manfaat green tea untuk wajah

manfaat green tea untuk wajah

Penggunaan green tea untuk wajah tentunya sudah tidak asing lagi. Apalagi saat ini berbagai variannya sering ditemukan pada produk perawatan kecantikan.

Sebuah studi tahun 2018 dalam Science Direct mengemukakan bahwa senyawa polifenol utama yang ada dalam green tea atau green tea mengandung berbagai sifat terapeutik, termasuk:

  • Antioksidan
  • Anti-inflamasi
  • Anti aterosklerosis
  • Anti infark miokard (serangan jantung), dan
  • Anti diabetes 

Disamping itu, penelitian lain juga menyatakan bahwa polifenol dalam green tea, yaitu epigallocatechin-3-gallate (EGCG) dapat menawarkan efek pencegahan kanker jika digunakan untuk melindungi kulit dan mendukung sistem kekebalan tubuh. 

Tak hanya dapat menjadi minuman herbal yang menyegarkan, nyatanya manfaat green tea untuk wajah juga sangat beragam.

Penasaran apa saja? Yuk, simak artikel ini sampai akhir. 

Apa saja manfaat green tea untuk wajah? 

Ada banyak penelitian yang menunjukkan bahwa meminum green tea atau mengoleskannya pada kulit dapat memberikan manfaat yang baik bagi kesehatan kulit. 

Green tea atau ekstrak green tea tidak hanya dapat membantu mengatasi jerawat dan membantu kulit terlihat lebih muda, tetapi juga berpotensi membantu mencegah kanker kulit melanoma dan non-melanoma.

Lebih jelasnya, berikut adalah manfaat green tea untuk wajah: 

  • Mengatasi jerawat dan kulit berminyak 

EGCG dalam green tea dapat menurunkan kadar lipid (lemak) sehingga efektif mengurangi ekskresi sebum di kulit. Dengan mengurangi sebum, EGCG dapat memperlambat atau menghentikan perkembangan jerawat. 

  • Melindungi dari kanker kulit 

Antioksidan dalam green tea memiliki kemampuan untuk melawan radikal bebas penyebab kanker di dalam tubuh.

Kekuatan antioksidan EGCG dapat membantu memperbaiki kerusakan DNA yang disebabkan oleh sinar UV sehingga dapat mencegah kanker kulit jenis non-melanoma. 

  • Mengontrol penuaan 

Sebuah studi dalam Science Daily menunjukkan bahwa antioksidan EGCG yang berlimpah dalam green tea dapat melawan tanda-tanda penuaan dan membuat kulit kusam tampak lebih sehat. 

Kandungan vitamin khususnya vitamin B2 dalam green tea juga memiliki kemampuan untuk mempertahankan kadar kolagen yang dapat meningkatkan kekencangan kulit.

Selain itu, green tea juga dapat mengurangi garis halus dan kerutan pada wajah. 

  • Mengurangi kemerahan dan iritasi 

Green tea juga memiliki sifat anti-inflamasi atau anti peradangan karena kandungan polifenol teh yang tinggi.

Sifat ini dapat membantu mengurangi iritasi, kemerahan, dan pembengkakan pada kulit. Mengoleskan green tea ke kulit juga dapat meredam luka kecil dan iritasi akibat paparan sinar matahari.

  • Melembabkan kulit wajah 

Sebuah studi tahun 2013 dalam National Library of Medicine menyatakan bahwa ekstrak green tea dapat meningkatkan kelembaban kulit dalam jangka panjang.

Penelitian menerapkan formulasi eksperimental ekstrak green tea ke lengan beberapa orang sebagai subjek penelitian selama 15 dan 30 hari.

Di akhir penelitian, para ilmuwan menemukan bahwa lengan orang-orang tersebut mengalami peningkatan kelembaban kulit dan pengurangan kekasaran kulit. 

  • Mengecilkan pori-pori yang terbuka 

Ketika pori-pori kulit terbuka karena tersumbat oleh kotoran, hal tersebut dapat mendorong pertumbuhan bakteri serta menyebabkan infeksi dan jerawat.

Green tea yang penuh dengan antioksidan dan memiliki sifat astringen (mengurangi sekresi) dapat membantu mengecilkan pori-pori terbuka, sehingga kulit menjadi lebih halus dan kencang. 

Bagaimana cara memakai green tea untuk wajah? 

Untuk merasakan manfaat green tea untuk wajah secara langsung, kamu dapat mengolah green tea menjadi masker wajah. Ikuti langkah-langkah pembuatan dan penggunaannya berikut ini. 

Bahan dan alat: 

  • 1 sendok teh green tea 
  • 1 sendok teh soda kue 
  • 1 sendok teh madu 
  • Air (opsional) 
  • Mangkuk 
  • Sendok takar 

Untuk variasi, kamu bisa mengganti bahan di atas dengan alternatif ini:

  • 1 sendok teh gula pasir sebagai pengganti baking soda 
  • 1/2 sendok teh jus lemon sebagai pengganti madu 
  • 1 sendok teh bubuk green tea sebagai pengganti daun green tea 

Cara membuat dan menggunakan masker wajah green tea: 

  1. Seduh secangkir green tea, biarkan kantong teh terendam selama sekitar satu jam. Biarkan kantong teh sampai dingin, lalu buka kantong teh dan pisahkan daun green tea. 
  2. Tempatkan daun dalam mangkuk, lalu tambahkan soda kue dan madu dan diaduk rata untuk membuat pasta. Jika campuran terlalu kental, tambahkan beberapa tetes air. 
  3. Untuk hasil yang lebih maksimal, bersihkan wajah terlebih dahulu sebelum mengaplikasikan masker.
  4. Setelah mencuci wajah sampai bersih, oleskan masker secara merata ke seluruh wajah, dan pijat dengan lembut untuk mengangkat sel kulit mati dan kotoran dari pori-pori. 
  5. Biarkan masker selama 10 hingga 15 menit, lalu bilas dengan air hangat. 6. Untuk hasil terbaik, kamu bisa mengaplikasikan masker wajah dari green tea ini satu sampai tiga kali dalam seminggu. 
Share artikel ini
Reference