Hamil pada trimester pertama (1) menjadi momen yang penting. Pasalnya, tubuh ibu hamil akan mengalami banyak perubahan, termasuk pertumbuhan janin yang cepat. Di sisi lain, banyak ibu hamil yang ingin mencoba puasa saat trimester 1. 

Faktanya, keputusan tersebut harus dipikirkan matang-matang mengingat fase tersebut adalah momen ketika janin berkembang cepat. Lantas, bolehkah puasa saat hamil trimester pertama? Simak jawaban dan tipsnya di sini, yuk!

Apakah boleh puasa saat hamil trimester 1?

Tips puasa untuk ibu hamil

Jawabannya adalah boleh. Ibu hamil diizinkan untuk berpuasa saat trimester 1, asalkan telah mendapatkan izin dari dokter. Meski begitu, ibu hamil yang berpuasa bisa memengaruhi kondisi tubuh ibu dan janin. 

Ini karena adanya perubahan hormon yang signifikan pada awal kehamilan. Perubahan tersebut biasanya memicu mual dan muntah.

Akibatnya, kamu mengalami dehidrasi yang bisa memengaruhi kesehatan janin hingga membahayakan kelangsungan kehamilan. 

Risiko puasa saat hamil trimester pertama

pusing saat hamil

Sementara itu, kehamilan trimester pertama merupakan fase yang rawan. Pasalnya, ibu hamil perlu beradaptasi dengan perubahan yang terjadi pada tubuhnya.

Selain itu, ibu dan janin harus mendapatkan asupan gizi yang cukup untuk mendapatkan pertumbuhan dan perkembangan janin

Jika ibu hamil tidak mengonsumsi kalori yang cukup, tubuh akan memecah lemak. Kondisi ini bisa meningkatkan ketonuria dan ketonemia, yaitu keton dalam urin dan darah.

Ini juga berpengaruh besar terhadap perkembangan struktur tulang janin yang sehat karena ibu hamil tidak cukup mengonsumsi kalsium. 

Selain itu, puasa saat hamil trimester 1 bisa meningkatkan risiko kelahiran bayi dengan berat badan rendah dan meningkatkan risiko keguguran. Maka dari itu, ibu hamil tidak wajib berpuasa di bulan Ramadan karena beberapa hal tadi.

Tips Puasa Untuk Ibu Hamil dan Larangannya Saat Berpuasa, Yuk Catat!

Tips puasa saat hamil trimester 1

Ibu hamil tidak wajib berpuasa. Namun, ada beberapa dari kamu yang mungkin ingin ikut menjalankan ibadah puasa di bulan Ramadan dan merasa bisa melakukannya.

Tentu saja, hal tersebut bisa dilakukan ketika ada izin dari dokter. Jika memang ingin mencoba berpuasa saat hamil trimester pertama, coba beberapa tips di bawah ini!

1. Berkonsultasi dengan dokter terlebih dulu

tips puasa untuk ibu hamil trimester 1

Bagi kamu yang sudah paham apa saja risiko dari puasa saat hamil trimester 1 dan tetap ingin menjalankannya bisa berkonsultasi dengan dokter kandungan terlebih dulu.

Dengan begitu, kamu bisa mengetahui apakah kondisi kesehatan saat ini memungkinkan untuk bepruasa. 

Dokter juga akan mengevaluasi kesehatan ibu hamil, riwayat kesehatan, dan memeriksa kondisi janin untuk menentukan apakah boleh berpuasa atau tidak.

Pada beberapa kasus, dokter mungkin merekomendasikan ibu hamil untuk tidak berpuasa. Jadi, jangan berkecil hati jika tidak dibolehkan untuk menjalani ibadah puasa demi kesehatan kamu dan calon buah hati, ya!

2. Memilih makanan yang tepat

Memilih makanan yang tepat sangat penting ketika ingin puasa saat hamil trimester satu. Pasalnya, tubuh membutuhkan nutrisi yang tepat dan cukup untuk mendukung pertumbuhan janin dan kesehatan ibu hamil. 

Jika ibu hamil berpuasa, tubuhnya mungkin tidak mendapatkan asupan nutrisi yang dibutuhkan, termasuk untuk janin. Ini bisa meningkatkan risiko dehidrasi, kekurangan gizi, dan komplikasi kehamilan. 

Sementara itu, ibu hamil wajib memilih makanan yang mengandung nutrisi penting. Contohnya, protein, karbohidrat, lemak, serat, vitamin, dan mineral. Protein diperlukan untuk membantu pertumbuhan janin dan memperbaiki jaringan ibu hamil. 

Di sisi lain, karbohidrat adalah sumber energi utama tubuh dan ibu hamil memerlukan lemak sehat untuk membantu tubuh menyerap vitamin dan mineral.

Usahakan untuk menghindari makanan olahan dan makanan cepat saji yang mengandung banyak lemak jenuh, garam, dan gula. Pilih makanan segar, seperti buah, sayur, ikan, daging tanpa lemak hingga biji-bijian. 

Panduan Pola Makan Ibu Hamil saat Puasa

3. Tidak melewatkan sahur

Sahur adalah salah satu waktu atau momen di bulan puasa ketika kamu mendapatkan asupan nutrisi untuk menjalani hari. Hal ini juga termasuk untuk para ibu hamil. 

Melewatkan sahur hanya akan memicu risiko kadar gula rendah dan bisa menyebabkan kelelahan, pusing, hingga pingsan.

Ini tentu berbahaya bagi kesehatan ibu hamil dan janin. Maka dari itu, ibu hamil yang ingin berpuasa ketika trimester pertama wajib makan saat sahur. 

4. Mengurangi aktivitas fisik yang berat

ibu hamil tua

Seperti yang kamu tahu, puasa saat hamil bisa memicu rasa lelah, dehidrasi, dan ketidakseimbangan elektrolit. Kondisi tersebut bisa berpengaruh besar terhadap kesehatan ibu dan janin. 

Di sisi lain, tubuh ibu hamil bekerja ekstra keras untuk menyediakan nutrisi dan oksigen yang dibutuhkan untuk pertumbuhan dan perkembangan janin. Alhasil, tubuh membutuhkan lebih banyak istirahat dan makanan yang cukup.

Jika ibu hamil melakukan aktivitas fisik yang berat saat berpuasa, tubuhnya akan membutuhkan lebih banyak energi untuk melakukan aktivitas tersebut.

Hal ini bisa memperparah kondisi kelelahan, dehidrasi, dan ketidakseimbangan elektrolit yang mungkin terjadi selama berpuasa.

Selain itu, aktivitas fisik yang berat selama kehamilan dapat meningkatkan risiko terjadinya cedera atau masalah kesehatan lainnya, seperti hipertensi dan preeklamsia.

Oleh karena itu, ibu hamil trimester pertama yang ingin berpuasa sebaiknya mengurangi aktivitas fisik yang berat dan memberi tubuh mereka istirahat yang cukup.

Gak ada cara menambah berat badan saat puasa? Siapa bilang?

5. Minum air yang cukup

Minum air yang cukup penting untuk ibu hamil yang ingin puasa saat trimester 1. Ini karena kebutuhan air tubuh meningkat selama kehamilan, sedangkan puasa bisa menyebabkan dehidrasi ketika tidak diimbangi asupan air yang cukup. 

Dehidrasi selama kehamilan dapat mempengaruhi kesehatan ibu hamil dan janin. Contohnya, kontraksi dini atau menyebabkan air ketuban ikut mengering.

Maka dari itu, ibu hamil perlu memastikan diri untuk minum air yang cukup selama bulan puasa agar tubuh tetap terhidrasi dengan baik dan kesehatan ibu dan janin terjaga.

6. Tidak ragu untuk membatalkan puasa jika tidak sanggup

pola makan ibu hamil saat puasa

Berpuasa pada trimester pertama kehamilan memang bukanlah hal yang mudah. Oleh karena itu, ibu hamil disarankan untuk bersabar dan tidak terlalu keras pada diri sendiri.

Jika merasa tidak mampu untuk berpuasa, tidak perlu dipaksakan. Kesehatan ibu dan janin harus diutamakan.

Itu tadi jawaban dari pertanyaan seputar puasa saat hamil trimester 1 beserta beberapa tips jika memang ingin tetap berpuasa. Semoga deretan tips di atas bisa membantu kamu mempertimbangkan kembali untuk berpuasa atau tidak, ya!


Penulis: Nabila Azmi

Share artikel ini
Reference