hari menopause sedunia 18 oktober

Kapan Hari Menopause Sedunia? Peringatan hari penting ini setiap 18 Oktober. Tujuan hari menopause sedunia adalah meningkatkan kesadaran akan menopause dan dukungan untuk meningkatkan kesehatan dan kesejahteraan. Yuk, kenali ciri awalnya!

Asal-usul 18 Oktober peringatan Hari Menopause Sedunia

Hari penting ini International Menopause Society bersama Badan Kesehatan Dunia (WHO) tetapkan untuk meningkatkan kesadaran masyarakat terkait kondisi wanita ketika berhenti menstruasi.

Menopause merupakan kondisi yang perempuan alami saat tak mengalami siklus menstruasi lagi. Biasanya hal tersebut terjadi seiring pertambahan usia.

Hari Menopause Sedunia pertama kali International Menopause Society (IMS) dan World Health Organization (WHO) inisiasi pada 2009. Tujuan peringatan ini untuk meningkatkan pemahaman tentang menopause sebagai hal tabu.

IMS adalah badan amal di Inggris yang berdiri pada 1978 dengan misi memberikan akses pengetahuan yang mudah dan adil, serta layanan kesehatan berbasis ilmiah kepada kaum wanita di seluruh dunia.

Hari Menopause Sedunia merupakan salah satu bentuk upaya IMS untuk memberikan edukasi tentang ragam pilihan dukungan yang dapat meningkatkan kesehatan para wanita.

Kapan Hari Anak Perempuan Sedunia? Ini Hal yang Spesial!

Apa ciri menopause dini?

Menopause akan wanita alami seiring waktu. Tahun hingga bulan menjelang menopause disebut perimenopause atau transisi menopause. Perimenopause dapat berlangsung selama 2-8 tahun dengan rata-rata sekitar 4 tahun.

Perubahan hormon dapat menyebabkan gejala seperti:

  1. Haid tidak teratur
  2. Vagina kering
  3. Hot flashes
  4. Keringat pada malam hari
  5. Mengalami gangguan tidur
  6. Perubahan suasana hati
  7. Kesulitan mengingat (brain fog)

Setiap orang memiliki gejala menopause yang berbeda. Paling sering, wanita akan mengalami haid tidak teratur sebelum berakhir. Menopause biasanya setelah 12 bulan tanpa haid, pendarahan vagina, hingga flek dan terjadi pada usia 40-an hingga 50-an.

Itulah informasi seputar menopause yang perlu kamu ketahui. Hari penting ini perlu dirayakan untuk meningkatkan kesadaran wanita mengenai menopause yang merupakan salah satu fase penting dalam kehidupan dan kesehatan wanita.


Penulis: Anggraini Nurul

Share artikel ini
Reference