long distance relationship artinya

Hubungan jarak jauh atau LDR memang tidak mudah. Bahkan, selama menjalankan long distance relationship artinya kamu harus lebih saling pengertian, menjaga kepercayaan serta komunikasi supaya hubungan kalian tetap berjalan dengan baik. 

Meskipun tidak mudah, namun bukan berarti LDR tidak bisa dijalani, loh. Berikut beberapa tips menjalankan LDR, serta keuntungan menjalani hubungan jarak jauh yang satu ini. 

Long distance relationship artinya

Long distance relationship artinya apa sih? LDR adalah ikatan antara dua orang yang terpisah secara geografis satu sama lain sehingga interaksi secara langsung dan kontak fisik berkurang tidak seperti hubungan konvensional. Dasar hubungan ini biasanya memerlukan ikatan emosional yang dalam, kesetiaan, kepercayaan hingga kasih sayang yang konstan meski mereka berjauhan. 

Tips menjalani long distance relationship

tips long distance relationship
Tips Long Distance Relationship

Berikut beberapa tips menjalani LDR supaya berhubungan harmonis:

1. Aktif berkomunikasi 

Sangat penting untuk terus terhubung satu sama lain. Meskipun tidak bisa bertemu secara langsung, namun kamu bisa berkomunikasi melalui telepon atau video call. Lakukan percakapan ringan sampai mendalam. Jangan ragu untuk menceritakan hari-hari kalian. Mendengar suara dan melihat wajah satu sama lain dapat mengobati rindu karena tidak bertemu. 

2. Teratur bertemu

Meskipun long distance relationship artinya kalian terpisah oleh jarak, namun bukan berarti kalian tidak bisa bertemu sama sekali. Pastikan untuk tetap bertemu secara teratur, misalnya satu bulan sekali. Jika tidak memungkinkan, kalian bisa menyepakati waktu untuk bertemu seperti tiga bulan sekali. 

3. Merencanakan untuk berlibur bersama

Jika memang memungkinkan untuk menikmati waktu untuk bersama lebih lama, kalian bisa merencanakan liburan bersama. Misalnya ke taman hiburan, atau melakukan hal-hal yang kalian sukai. Waktu rencana liburan ini dapat menjadi hal-hal yang kalian natikan satu sama lain sehingga kalian dapat lebih bertahan untuk terus menjaga hubungan saat LDR. 

4. Tunjukan perhatian dan kepedulian

Menunjukkan kepedulian dan perhatian pada pasangan akan sangat berarti untuk satu sama lain. Misalnya, tanyakan “apa ada yang bisa aku bantu? apa yang kamu butuhkan? bagaimana perasaanmu hari ini? apakah hari ini terasa berat?” Perhatian seperti ini akan membuat perasaan pasangan menjadi lebih nyaman, dan merasakan meskipun jarak kalian jauh, namun kehadiran kalian tetap terasa dekat.

5. Beri hadiah

Tidak ada salahnya untuk memberikan kejutan atau hadiah yang disukai pasangan. Pria bisa memberikan bunga atau hal-hal yang disukai kekasihnya, misalnya coklat. Sedangkan, untuk wanita bisa memberikan kemeja atau hal-hal kecil yang berarti. Kalian juga bisa mengirimkan obat jika memang pasangan sedang sakit atau tidak enak badan.

7 Bunga dan Maknanya untuk Pasangan

6. Ungkapkan perasaan satu sama lain jika ada yang mengganjal

LDR nyatanya memang tidak mudah, karena tidak bertemu langsung, lebih sulit untuk berkomunikasi dan membicarakan hal-hal yang penting. Bahkan, rasa frustasi kerap hadir saat menjalankan hubungan ini. Penting untuk jujur satu sama lain untuk membicarakan perasaan yang mengganjal. Apakah memang salah satu dari kalian merasa ada yang berbeda dan cari solusi bersama untuk memecahkan permasalahan tersebut. 

7. Saling mengutamakan

Hubungan jarak jauh membutuhkan kerja sama dan rasa saling percaya. Penting untuk memprioritaskan satu sama lain. Selain itu, meredam ego dan amarah, serta selesaikan permasalahan dengan kepala dingin dapat mencegah permasalahan yang semakin melebar. 

Jika salah satu dari kalian mulai tampak menjauh, penting untuk membicarakannya. 

Risiko long distance relationship

Ada beberapa risiko long distance relationship yakni:

  • Sulit untuk berkomunikasi
  • Jarang bertemu dan berkomunikasi langsung dapat menyebabkan kesalahpahaman
  • Rentan untuk menjaga kepercayaan
  • Rentan adanya orang baru yang lebih sering bertemu 
  • Lebih sering bertengkar

Manfaat long distance relationship

Meskipun long distance relationship artinya kamu terpisah jarak dengan pasangan dan memiliki berbagai risiko masalah pada hubungan, namun ternyata LDR juga dapat mendatangkan berbagai manfaat, loh. Berikut manfaatnya:

  • Lebih menghargai waktu bertemu
  • Merasa lebih senang ketika bertemu karena momen pertemuan yang jarang terjadi
  • Dapat membuat kalian lebih dewasa dan bijaksana, serta belajar menurunkan ego
  • Saling menjaga kepercayaan dan kejujuran, dan berkomitmen pada kesetiaan
  • Menjadi pribadi yang lebih mandiri karena tidak bergantung dengan kehadiran pasangan
  • Menjadi pendengar yang baik, bahkan bisa menjadi sosok yang bijak
  • Tidak ada kewajiban untuk berkencan setiap minggu
  • Lebih leluasa untuk berfokus pada karir dan mengejar mimpi masing-masing.
Share artikel ini
Reference