self reward

Menjaga kesehatan fisik dan mental sangatlah penting. Nah, salah satu cara untuk menjaga kesehatan mental, yaitu dengan melakukan self reward atau memberi penghargaan untuk diri sendiri. Hal itu mungkin terdengar seperti memanjakan diri sendiri. Tapi, sebenarnya self reward justru bisa memberikan energi. 

Pemberian reward harus berdasarkan hal-hal yang kamu sukai. Jadi, apa yang dianggap self reward bisa berbeda bagi setiap orang. Nah, untuk lebih jelasnya, simak apa itu self reward, seberapa penting, serta apa saja contohnya yang tepat. 

Apa itu self reward?

Self reward adalah istilah yang dipakai ketika seseorang memberikan hadiah untuk mengapresiasi dirinya sendiri. Dengan kata lain, self reward adalah segala jenis aktivitas yang dilakukan oleh seseorang untuk menghargai hal-hal yang telah dicapai. 

Bentuknya bisa beragam dan tidak selalu berupa barang. Misalnya, seseorang bisa meluangkan waktu untuk menonton film kesukaannya atau mendengarkan musik favoritnya. Tujuan memberi hadiah ini dilakukan untuk meningkatkan suasana hati dan menjaga kesehatan mental secara keseluruhan.

9 Contoh self reward untuk kesehatan mental

Hadiah sebagai bentuk penghargaan diri sendiri hendaknya menjadi sesuatu yang menyenangkan bagi kamu. Setiap orang pun bisa memiliki contoh yang berbeda sesuai dengan tindakan favoritnya. Nah, contoh self reward yang umum meliputi:

1. Menonton acara favorit

menonton film favorit
Menonton film favorit

 

Menonton acara yang kamu sukai bisa membuat pikiran lebih rileks. Jika kamu gemar menonton film, beristirahatlah sejenak dan tonton beberapa episode acara atau film yang kamu sukai.

2. Menikmati alam

Menikmati alam bisa berdampak bagus untuk kesehatan mental dan emosional. Mungkin kamu bisa pergi jalan-jalan, menyirami tanaman, atau sekadar duduk di teras rumah sambil mengamati hal-hal di sekitar rumah.

3. Melakukan olahraga

Jika melakukan olahraga bisa memicu semangat kamu, coba luangkan waktu untuk melakukannya. Selain bermanfaat untuk kesehatan fisik, hal ini juga berdampak baik bagi kesehatan mental.

4. Tidur yang cukup

Tidak cukup tidur bisa memberikan pengaruh buruk bagi kesehatan. Kamu bisa menerapkan juga pola tidur bifasik. Tidur sejenak bisa membantu untuk memulihkan otak. Bahkan, tidur hanya dalam waktu 10 menit saja bisa mengisi ulang energi. Apalagi jika kamu mungkin memiliki waktu tidur  yang kurang setiap harinya. 

5. Menikmati makan siang favorit

Kamu bisa menikmati makan siang dengan memilih makanan favorit kamu atau menyiapkan makanannya sendiri di dapur. Misalnya, kamu bisa mencoba untuk membuat salad, pasta, dan sebagainya.

6. Membaca buku

membaca buku
membaca buku favorit

 

Contoh self reward selanjutnya adalah membaca buku. Sebelum tidur, kamu bisa bersantai dengan membaca buku. Coba selesaikan pembacaan beberapa lembar buku yang kamu sukai. Membaca pun ternyata juga dapat menjadi sarana self healing dan melepas stres, lho. 

7. Menelepon orang tercinta

Kamu mungkin tidak memiliki banyak waktu untuk berkomunikasi secara mendalam dengan orang-orang yang kamu cintai. Ketika bekerja, secara umum percakapan yang kamu lakukan bersama orang lain selalu berkaitan dengan pekerjaan. Sebagai self reward, kamu bisa menelepon teman, sahabat, orang tua, kekasih, atau orang lain yang memiliki kedekatan denganmu. 

8. Bermain game online

Bermain game online merupakan contoh self reward lainnya. Ketika kamu merasa jenuh atau bosan, kamu bisa melakukannya. Meskipun bermain game memang menyenangkan, sebaiknya kamu melakukannya dalam batas wajar ya, tidak berlebihan. 

9. Bermain dengan hewan peliharaan

Apabila kamu mempunyai hewan peliharaan seperti anjing atau kucing, kamu bisa bermain bersama mereka. bermain bersama hewan peliharaan ini bisa membantu kamu untuk mengurangi stres, lho. 

Pentingnya self reward untuk kesehatan mental

Self reward memberikan pengaruh bagi kesehatan mental. Pentingnya self reward untuk kesehatan mental, antara lain:

1. Menjaga kesehatan fisik dan mental

Beberapa orang bisa bekerja dengan baik di bawah tekanan. Namun, terkadang tekanan ini bisa membuat kamu merasa lelah. Maka dari itu, penting untuk memberikan hadiah bagi diri sendiri agar kesehatan mental dan fisik tetap terjaga. 

2. Memotivasi agar menjadi lebih baik

Memberikan hadiah tidak hanya secara efektif memberikan istirahat bagi mental namun juga memotivasi kamu untuk menjadi lebih baik. Menghargai diri sendiri dengan pemberian hadiah dapat mengembalikan motivasi ketika kamu merasa ingin menyerah.

3. Mengatasi stres

Self reward bisa dijadikan sebagai obat yang mengatasi stres dan penat, lho. Pasalnya, ketika kamu memberikan hadiah kepada diri sendiri, otak akan menghasilkan hormon dopamin yang membuat kamu merasa lebih baik dan bahagia. 

Hormon tersebut juga bertindak sebagai pereda stres. Dengan demikian, memberikan hadiah untuk diri sendiri diperlukan untuk menjaga dan memulihkan kesehatan mental. Memberikan hal-hal yang sederhana untuk diri sendiri dapat memberikan energi yang positif. 

4. Mengembangkan kreativitas dan kepercayaan diri

Memberikan hadiah pada diri sendiri dapat membantu untuk mengembangkan kreativitas. Selain kreativitas, hal ini juga membantu kamu untuk mengembangkan kepercayaan diri. 

Itulah penjelasan mengenai self reward yang perlu kamu ketahui. Jadi, self reward bisa dilakukan dengan hadiah-hadiah kecil maupun aktivitas-aktivitas yang sederhana namun menyenangkan. Cobalah lakukan hal-hal yang kamu sukai sebagai bentuk apresiasi terhadap dirimu sendiri.

 

Share artikel ini
Reference