Olahraga saat puasa
Gaya Hidup Hidup Sehat

7 Manfaat Olahraga Saat Puasa, Bakar Lemak Lebih Cepat dan Mudah!

Putri Aprillia | Maret 30, 2022
Share

Saat bulan puasa tiba, umat muslim akan menjalani ibadah puasa selama sebulan penuh untuk menahan lapar dan haus dari terbitnya fajar hingga terbenamnya matahari. Waktu berpuasa kurang lebih 13 jam dan tubuh tidak mendapat suplai makanan dan minuman selama waktu tersebut.

Bagi kamu yang terbiasa berolahraga, tentunya kamu tak ingin melewatkan waktu olahraga agar tetap bugar. Lalu bagaimana olahraga saat puasa dan tips menjalankan olahraga yang aman selama berpuasa? Simak yuk tips detailnya.

Apakah boleh olahraga saat puasa?

Olahraga membawa pengaruh yang positif, yaitu menjaga tubuh agar tetap sehat dan segar. Melakukan olahraga saat berpuasa tetap diperbolehkan asalkan kamu mempertimbangkan banyak hal, seperti kapan waktu yang baik dan jenis olahraga apa yang sebaiknya dilakukan.

Perlu diketahui bahwa pola makan dan tidur selama bulan puasa tentu akan berubah drastis sehingga jika tubuh kurang fit, maka bisa berpengaruh pada kesehatan. Kamu perlu pertimbangkan banyak hal dalam ulasan ini agar olahraga dan puasa tetap berjalan lancar.

Kapan waktu olahraga saat puasa?

Menurut The Nasional dan Islamicity, olahraga sebaiknya tidak dilakukan saat perut kosong. Kapan waktu paling tepat untuk olahraga di saat bulan puasa? Yuk simak 4 waktu terbaik untuk kamu melakukan olahraga:

Sebelum makan sahur

Waktu ideal untuk melakukan olahraga adalah sebelum sahur. Sebaiknya minum banyak air dan tunggu setengah jam sebelum memulai latihan. Pilih jenis latihan dengan intensitas rendah agar tubuh tidak kehilangan massa otot.

Setelah tarawih

Setelah tarawih bisa menjadi waktu kamu untuk berolahraga selama bulan puasa. Selesaikan latihan intensitas sedang hingga tinggi pada waktu setelah tarawih.

Setelah berbuka sebelum tarawih

Pilihan ketiga waktu untuk berolahraga adalah setelah berbuka dan sebelum tarawih. Waktu ini cocok untuk jenis olahraga dengan intensitas rendah atau sedang. Perlu diketahui bahwa waktu ini sangat sempit sehingga terkadang sulit dimasukkan dalam jadwal olahraga.

Setelah berbuka puasa

Jadwalkan latihan kardio sekitar setengah jam setelah berbuka. Jika ingin melakukan latihan dengan intensitas tinggi, boleh dilakukan dengan makan makanan ringan saat berbuka puasa.

Latihan fisik bisa dilakukan 30-60 menit dan latihan kardiovaskular dibatasi 2-3 kali dalam seminggu. Latihan berat seperti renang, lari, latihan beban sebaiknya dihindari saat bulan puasa dan alihkan ke latihan ringan seperti pilates, sepeda, peregangan dan sebagainya.

Apa manfaat olahraga saat berpuasa?

Manfaat olahraga saat puasa

Berolahraga saat puasa memiliki banyak manfaat untuk kesehatan dan meningkatkan kebugaran tubuh, berikut manfaatnya:

1. Lebih mudah membakar lemak

Selama puasa, asupan makanan dan penimbunan lemak berkurang sehingga olahraga lebih efektif dan efisien dilakukan pada bulan puasa. Penimbunan lemak juga dapat terjadi karena tubuh jarang bergerak sehingga ini waktu yang tepat membakarnya.

2. Mengembalikan waktu biologis otak dan otot

Melakukan olahraga pada saat puasa dapat memperbaiki pola tidur yang berantakan selama beberapa waktu. Olahraga bisa mengembalikan lagi waktu tidur yang sesuai dan seperti semula.

3. Meningkatkan produksi hormon testosteron

Olahraga pada saat puasa dapat mengatur hormon agar lebih stabil. Hormone testosterone mudah diproduksi saat olahraga dan berpuasa.

4. Mengurangi depresi

Berolahraga dapat membuat kamu lebih bahagia dan meminimalisir depresi atau stress yang datang saat berpuasa.

5. Meningkatkan kemampuan atletis

Saat puasa tubuh terlatih untuk memakai energi lewat lemak. Proses metabolisme akan meningkat dan kemampuan atletis juga akan lebih tinggi dengan melakukan olahraga saat berpuasa.

6. Mudah membentuk otot

Bagi kamu yang mendambakan tubuh atletis, ini adalah waktu terbaik untuk kamu. Produksi hormone insulin akan mengalami perbedaan dan dengan berolahraga, maka hormone ini akan meningkat dan membentuk otot dengan lebih cepat.

7. Tubuh tampak lebih muda

Massa otot yang bertambah akan membuat penampilan kamu juga berubah. Kesan muda akan terlihat saat kamu tetap rutin berolahraga meski saat bulan puasa.

Apa jenis olahraga saat puasa yang tepat?

Pilih jenis olahraga ringan dengan intensitas rendah. Dalam riset di Universitas Georgia, Amerika Serikat, olahraga dengan intensitas ringan dapat mencegah rasa lesu datang. Berikut ini jenis olahraga yang dapat dipilih saat puasa:

  • Jalan kaki. Jenis olahraga ini ringan dan kaya akan manfaat seperti menjaga kebugaran, memperkuat tulang, menurunkan resiko jantung dan mengurangi lemak tubuh.
  • Bersepeda. Jenis olahraga ini bisa kamu lakukan sambil ngabuburit di sore hari. Bersepeda dapat meningkatkan fleksibilitas dna meredakan stress yang datang.
  • Yoga. Yoga adalah olahraga ringan yang bisa dilakukan di dalam rumah. Pelajari gerakan yoga dengan intensitas rendah agar membuat kamu tenang dan lebih bugar.
  • Jogging. Lari kecil dapat kamu pilih untuk jenis olahraga dengan intensitas rendah. Lakukan lari kecil di sekitar rumah untuk menjaga kesehatan dan kebugaran tubuh.
  • Naik turun tangga. Membakar kalori dengan cara mudah bisa dilakukan hanya dengan naik turun tangga di dalam rumah.
  • Tai chi. Jenis olahraga ringan ini menjaga fungsi kognitif tubuh, fleksibilitas dan kestabilan tubuh.
  • Sit up, push up. Jenis olahraga dengan intensitas ringan ini baik untuk pembentukan otot, menjaga postur, mengurangi nyeri panggul dan sebagainya.

Tips olahraga saat puasa

Agar tetap aman dilakukan saat puasa, ketahui tips melakukan olahraga seperti dibawah ini:

  • Pilih olahraga yang tepat. Pilih jenis olahraga dengan intensitas ringan dan tidak terlalu berat saat dilakukan pada bulan puasa.
  • Waktu olahraga. Kondisikan badan dan jadwalkan waktu olahraga yang tepat agar tidak berefek buruk pada saat menjalani puasa.
  • Asupan makanan saat sahur dan berbuka. Pilih makanan dengan asupan gizi tinggi pada saat sahur dan berbuka.
  • Banyak minum. Hindari dehidrasi dengan minum 2 liter air pada waktu sahur dan berbuka.
  • Perhatikan waktu tidur. Tetap perhatikan waktu tidur agar tubuh tetap fit dan tidak mengganggu ibadah puasa.

Berolahraga memiliki banyak manfaat tersendiri bagi tubuh. Kamu masih dapat melakukan olahraga saat puasa dengan banyak catatan dan aturan yang harus dipenuhi agar puasa tetap lancar dan tubuh senantiasa bugar, ya!

 

Reference
Share