bulat dengan kulit yang keras berwarna ungu. Daging buahnya berwarna putih dengan rasa manis segar perpaduan rasa leci, persik, stroberi, dan nanas.

Buah manggis memiliki banyak kandungan nutrisi yang baik untuk kesehatan dan kehamilan. Bahkan, kandungan gizi yang banyak pada manggis melebihi buah yang ada. Maka, tak heran buah ini dijuluki sebagai “ratu buah”, karena kandungan gizi dan manfaatnya untuk kesehatan.

Kandungan dalam buah manggis

Sebelum mengetahui apa saja manfaat buah manggis untuk ibu hamil, kira-kira apa saja kandungan

buah manggis ini? Manggis memang relatif rendah kalori, tetapi menyediakan banyak nutrisi penting. Berikut beberapa kandungan dari buah manggis:

  • Kalori
  • Karbohidrat
  • Serat
  • Lemak
  • Protein
  • Vitamin C
  • Vitamin B9 (folat)
  • Vitamin B1 (tiamin)
  • Vitamin B2 (riboflavin)
  • Mangan
  • Tembaga
  • Magnesium

Vitamin dan mineral dalam buah manggis penting untuk menjaga banyak fungsi tubuh, termasuk produksi DNA, kontraksi otot, penyembuhan luka, kekebalan, dan jaringan saraf.

Bolehkah ibu hamil makan buah manggis

Kamu mungkin bertanya-tanya amankah mengonsumsi buah manggis saat masa kehamilan? Jawabannya adalah ya, tentu saja aman. Kandungan nutrisi buah, seperti mineral, vitamin, dan folat dapat mendorong pertumbuhan dan perkembangan janin. Selain itu, nutrisi tersebut dapat melindungi bayi yang belum lahir dari cacat lahir, kelainan, dan kekurangan gizi secara efektif.

Jadi, sebenarnya kamu dianjurkan untuk mengonsumsi buah manggis saat hamil. Namun, kondisi kehamilan seseorang mungkin dapat berbeda-beda. Oleh sebab itu, kamu perlu konsultasikan terlebih dulu dengan dokter untuk memastikan bahwa buah tersebut aman dikonsumsi.

Manfaat buah manggis untuk ibu hamil

Penasaran apa saja manfaat buah manggis yang baik untuk ibu hamil? Berikut adalah beberapa manfaat buah manggis untuk ibu hamil:

1. Mengurangi risiko cacat lahir di janin

Kandungan folat yang tinggi pada manggis memiliki peran yang tinggi dalam mencegah risiko bayi lahir dengan kelainan atau cacat, seperti spina bifida dan anencephaly. Jadi, selain menambah asam folat  dengan suplemen, mengonsumsi buah manggis akan melindungi janin dari risiko kelainan.

2. Mendukung perkembangan janin yang sehat

Manggis mengandung mangan, yaitu mineral penting yang diperlukan untuk pembentukan tulang rawan dan tulang di janin. Juga, buah ini dapat mendukung pertumbuhan janin. Dengan mengonsumsi satu cangkir jus manggis mengandung sekitar 0,2 mg mangan yang dapat memberikan asupan nutrisi ibu hamil untuk janin.

3. Perkuat sistem kekebalan tubuh

Manggis mengandung jumlah vitamin C yang baik. Vitamin C bertanggung jawab untuk meningkatkan imunitas ibu dan mengurangi risiko infeksi yang dapat membahayakan bayi yang belum lahir. Selain itu, vitamin C juga akan mempromosikan produksi kolagen tubuh, sehingga meningkatkan elastisitas kulit, sebagian menonaktifkan stretch mark selama kehamilan.

4. Mencegah anemia saat kehamilan

Manfaat buah manggis untuk ibu hamil selanjutnya yaitu dapat mencegah anemia saat kehamilan. Buah ini memiliki kandungan zat besi, vitamin B12, dan nutrisi lainnya yang dapat membantu mempertahankan serta mengatur sel darah merah. Sehingga, ibu hamil dapat terhindar dari kekurangan darah atau anemia.

5. Melancarkan Pencernaan

Menurut data dari Komposisi Pangan Indonesia, dalam 100 gram buah manggis terdapat kurang lebih 1,5 gram serat. Nah, makanan tinggi serat tersebut berperan sangat baik untuk sistem pencernaan ibu hamil. Jadi, ibu hamil dapat terhindar dari sembelit. Seperti diketahui, sembelit juga menjadi salah satu gangguan kesehatan yang kerap kali dialami ibu hamil.

6. Mengontrol kadar gula darah

Manfaat lain dari buah manggis untuk ibu hamil adalah mampu mengontrol gula darah. Hal ini karena dalam buah manggis terdapat serat yang baik untuk tubuh. Serat tersebut dapat mengurangi kemungkinan terjadinya resistensi insulin dan mengontrol kadar gula darah ibu hamil.

Efek samping buah manggis untuk ibu hamil

Meskipun manggis memiliki banyak manfaat yang baik untuk kesehatan, ibu hamil tetap perlu memerhatikan jumlah yang dikonsumsi dan kondisi lainnya. Hal itu untuk menghindari adanya efek samping yang terjadi. Berikut ini beberapa efek samping yang mungkin dapat terjadi:

Gangguan pendarahan

Manggis dapat memperlambat pembekuan darah. Mengkonsumsi manggis secara berlebihan dapat meningkatkan risiko pendarahan pada orang dengan gangguan pendarahan.

Pendarahan saat operasi

Seperti yang telah dijelaskan, manggis dapat memperlambat pembekuan darah. Sehingga mengonsumsi manggis dapat meningkatkan risiko pendarahan selama atau setelah operasi. Jika kamu hendak melakukan operasi, kamu perlu berhenti mengonsumsi manggis 2 minggu sebelum operasi.

Setelah mengetahui efek samping dari manggis, ada baiknya kamu mengonsultasikan pada dokter untuk menghindari terjadinya efek samping yang tidak diinginkan.

Tips mengonsumsi buah manggis yang aman untuk ibu hamil

Cara paling aman mengonsumsi buah manggis yang aman untuk ibu Hamill adalah dengan memakan langsung buah segarnya. Di sisi lain, manggis dapat ditemukan sebagai olahan minuman seperti jus kemasan dan suplemen. Namun untuk mengurangi risiko kesehatan pada ibu hamil, ada hal yang perlu diperhatikan pada produk olahan manggis seperti:

  • Beberapa jus manggis hanya mengandung sedikit buah.
  • Jus buah tidak mengandung serat makanan yang sama dengan buah segar.
  • Manggis mungkin kehilangan beberapa zat yang memberikan manfaat kesehatan potensial ketika produsen mengolahnya menjadi jus kemasan atau suplemen.

Lebih baik komsumsi buahnya langsung dan pilihlah buah-buahan dengan kulit luar berwarna ungu tua dan halus. Kulitnya tidak bisa dimakan, tetapi dapat dengan mudah dihilangkan dengan pisau bergerigi.

Daging buah bagian dalam berwarna putih dan sangat berair saat matang. Bagian buah ini dapat dimakan mentah atau ditambahkan pada smoothie dan salad buah tropis sebagai penambah rasa yang lezat.

Reference
Share