aspek perkembangan anak usia dini

happy little asian girl having fun among blooming sunflowers under the gentle rays the sun. summer holiday,child holding magnifying glass and looking on sunflower for learning,flower education concept

Perkembangan anak usia dini yang sehat di tahun-tahun awal memberikan landasan hidup bagi kehidupan anak di masa depan. Perkembangan artinya perubahan pada sisi kognitif dan emosional. Saat anak berkembang dengan baik, ia akan mampu mengembangkan berbagai kemampuan kognitif dan sosial yang baik pula.

Lantas, apa saja aspek perkembangan anak usia dini? Lalu, apa saja yang mesti orang tua perhatikan selama masa perkembangan anak usia tersebut? Yuk, simak pembahasan berikut ini!

Aspek perkembangan anak usia dini

Tahun-tahun awal adalah waktu yang paling penting untuk mulai membangun fondasi yang kuat bagi anak-anak saat mereka berusaha untuk mencapai tonggak perkembangan mereka. Begitu bayi lahir, setiap hari akan membawa perubahan yang luar biasa saat ia tumbuh secara fisik dan mental.

Anak-anak tumbuh dan berkembang begitu cepat dalam lima tahun pertama kehidupan mereka sehingga penting untuk melacak di mana mereka berada dalam perkembangan. Tonggak atau keterampilan ini dibangun di seluruh bidang utama perkembangan anak yaitu:

  1. Perkembangan kognitif
  2. Adanya perkembangan sosial dan emosional
  3. Perkembangan bicara dan bahasa
  4. Pengembangan keterampilan motorik halus
  5. Pengembangan keterampilan motorik kasar

Hal-hal yang mesti diperhatikan pada perkembangan otak anak

Perkembangan arsitektur otak anak usia dini

Pada dasarnya, arsitektur dasar otak dibangun melalui proses yang dimulai sejak awal kehidupan dan berlanjut hingga dewasa. Sirkuit yang lebih sederhana didahulukan dan sirkuit otak yang lebih kompleks dibangun kemudian. Gen menyediakan cetak biru dasar, tetapi pengalaman mempengaruhi bagaimana gen diekspresikan.

Bersama-sama, mereka membentuk kualitas arsitektur otak dan membangun fondasi yang kokoh atau rapuh untuk semua pembelajaran, kesehatan, dan perilaku yang mengikutinya. Plastisitas atau kemampuan otak untuk mengatur ulang dan beradaptasi, paling besar terjadi pada tahun-tahun pertama kehidupan dan menurun seiring bertambahnya usia.

Mengembalikan bentuk interaksi sirkuit otak

Salah satu pengalaman paling penting dalam membentuk arsitektur otak yang sedang berkembang adalah interaksi “memberi dan membalas ” antara anak-anak dan orang dewasa yang berarti dalam kehidupan mereka.

Anak-anak secara alami menjangkau interaksi melalui ocehan, ekspresi wajah, dan gerak tubuh, dan orang dewasa merespons dengan jenis vokalisasi dan isyarat yang sama kepada mereka. Proses bolak-balik ini sangat mendasar bagi otak, terutama di tahun-tahun awal.

Stres mengancam perkembangan anak

Belajar bagaimana mengatasi kesulitan adalah bagian penting dari perkembangan yang sehat. Sementara respons stres yang moderat dan berumur pendek dalam tubuh dapat mendorong pertumbuhan, stres toksik adalah aktivasi sistem manajemen stres tubuh yang kuat dan tidak dapat dihentikan tanpa adanya dukungan orang dewasa.

Tanpa orang dewasa yang peduli untuk menyangga anak-anak, stres tak henti-hentinya yang disebabkan oleh kemiskinan, pengabaian, pelecehan, atau depresi ibu yang parah dapat melemahkan arsitektur otak yang sedang berkembang, dengan konsekuensi jangka panjang untuk pembelajaran, perilaku, dan kesehatan fisik dan mental.

Faktor pendukung perkembangan anak usia dini

Sebuah laporan ilmiah berjudul From Best Practices to Breakthrough Impacts, Center on the Developing Child memberikan catatan langsung tentang beberapa aspek perkembangan anak usia dini.

1. Bayi dan anak kecil terpengaruh secara negatif ketika ada tekanan yang mengancam keluarga.

Perkembangan adalah proses yang sangat interaktif, dan hasil kehidupan tidak hanya ditentukan oleh gen. Lingkungan di mana seseorang berkembang sebelum dan segera setelah lahir memberikan pengalaman yang kuat yang secara kimiawi memodifikasi gen tertentu dengan cara yang kemudian menentukan seberapa banyak dan kapan gen tersebut diekspresikan.

Jadi, bila faktor genetik memberikan pengaruh kuat pada perkembangan manusia, faktor lingkungan memiliki kemampuan untuk mengubah warisan keluarga. Misalnya, anak-anak dilahirkan dengan kapasitas untuk belajar memusatkan perhatian, tetapi pengalaman mereka sejak tahun pertama kehidupan meletakkan dasar untuk lebih mengekspresikan diri dengan bebas. Maka pengekspresian diri akan lebih dominan pada perkembangannya.

2. Perkembangan adalah proses yang sangat interaktif

Keterikatan pada orang tua mereka adalah yang utama, namun anak-anak kecil juga dapat memperoleh manfaat yang signifikan dari hubungan dengan orang lain di luar keluarga. Hubungan dekat dengan orang dewasa lain nyatanya tidak mengganggu kekuatan hubungan utama anak kecil dengan orang tuanya.

Namun perlu diperhatikan pergantian lingkungan yang terlalu cepat serta interaksi berkualitas buruk antara orang tua dan anak dapat merusak kemampuan mereka untuk menetapkan harapan yang aman tentang apakah dan bagaimana kebutuhan mereka akan dipenuhi.

3. Kesempatan untuk perkembangannya tidak tertutup pada ulang tahun ketiga seorang anak.

Jika dibandingkan dengan anak-anak yang telah menjadi korban penganiayaan fisik, anak-anak kecil yang mengalami periode pengabaian yang berkepanjangan menunjukkan gangguan kognitif yang lebih serius, masalah perhatian, defisit bahasa, kesulitan akademik, perilaku menarik diri, dan masalah dengan interaksi teman sebaya seiring bertambahnya usia.

Ini menunjukkan bahwa gangguan berkelanjutan dari interaksi dalam hubungan awal mungkin lebih merusak arsitektur otak yang sedang berkembang daripada trauma fisik, namun seringkali kurang mendapat perhatian.

4. Anak-anak yang mengalami kekerasan tidak selalu tumbuh menjadi orang dewasa yang kejam.

Tidak ada keraguan bahwa anak-anak dalam bahaya harus segera dijauhkan dari situasi berbahaya. Hanya dengan mengeluarkan seorang anak dari lingkungan yang berbahaya tidak akan secara otomatis membalikkan dampak negatif dari pengalaman itu.

Demikian pula, anak-anak yang mengalami penelantaran parah harus diberikan pengasuhan yang responsif sesegera mungkin. Meskipun demikian, anak-anak yang mengalami trauma perlu berada di lingkungan yang memulihkan rasa aman, kontrol, dan prediktabilitas mereka, dan mereka biasanya memerlukan perawatan terapeutik dan suportif untuk memfasilitasi pemulihan mereka.

Tips mengetahui perkembangan anak usia dini

Umumnya, pergi ke sekolah adalah pertama kalinya seorang anak keluar dari zona nyaman rumah dan dari bayang-bayang orang tuanya. Memungkinkan transisi ini dengan lancar adalah tanda utama dan penentu dari aspek perkembangan anak.

Namun bukan berarti orang tua berhenti berperan dalam pembelajaran. Mereka tetap menjadi fasilitator aktif dan terus membimbing tindakan anak mereka. Orang tua perlu:

  • Memiliki keterlibatan teratur dengan para guru.
  • Bimbing anak untuk terlibat dengan siswa lain dan berteman.
  • Pastikan bahwa anak terlibat dalam kegiatan ekstrakurikuler sebanyak mungkin.
Share artikel ini
Reference