penyebab cadel

Apakah kamu pernah mendengar seseorang tidak dapat membuat suara huruf yang sempurna seperti saat mengucapkan R, S, atau Z? Kondisi ini disebut dengan cadel. Cadel umumnya berkembang selama masa kanak-kanak dan akan membaik serta hilang dengan sendirinya.

Namun ada beberapa orang yang tetap mengalami cadel hingga dewasa. Tapi, apa sih sebenarnya penyebab cadel itu? Yuk, ketahui penyebabnya pada ulasan berikut ini. 

Apa penyebab cadel?

lidah terasa kebas

Sebenarnya untuk penyebab pasti mengapa seseorang mengalami cadel belum diketahui, loh. Banyak oang percaya bahwa cadel dapat disebabkan karena penggunaan dot setelah usia tertentu atau dalam waktu yang lama sehingga membuat otot lidah dan bibir menjadi lebih kuat dan membuat seseorang cadel.

Namun, perlu diketahui yah bahwa penggunaan dot bukanlah faktor pasti yang menyebabkan anak cadel. Bahkan, tidak semua anak yang menggunakan dot cadel, kok. 

Apa Saja Aspek Perkembangan Anak Usia Dini?

Ternyata ada sejumlah penyebab lain yang diperkirakan menyebabkan seseorang cadel. Berikut penyebabnya:

  • Tongue-tie: suatu kondisi di mana lidah ditambatkan ke bagian bawah mulut. Ini membatasi pergerakan lidah sehingga lidah tidak dapat membuat bunyi yang sempurna pada huruf tertentu
  • Adanya masalah dengan keselarasan rahang.

Apakah cadel bisa disembuhkan?

kanker mulut

Setelah mengetahui penyebab cadel, apakah kamu juga penasaran dengan seseorang yang cadel itu bisa sembuh gak sih? Ternyata ada upaya yang bisa dilakukan untuk mengatasi cadel pada anak, loh. Ini menggunakan bantuan ahli patologi wicara-bahasa yang merupakan spesialis yang dapat membantu anak-anak dengan kondisi cadel. 

Mereka akan mengevaluasi jenis cadel apa yang dimiliki anak dan kemudian anak untuk mengatasinya. Umumnya, waktu yang dibutuhkan selama menjalani terapi ini memakan waktu hingga beberapa bulan bahkan pada beberapa kasus membutuhkan waktu selama bertahun-tahun. Apalagi, jika usia anak sudah semakin dewasa sehingga membutuhkan waktu yang lebih lama. 

Moms, Ini Cara Melatih Motorik Halus Anak agar Tumbuh Kembang Optimal

Nantinya ahli patologi wicara ini akan membantu orang dengan cadel untuk mengenali bunyi dari huruf yang mereka sulit sebutkan dan membantu agar dapat memposisikan lidah yang tepat untuk mengeluarkan suara atau bunyi yang tepat juga. 

Nantinya, ahli patologi wicara akan memberikan latihan untuk dilakukan seperti mengucapkan kata atau frasa tertentu dengan bunyi di dalamnya. Selain itu, mereka juga akan melibatkan anak atau orang yang mengalami cadel dalam percakapan. Gunanya adalah untuk mengingat penempatan lidah yang benar supaya bunyi atau suara yang keluar juga sesuai.

Jika cadel disebabkan tongue-tie, makan dokter akan merekomendasikan untuk melakukan prosedur sederhana yang disebut dengan frenotomi. Dokter akan memotong jaringan berlebih yang menahan lidah. 

Cara mengatasi cadel orang dewasa

penyebab mulut pahit

Bukan hanya anak, orang dewasa juga dapat mengalami cadel. Tapi bagaimana cara menangani cadel pada orang dewasa? Sama dengan anak, cara mengatasi cadel pada orang dewasa bisa dilakukan dengan mengikuti terapi wicara. 

Cadel pada orang dewasa lebih umum daripada yang dipikirkan banyak orang, loh. Faktanya, cadel sebenarnya adalah beberapa kesalahan bicara yang paling umum. Satu studi menemukan bahwa dalam ukuran sampel dari hampir 750 siswa, hampir seperempat dari orang dewasa muda ini (23,3%) mengalami cadel.

Seorang ahli patologi wicara, juga dikenal sebagai terapis bicara, dapat membantu anak-anak dan orang dewasa dengan masalah cadel. Melalui evaluasi wicara yang mendetail, terapis wicara dapat menentukan jenis cadel yang dimiliki seseorang. Setelah itu, terapis wicara kemudian akan membuat program khusus yang dipersonalisasi untuk membantu penempatan target lidah. Cadel dapat diperbaiki pada usia berapa pun!

Tujuan terapi wicara untuk penderita cadel adalah melatih posisi otot lidah untuk menghasilkan suara /s/ dan /z/ yang jelas.

 Terapis wicara akan mengajari berbagai teknik dan strategi untuk memposisikan lidah. Perawatan juga dapat berfokus pada suara ucapan lain atau tujuan lain, seperti berbicara di depan umum, modifikasi aksen, dan/atau terapi suara, tergantung pada keinginan dan kebutuhan orang tersebut.

Itulah ulasan tentang penyebab cadel dan bagaimana cara mengatasinya. Jika kamu memiliki kondisi yang sama kamu bisa ikut terapi wicara seperti di atas, ya. 

 

Penulis: Intan Dwiyanti

Share artikel ini
Reference