fibumin obat apa

Fibumin obat apa – Fibumin adalah obat dengan kandungan ekstrak ikan gabus, yang kaya akan albumin. Kandungan albumin, yaitu protein dalam plasma darah yang berfungsi untuk menjaga agar cairan dalam darah tidak bocor ke jaringan lain.

Protein ini juga membantu membawa berbagai zat ke seluruh tubuh, seperti hormon, vitamin, dan enzim.

Fibumin obat apa?

Fibumin adalah obat dengan kandungan albumin dari ekstrak ikan gabus, umumnya digunakan untuk menjaga imun tubuh mempercepat penyembuhan luka. Dosis umum obat ini yaitu 1 kapsul untuk dikonsumsi 2 kali sehari.

Kamu harus menyimpan obat fibumin di tempat sejuk dan kering, serta terhindar dari sinar matahari langsung. Fibumin kini mudah ditemukan di apotik dengan harga terjangkau, terdapat 10 tablet dalam satu strip kemasan.

Busmin Obat Apa: Manfaat, Dosis, Dan Perawatan Lainnya

Manfaat fibumin

almacon obat apa

Fibumin tablet bermanfaat membantu mempercepat penyembuhan luka (seperti pada saat setelah operasi atau melahirkan), meningkatkan kadar albumin dalam darah, melindungi sel saraf dan menjaga imunitas tubuh.

Manfaat ikan gabus untuk kesehatan

Ikan gabus juga memiliki kandungan kolagen yang baik untuk kesehatan kulit. Dengan kandungan nutrisi yang tinggi, ikan gabus bisa menjadi alternatif pengganti suplemen fibumin yang biasa digunakan sebagai sumber protein.

Banyak sekali manfaat dari mengonsumsi daging ikan gabus yang kaya akan albumin ini. Berikut beberapa manfaatnya:

Pembentukan dan pertumbuhan otot

Ikan gabus mengandung kadar protein yang lebih tinggi dibandingkan dengan kadar protein pada ikan lele dan ikan mas/nila. Pada 100 gram ikan gabus bisa memperoleh 25,2 gram protein.

Mempercepat penyembuhan luka

Daging ikan gabus juga mengandung kadar albumin yang sangat tinggi. Albumin merupakan salah satu jenis protein yang sangat penting dalam proses penyembuhan luka pada tubuh.

Kandungan dan Efek Samping Obat Merah untuk Mengobati Luka

Menjaga keseimbangan cairan dalam tubuh

Zat albumin juga berfungsi untuk menjaga kestabilan cairan di dalam tubuh. Jika kondisi kadar cairan tubuh menurun, maka protein yang masuk ke dalam tubuh akan pecah sehingga tidak dapat berfungsi secara normal. Kadar normal albumin dalam tubuh mencapai 60%.

Melancarkan pencernaan

Ikan gabus memiliki struktur daging yang lebih empuk, kamu tidak perlu khawatir dengan pencernaan karena sangat mudah dicerna. Hal ini dikarenakan kandungan protein kolagen yang lebih rendah dibandingkan dengan kadar protein pada daging lainnya. Hanya 3% hingga 5% dari total kandungan protein kolagen.

Menyembuhkan berbagai penyakit

Dapat membantu proses penyembuhan berbagai penyakit seperti hepatitis, infeksi paru-paru, tifus, diabetes, stroke, dll.

Memperbaiki kekurangan gizi

Dapat memperbaiki gizi buruk yang banyak terjadi pada bayi, balita, anak-anak dan ibu hamil. Karena 100 gram gabus saja sudah cukup untuk memenuhi berbagai kebutuhan gizi yang sangat penting bagi kesehatan, terutama bagi bayi.

Mengatasi autisme pada anak 

Hal ini diperlukan kajian medis lebih lanjut lagi. Namun, gizi anak pengidap autisme akan sangat terpenuhi dengan ikan gabus sehingga membantu tumbuh kembangnya.

Apa Itu Penyakit Autisme? Yuk, Kenali Cirinya Sedini Mungkin!

Mempercepat penyembuhan luka setelah operasi

Ikan gabus dapat mempercepat proses penyembuhan luka setelah operasi. Hal ini dikarenakan kandungan albumin yang tinggi pada ikan gabus, sehingga dengan cepat dapat membantu pembentukan sel-sel dan jaringan baru pada tubuh yang telah rusak akibat proses operasi.

Membantu mengatasi pembengkakan pada tubuh

Selain untuk penyembuhan luka, kandungan albumin pada ikan gabus yang cukup tinggi juga dapat membantu mengatasi pembengkakan yang terjadi pada tubuh.

Meningkatkan daya tahan tubuh

Jika kamu menginginkan daya tahan tubuh yang lebih baik, jangan lupakan konsumsi ikan gabus secara rutin. Konsumsi ikan ini akan membuat tubuh anda terhindar dari berbagai penyakit karena perubahan akibat cuaca atau faktor lainnya.

Mengonsumsi ikan gabus secara teratur juga dapat membantu menurunkan kadar kolesterol dalam tubuh dan meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Sehingga, ikan gabus dapat menjadi pilihan yang baik untuk mendapatkan asupan nutrisi yang seimbang dan alami bagi tubuh.

____________

Penulis: Afifa

Share artikel ini
Reference