menerima kekurangan pasangan

Sebagian orang mungkin merasa susah menerima kekurangan pasangan. Baik yang masih pacaran maupun telah berumah tangga, persoalan ini akan selalu ada. Kamu butuh cara untuk segera mengatasinya.

Lantas, bagaimana solusinya? Yuk, simak cara di bawah ini, supaya kamu bisa menerima kekurangan pasangan.

Kekurangan dalam diri pasangan

Tidak ada manusia yang sempurna. Untuk bisa menerima kekurangan dalam diri pasangan butuh komitmen yang kuat dari kamu dan pasangan. Kalian harus bisa saling memahami dan menghargai satu sama lain.

Perlahan, kamu dapat meminta pasangan untuk coba memperbaiki diri. Sebab, kekurangan pasangan seringkali bisa berujung pada pertengkaran hingga perpisahan. Namun, hal ini sebenarnya bisa kamu atasi jika kamu bersedia menerima kekurangan pasangan.

Tentu dengan menjaga komunikasi lebih baik, dan saling terbuka satu sama lain untuk menjaga hubungan asmara tetap romantis. Sebaiknya, cobalah untuk toleransi kekurangan pasangan sesuai dengan kapasitas kamu.

Oleh sebab itu, mulai sekarang kamu harus menentukan apa kekurangan pasangan yang bisa diterima dan bisa kamu atasi segera.

Jenis-jenis kekurangan pasangan

Berikut adalah jenis kekurangan pasangan yang masih bisa kamu terima dan perlu kamu atasi segera.

Kekurangan pasangan yang dapat diterima:

  • Pekerjaan pasangan masih belum stabil
  • Pasangan memiliki masa lalu yang buruk
  • Kesehatan mental pasangan bermasalah
  • Cemburuan

Kekurangan pasangan yang perlu kamu atasi segera:

Cara menerima kekurangan pasangan

Tidak mudah memang menerima kekurangan pasangan. Kamu pun sering merasa kesal, marah, kecewa, atau sedih. Ya, itu memang bukan hal mudah.

Pastinya, kamu membutuhkan proses penerimaan yang harus dilakukan secara terus menerus. Namun, jika kamu benar-benar mencintai pasangan dan ingin hidup bersamanya, maka kamu bisa melakukan solusinya dengan cara berikut.

1. Akui kekurangan diri kamu sendiri.

Apa hal paling menyebalkan dari pasanganmu? Apakah dia pelupa, ceroboh, atau tidak rapi? Sebenarnya, kebiasaan seperti ini mungkin membuat kamu mudah kesal dan marah pada pasangan.

Tapi, coba ingatlah bahwa tidak ada yang sempurna, dan begitu juga kamu. Jadi, jika pasangan kamu memiliki kekurangan, kamu harus berbicara baik-baik bersama agar pasangan bisa perlahan memperbaiki diri. Akan lebih bagus jika kamu pun bisa berubah menjadi baik bersama-sama dengan dirinya.

2. Coba lihat kebaikannya

Setiap orang memiliki kelebihan dan kekurangan. Ketika kamu melihat kekurangan pasangan, ingatlah bahwa di balik itu semua pasti dia memiliki sisi baik.

Pikirkan tentang kebaikan apa yang telah dia berikan kepada kamu, misalnya, mungkin dia adalah orang ceroboh tetapi dia tidak pernah berbicara kasar dan selalu menghormati kamu. Intinya, jangan suka melihat sesuatu dari satu perspektif dasar saja.

3. Saling membantu satu sama lain

Jika kamu dan pasangan sama-sama memiliki kekurangan dan menyadarinya, kamu bisa saling membantu untuk menjadi lebih baik. Misalnya, jika pasangan kamu pelupa, kamu bisa membantu mengingatkannya. Meskipun terkesan sederhana, namun ini sangat bermakna.

Contoh lainnya, jika kamu suka bangun terlambat, mintalah pasangan kamu membangunkanmu. Jadi, sedikit demi sedikit kebiasaan buruk itu akan hilang dengan sendirinya jika kamu dan pasangan bisa saling membantu.

4. Cobalah untuk terbuka dengan pasangan

Bersikap terbuka sangat penting dalam sebuah hubungan, tujuannya supaya tidak ada yang saling menyimpan dendam. Jika ada sesuatu yang tidak kamu sukai dari pasangan kamu, jelaskan yang sebenarnya dengan baik dan begitu juga sebaliknya. Selama bisa mengingatkan dengan cara yang baik, pasti semua orang bisa menerimanya tanpa merasa sakit hati.

5. Jangan bandingkan kekurangan pasangan kamu dengan mantan

Sebaiknya jangan membandingkan karakter pasangan kamu dengan mantan yang menurut kamu lebih baik darinya. Tentu akan membuat pasanganmu merasa sakit hati jika kamu melakukannya. Entah itu dilakukan dengan sengaja ataupun tidak. Hal ini bisa menimbulkan pertikaian diantara kamu dan pasangan.

6. Hindari pemikiran bahwa kamu bisa mengubah orang lain

Untuk bisa menerima kekurangan pasangan, cobalah menghindari pemikiran untuk bisa mengubah total pasangan kamu. Karena itu di luar kendali kamu. Kecuali pasangan kamu benar-benar ingin mengubah diri dalam dirinya sendiri tanpa paksaan.

Mari fokus pada hal-hal dalam hidup yang dapat kamu kendalikan seperti memperbaiki kelemahan diri sendiri dengan berusaha menjadi versi terbaik kamu tentunya. Hal ini penting supaya kamu bisa menerima dengan baik apa kekurangan pasangan.

Share artikel ini
Reference