manfaat tahu untuk ibu hamil

Konsumsi makanan bergizi selama kehamilan memang sangat penting, terutama karena kebutuhan protein ikut meningkat.

Salah satu cara memenuhi kebutuhan protein ibu hamil adalah makan tahu. Namun, banyak orang yang mungkin belum tahu apa saja manfaat tahu untuk ibu hamil. 

Sebelum mencoba konsumsi tahu selama hamil, ada baiknya untuk mengenali apa saja kandungan dan khasiat dari tahu. Simak informasi selengkapnya di sini, yuk!

Kandungan nutrisi tahu

Tahu adalah olahan dari kacang kedelai yang dibuat dari dadih kedelai. Produk ini tersedia di pasaran dalam bentuk balok dengan tekstur yang berbeda-beda. Awalnya, tahu dikenal dalam masakan Asia dan kin sudah mendunia karena mudah dimasukkan ke menu makanan selama hamil. 

Jika ingin tahu apa saja kandungan nutrisi dalam tahu mentah yang segar, ini daftar gizinya!

  • Energ: 80 Kal
  • Protein: 10.9 g
  • Lemak: 4.7 g
  • Karbohidrat: 0.8 g
  • Serat: 0.1 g
  • Kalsium: 223 mg
  • Fosfor: 183 mg
  • Besi : 3.4 mg
  • Kalium : 50.6 mg
  • Seng: 0.8 mg
  • Beta-Karoten: 118 mcg
  • Vitamin B1: 0.01 mg
  • Vitamin B2: 0.08 mg
  • Niasin: 0.1 mg

6 Manfaat Buah Duku untuk Ibu Hamil yang Lebih Sehat

Manfaat tahu untuk ibu hamil

manfaat tahu untuk ibu hamil

Seperti yang kamu tahu, kacang terbuat dari kedelai. Dibandingkan dengan kacang-kacangan lainnya, kedelai mengandung protein yang cukup tinggi dengan karbohidrat yang rendah. 

Terlebih lagi, kedelai kaya akan vitamin B, serat, zat besi, kalsium, seng, dan nutrisi lainnya. Tentu saja, ini akan menciptakan manfaat tahu yang sangat berguna untuk ibu hamil. Berikut deretan khasiatnya!

1. Membantu perkembangan janin

Tahu kaya akan protein nabati yang penting bagi perkembangan janin dalam kandungan. Protein tersebut mendukung pertumbuhan dan pembentukan jaringan tubuh janin serta berperan penting dalam pembentukan organ-organ vital dan sistem kekebalan tubuh. 

Selain itu, tahu mengandung zat besi, kalsium, fosfor, dan vitamin B kompleks yang bermanfaat bagi ibu hamil.

Tidak heran bila konsumsi tahu jadi bagian dari diet seimbang dan dapat memberikan nutrisi yang dibutuhkan untuk pertumbuhan janin yang sehat. 

2. Menjaga kesehatan tulang dan gigi

Tahu mengandung kalsium dan fosfor yang berperan penting dalam menjaga kesehatan tulang dan gigi ibu hamil.

Kalsium diperlukan untuk pembentukan dan pemeliharaan struktur tulang yang kuat, sementara fosfor membantu penyerapan dan penggunaan kalsium oleh tubuh. 

Berkat hal tersebut, ibu hamil bisa memenuhi kebutuhan nutrisi ini untuk mendukung pertumbuhan tulang dan gigi pada janin. Ini juga memainkan peranan penting agar ibu hamil bisa menjalani kehamilan yang baik. 

4 Manfaat Susu Kedelai untuk Promil, Ternyata Kaya Asam Folat!

3. Mencegah anemia

Tahu memiliki manfaat penting dalam mencegah anemia pada ibu hamil. Anemia adalah kondisi ketika tubuh kekurangan sel darah merah yang sehat, dan sering terjadi selama kehamilan. 

Sementara itu, tahu mengandung zat besi, yang merupakan komponen utama dalam produksi sel darah merah. Oleh karena itu, konsumsi tahu bisa memberikan manfaat untuk ibu hamil dengan meningkatkan asupan zat besi sehingga mencegah terjadinya anemia. 

4. Mengurangi risiko cacat tabung bayi

Khasiat lainnya yang bisa diperoleh ibu hamil dari tahu adalah mengurangi risiko spina bifida atau cacat tabung bayi. Penyakit tersebut merupakan kelainan perkembangan pada sistem saraf janin yang dapat memengaruhi fungsi tulang belakang dan otak. 

Di sisi lain, tahu kaya akan asam folat. Kandungan nutrisi ini penting dalam perkembangan sistem saraf janin. Jadi, konsumsi tahu yang wajar bisa menambah asupan asam folat yang dibutuhkan untuk membentuk sel-sel saraf pada janin. Ini mungkin bisa mengurangi risiko cacat tabung pada bayi. 

5. Memelihara kesehatan pencernaan

Tahukah kamu bahwa tahu mengandung serat yang tinggi guna menjaga kesehatan pencernaan? Serat pada tahu bisa membantu mencegah sembeli atau masalah pencernaan lainnya yang umum terjadi selama kehamilan. 

Tidak hanya itu, konsumsi tahu secara teratur bisa menjaga keseimbangan mikrobiota usus yang sehat. Alhasil, ini bisa meningkatkan penyerapan nutrisi dan mengurangi risiko gangguan pencernaan yang dapa terjadi pada ibu hamil. 

5 Manfaat Susu Kurma untuk Ibu Hamil Beserta Resepnya

6. Mengendalikan tekanan darah

Siapa sangka tahu mengandung mineral, yang penting untuk mengatur tekanan darah? 

Tahu kaya akan kalium, mineral yang berperan mengatur tekanan darah dan menjaga keseimbangan cairan dalam tubuh. Jika asupan kalium dari tahu tercukupi, jantung dan pembuluh darah pada ibu hamil kemungkinan besar berfungsi normal. 

Tahu adalah makanan yang kaya nutrisi dan memiliki beragam manfaat untuk ibu hamil. Namun, perhatikan juga bagaimana cara kamu mengolah tahu agar bisa mendapatkan khasiat tersebut secara maksimal. Jangan lupa usahakan berkonsultasi dengan dokter sebelum memasukan tahu dalam menu makanan, ya!


Penulis: Nabila Azmi

Share artikel ini
Reference