minum air dingin setelah olahraga

minum air dingin setelah olahraga

Menjaga tubuh terus terhidrasi adalah hal penting yang harus kamu lakukan terutama setelah kamu melakukan aktivitas berat seperti olahraga. Selain menghindrasi tubuh, minum air dingin setelah olahraga tentu membantu kamu melepas rasa haus dan lelah.

Tapi, pertanyaannya adalah bolehkah minum air dingin setelah olahraga? Jika kamu ingin tahu lebih lanjut, mari simak ulasan ini sampai akhir.

Minum air dingin setelah olahraga

Sering diperdebatkan, kebiasaan minum air dingin setelah berolahraga pada beberapa penelitian terbukti memberikan efek samping yang buruk bagi tubuh. Beberapa mengungkap bahwa air dingin dinilai bisa memengaruhi saluran pernapasan.

Sebaliknya, pada studi lain menyatakan minum air dingin justru menawarkan berbagai manfaat yang menguntungkan tubuh. Terlebih lagi jika kamu minum setelah selesai melakukan latihan atau olahraga.

Karena perbedaan tersebut, wajar saja jika kamu masih kebingungan. Tidak jarang, kamu mungkin akan bertanya apakah minum air dingin setelah olahraga boleh dilakukan?

Apakah boleh minum air dingin setelah olahraga?

Menurut American College of Sports Medicine (ACSM) dan International Society of Sports Nutrition (ISSN), individu disarankan untuk minum air dan minum minuman penghidrasi lainnya selama berolahraga. Ya, lembaga-lembaga ini setuju bahwa minum air dingin setelah olahraga dapat memberikan manfaat bagi tubuh.

Jadi, kamu boleh-boleh saja minum air dingin setelah olahraga ya. Tapi, kamu tidak boleh melakukannya dengan sembarangan. Lantaran ingin memperoleh manfaat yang baik, justru malah meningkatkan risiko yang membahayakan tubuh.

Sebelum mulai membangun kebiasaan baru untuk minum air dingin, coba simak dulu berbagai fakta minum air dingin di bawah ini.

Fakta minum air mineral dingin setelah olahraga

Meskipun masih menjadi perbincangan yang kerap kali diperdebatkan, minum air mineral dingin setelah olahraga sebenarnya dapat menjaga suhu tubuh inti lebih rendah dan memungkinkan kamu berolahraga lebih lama. Ada beberapa fakta terkait minum air dingin setelah olahraga yang harus kamu ketahui. Berikut penjelasannya:

Menurunkan suhu tubuh inti

Dalam studi tahun 2013, ditemukan bahwa minum air dingin atau es dapat menjaga suhu tubuh inti untuk tidak naik. Artinya, minum air mineral dingin selama atau setelah berolahraga bisa membantu mengurangi keringat tubuh.

Meningkatkan performa atletik

Fakta minum air mineral dingin setelah berolahraga lainnya adalah meningkatkan performa atletik. Pada penelitian kecil, minum air dingin berpotensi meningkatkan performa atletik sekitar 50%. Manfaat ini biasanya diperoleh jika kamu memiliki sesi latihan selama kurang lebih 60 menit.

Menyegarkan

Bagi beberapa orang, minum air dingin selama atau setelah olahraga dinilai lebih menyegarkan daripada minum air hangat atau air suhu ruangan. Ya, setelah lelah berolahraga tentu kamu pasti ingin segera melepas rasa haus dan dahaga.

Mendukung olahraga yang lebih lama

Karena bisa menghidrasi dan menurunkan suhu tubuh inti, minum air dingin bermanfaat untuk mendukung durasi olahraga yang lebih lama. Jadi, kalau kamu ingin menambah durasi olahraga seperti berlari, bersepeda, hingga angkat beban, kamu bisa minum air dingin ya.

Membakar sejumlah kalori

Minum air dingin membuat tubuh mengeluarkan sedikit energi untuk menghangatkan air dingin ke suhu tubuh. Akibatnya, tubuh membakar sedikit kalori. Tapi, metode ini tidak bisa digunakan sepenuhnya untuk menurunkan berat badan ya.

Jika kamu sudah mengetahui fakta-fakta minum air mineral dingin setelah olahraga di atas, ada baiknya kalau kamu juga mengetahui beberapa bahaya dari minum air dingin yang berlebihan. Di bawah ini adalah ulasannya.

Bahaya minum air dingin setelah olahraga

Minum air dingin memang dapat membantu kinerja selama olahraga dan mengembalikan cairan yang hilang setelah olahraga. Tapi, dalam penelitian kecil ditemukan bahwa minum air dingin bisa berbahaya karena membuat lendir hidung menjadi lebih tebal. Kondisi ini menyebabkan udara (oksigen) lebih sulit untuk melewati saluran pernapasan.

Nah, bahaya lainnya juga ditemukan pada penelitian di tahun 2001. Pasalnya, minum air dingin setelah olahraga bisa memicu migrain. Belum lagi, jika kamu punya masalah dengan sakit kepala, kondisi ini bisa semakin parah, lho.

Di samping itu, ada beberapa keyakinan bahwa minum air dingin di hari yang panas tidak akan membantu kamu mendinginkan tubuh. Biarpun begitu, tidak ada penelitian yang cukup memadai terkait benar atau salah dari minum air dingin setelah olahraga.

Jadi, jika ini adalah kali pertama kamu ingin minum air dingin setelah olahraga, kamu bisa mulai secara perlahan ya. Di setiap latihan yang kamu jalankan, kamu bisa menurunkan suhu air sedikit demi sedikit dari suhu ruangan menjadi dingin agar tubuh kamu punya kesempatan untuk beradaptasi.

Tips memenuhi kebutuhan cairan setelah berolahraga

Menurut The Academy of Nutrition and Dietetics, Dietitians of Canada, dan ACSM, jika kamu ingin minum air dingin setelah olahraga sebaiknya perhatikan suhu air antara 0.5 Celsius hingga 5 Celsius. Di sisi lain, ada beberapa tips lain untuk kamu yang ingin memenuhi kebutuhan cairan setelah berolahraga yakni:

  • Menambahkan perasan jeruk ataupun lemon tanpa gula ke air dingin
  • Gunakan minuman khusus olahraga untuk menghidrasi dan mengganti elektrolit yang hilang
  • Minumlah 3 gelas air setelah berolahraga
  • Pastikan tubuh memperoleh 1,5 hingga 2 gelas air setiap 5 hingga 15 menit saat olahraga

Terlepas dari beberapa tips tersebut, pastikan kamu minum 500 ml air atau sekitar 2,5 gelas sebelum tidur, 2,5 gelas air saat setelah terbangun dari tidur, serta 400 hingga 600 ml air sebelum olahraga. Jangan lupa, jika kamu merasa lapar, kamu bisa makan setelah olahraga dengan beberapa aturan tertentu.

Share artikel ini
Reference