ciri-ciri hamil 1 minggu pada perut

Apa tanda kehamilan yang berusia 1 minggu? Kamu mungkin ingin tahu apa saja yang terjadi selama minggu pertama kehamilan. Sebenarnya, pada minggu pertama kehamilan, kamu hanya akan mengalami gejala umum menstruasi. 

Menurut Health Line, hari pertama kehamilan adalah hari pertama dari siklus menstruasi yang terakhir. Tapi, apakah ciri-ciri hamil 1 minggu pada perut dapat dideteksi? Yuk simak artikel ini agar kamu bisa mengetahui ciri-cirinya!

Bisakah mendeteksi tanda hamil 1 minggu?

Sebenarnya, pada minggu pertama kehamilan, belum ada janin dalam kandungan. sehingga belum bisa untuk dideteksi. Walaupun belum ada janin, tubuh kamu sedang mempersiapkan diri untuk kehamilan. Selama hari-hari pertama kehamilan, sel telur akan dilepaskan dan mulai matang di dalam ovarium. Proses ini disebut siklus ovarium. 

Pada hari-hari pertama kehamilan, kamu akan mengalami menstruasi terakhir dan akan memasuki fase folikular. Awal fase ini berlangsung pada awal periode menstruasi. Hormon FSH atau hormon perangsang folikel akan menyebabkan banyak folikel yang belum matang bersiap untuk ovulasi. 

Namun, pada hari kelima hingga ketujuh dari periode menstruasi kamu, hanya akan satu sel telur yang menjadi dominan. Sel telur ini biasanya menghasilkan lebih banyak estrogen yang merangsang penebalan lapisan rahim.

Lapisan ini merupakan tempat sel telur yang telah dibuahi menanamkan dirinya setelah terjadinya pembuahan dan siap untuk mulai tumbuh.

Baca juga: 5 Cara Menggunakan Tespek Kehamilan yang Tepat!

Mengenal ciri-ciri hamil 1 minggu

Tespek Kehamilan

Sejak hari pertama kehamilan, kamu tidak akan mengalami gejala kehamilan. Gejala kehamilan pertama kemungkinan besar akan terjadi sebulan kemudian ketika melewatkan menstruasi. Tetapi, bisa jadi kamu mengalami gejala menstruasi selama hari-hari pertama kehamilan. Beberapa gejala menstruasi yang umum dirasakan meliputi:

1. Sakit kepala

Ketika kadar hormon berfluktuasi, sakit kepala umum dirasakan oleh para wanita. Maka, tidak heran bila kamu mengalami sakit kepala pada tahap awal kehamilan karena perubahan yang dialami oleh tubuh kamu.

2. Perubahan suasana hati

Perubahan hormonal yang terjadi selama kehamilan dapat menyebabkan perubahan suasana hati yang intens. Perubahan suasana hati ini mirip dengan gejala PMS, sehingga terkadang sulit untuk mengetahui apakah itu tanda kehamilan atau bukan. 

Baca juga: Mood Swing saat Haid Bisa Diatasi dengan Cara Berikut! 

3. Merasa lelah

Merasa lelah merupakan gejala umum yang bisa muncul satu minggu setelah pembuahan. Hal ini terjadi karena tubuh kamu sedang memproduksi lebih banyak progesteron. Selain itu, volume darah dalam tubuh juga meningkat. Jadi, tidak heran jika kamu mungkin merasa lelah.

4. Diare dan sembelit

Karena kadar hormon terus berubah, sistem pencernaan akan melambat dan menyebabkan sembelit. Kamu bisa mengatasinya dengan makan banyak serat seperti makan buah-buahan.

5. Perut kembung

Perubahan hormonal pada awal kehamilan dapat membuat kamu merasa kembung. Hal ini sangat mirip dengan gejala yang kamu alami pada awal menstruasi. 

6. Mengidam makanan dan nafsu makan meningkat

Tanda kehamilan yang umum lainnya yaitu mengidam makanan. Gejala ini dapat bertahan selama kehamilan. Kondisi ngidam juga biasanya mengacu pada makanan yang tidak umum. Jika makanan tersebut berdampak tidak terlalu baik untuk tubuh, kamu bisa mencari alternatif makanan tersebut. 

Baca juga: Tanda Ovulasi Berhasil Dibuahi, Kenali Tandanya Berikut! 

Apa yang dirasakan saat hamil 1 minggu?

Pada minggu pertama kehamilan, ciri-ciri hamil 1 minggu pada perut mungkin belum terasa. Hal yang perlu kamu perhatikan adalah kamu akan mengalami siklus menstruasi yang terakhir. Perubahan hormonal selama menstruasi akan membuat kamu merasa kembung karena retensi cairan.

Kamu juga bisa merasa kram selama menstruasi atau nyeri perut. Biasanya hal-hal yang kamu rasakan tidak akan berbeda dengan menstruasi yang kamu pernah alami sebelumnya.

Baca juga: Ciri-ciri hamil dari raut wajah.

Cara menjaga kehamilan dengan baik

Setelah mengetahui ciri-ciri hamil 1 minggu pada perut, kamu perlu menjaga kesehatan jika didapati sedang hamil. Selama menstruasi terakhir kamu, ada beberapa hal yang bisa kamu lakukan untuk menjaga kehamilan dengan baik, yaitu:

1. Mengonsumsi vitamin prenatal

Mengonsumsi vitamin prenatal merupakan sesuatu yang sering disarankan oleh dokter ketika kamu sedang hamil. Vitamin prenatal dapat mencegah masalah serius seperti cacat lahir tabung saraf. Vitamin prenatal biasanya mencakup asam folat, zat besi, kalsium, dan vitamin D.

2. Minum air putih yang cukup

Selama minggu pertama kehamilan, penting untuk menjalankan pola hidup yang sehat. Selain itu, kamu perlu berhenti minum alkohol dan meninggalkan minuman manis yang bisa berdampak buruk bagi kesehatan. Minumlah 8 hingga 11 gelas air putih setiap hari.

3. Makan makanan yang bergizi

Makan makanan yang segar dan bergizi seperti buah-buahan, sayuran, protein tanpa lemak, lemak sehat, dan biji-bijian. Hindari makan makanan yang kurang sehat secara berlebihan.

4. Olahraga secara teratur

Penelitian menunjukkan bahwa gejala menstruasi seperti kram bisa hilang lebih cepat ketika berolahraga. Melakukan olahraga secara teratur bisa membuat kamu tetap sehat selama kehamilan. Tetap aktif saat hamil akan meningkatkan kesehatan fisik dan mental kamu.

5. Menghentikan kebiasaan merokok

Merokok bisa berdampak buruk pada kesehatan kamu dan kandungan. Merokok bisa meningkatkan risiko keguguran.

6. Mengurangi stres

Salah satu hal penting yang perlu kamu lakukan untuk merawat diri selama kehamilan yaitu mengurangi stres. Maka, luangkan waktu untuk membuat diri kamu merasa bahagia dan sehat.

Faktanya, kamu bisa melihat adanya beberapa perubahan selama minggu pertama kehamilan. Hormon di dalam tubuh kamu berubah, sehingga kamu merasakan beberapa gejala yang mirip menstruasi. Agar kamu bisa memastikannya dengan baik, coba lakukan tes kehamilan pada saat usia kehamilan sudah cukup untuk dilakukan pengetesan, ya!

Share artikel ini
Reference