fornero obat apa

Apakah dokter pernah menyarankan kamu untuk mengonsumsi obat ini? Kamu mungkin penasaran, kira-kira fornero obat apa, ya? Yuk, kenali manfaat, dosis atau aturan pakai, hingga efek sampingnya di artikel ini!

Fornero obat apa?

Jika ditanya fornero obat apa, maka fornero atau forneuro adalah suplemen yang bisa membantu meringankan gejala kram, kaku, kebas, kesemutan dan pegal pada otot. Obat ini terdiri dari vitamin B1, B6, B12, E dan asam folat.

Kandungan utama dari fornero adalah vitamin B. Ada 3 jenis vitamin B yang terkandung dalam suplemen ini, yaitu vitamin B1 50 mg, B6 100 mg, dan B12 100 mcg. Berdasarkan komposisinya, maka khasiat suplemen fornero akan sesuai dengan tiap jenis vitamin B yang terkandung di dalamnya.

Vitamin B1 atau thiamine dapat membantu mencegah komplikasi pada sistem saraf, otak, otot, jantung, lambung, dan usus. Vitamin ini juga ada pada aliran elektrolit masuk dan keluar dari otot dan sel saraf.

Vitamin B6 atau yang memiliki nama lain pyridoxine dibutuhkan untuk perkembangan otak normal dan untuk menjaga sistem saraf dan sistem kekebalan tubuh tetap sehat.

Vitamin B12 yang terkandung dalam suplemen ini berperan dalam produksi serotonin sehingga kekurangan vitamin ini dapat meningkatkan risiko depresi. Vitamin ini juga adalah nutrisi penting untuk neuron di otak. 

Asam folat adalah vitamin B9 yang juga terkandung dalam suplemen ini yang berperan dalam pembentukan sel darah merah dan untuk pertumbuhan dan fungsi sel yang sehat. Nutrisi tersebut sangat penting selama awal kehamilan untuk mengurangi risiko cacat lahir pada otak dan tulang belakang.

Daftar Makanan yang Mengandung Vitamin B yang Menyehatkan

Dosis atau aturan pakai fornero

Untuk dosis, meski termasuk suplemen, mengonsumsi fornero tidak boleh terlalu berlebihan. Suplemen ini dapat diminum kapan saja, baik sebelum maupun sesudah makan untuk dewasa sebanyak 1 kali sehari atau sesuai anjuran dokter.

Apa saja efek samping suplemen ini?

Karena fornero adalah suplemen, efek sampingnya pun tidak seperti obat-obatan. Namun, perlu kamu ingat, suplemen ini harus dihindari jika kamu memiliki indikasi hipersensitif terhadap salah satu komposisi dari suplemen tersebut.

Fornero sebaiknya tidak diberikan pada pasien Parkinson. Khusus untuk ibu hamil, suplemen ini dapat dikonsumsi oleh ibu hamil dan menyusui dengan petunjuk dokter.

Manfaat Vitamin B Complex untuk Wanita, Apa Saja Itu?

Itulah penjelasan mengenai fornero obat apa, dosis, hingga efek samping yang mungkin bisa ditimbulkan. Usahakan untuk berkonsultasi dengan dokter jika ingin mengonsumsi suplemen yang satu ini, ya!


Penulis: Sabrina Mulia Rhamadanty

Share artikel ini
Reference