penyebab varises setelah melahirkan

Ada beberapa hal yang menjadi penyebab varises setelah melahirkan. Di antaranya yakni gen dan kerusakan peredaran darah parah selama kehamilan. Kamu bisa melakukan beberapa langkah sederhana untuk mengurangi ketidaknyamanan varises seperti mengangkat tumit dan bersepeda.

Untuk mengetahui lebih detail cara mengurangi ketidaknyamanan dan cara mengobatinya, ada baiknya kamu membaca penyebab varises setelah melahirkan berikut ini terlebih dahulu. Dengan begitu, pilihan pengobatan kamu akan lebih tepat.

3 Penyebab varises setelah melahirkan

Daftar penyebab varises
Gambar dan kondisi varises setelah melahirkan

Varises adalah kondisi di mana peredaran darah membengkak dan menghambat darah. Kondisi ini disebabkan oleh fungsi katup pembuluh darah yang tidak tepat, yang menyebabkan penggumpalan darah dan kemudian pembuluh darah membesar.

Pembuluh darah yang membesar tampak seperti akar yang tidak teratur, berwarna ungu, dan terkadang menimbulkan benjolan di permukaan kulit.

Kemunculan varises saat hamil biasanya disebabkan oleh peningkatan volume darah dan tekanan perut yang lebih besar. Saat janin tumbuh, hal itu memberi tekanan pada pembuluh darah yang membawa darah dari tungkai dan kaki ke jantung terutama saat kamu berbaring telentang.

Vena Varikosa: Gejala, Penyebab, dan Cara Mengatasinya

Penyebab lain yang dapat memperburuknya adalah lonjakan hormon kehamilan. Ini karena peningkatan kadar progesteron dapat menyebabkan pembuluh darah membesar, membuat katup di dalamnya lebih rentan terhadap kerusakan.

Jadi, jika kamu melahirkan dan menemukan varise, ada kemungkinan itu adalah efek dari perubahan normal tubuh. Dalam beberapa kasus, mungkin ada perbaikan kondisi setelah melahirkan selama beberapa bulan hingga satu tahun dan hilang. 

Namun, meski kondisinya membaik, kerusakan yang mungkin dialami pembuluh darah tetap tidak dapat diubah. Berikut penyebab varises pada wanita pasca hamil:

1. Jumlah Kehamilan

Ada kemungkinan mengembangkan varises meningkat dengan jumlah kehamilan. Ini berarti jika kamu menderita kondisi ini pada kehamilan pertama, kemungkinan besar kamu juga akan menderita pada kehamilan berikutnya.

2. Gen

Jika kamu memiliki riwayat keluarga dengan varises maka kamu mungkin juga menderita varises.

3. Kerusakan ekstra pada pembuluh darah

Jika pembuluh darah terlalu banyak rusak selama kehamilan, kerusakan ini mungkin tidak dapat diperbaiki, dan kamu mungkin menderita kondisi ini pasca kehamilan.

Kamu dapat mengenali gejala varises dari tanda-tanda berikut:

  • Anda mungkin mengalami rasa sakit di kaki.
  • Mungkin ada pembengkakan di kaki setelah berdiri terlalu lama.
  • Kaki mungkin terasa berat, sakit, atau lunak.
  • Kamu mungkin melihat pembuluh darah biru di tungkai dan kaki.
  • Ada sensasi terbakar di kaki.
  • Memiliki bisul kulit di sekitar pergelangan kaki.
  • Mengalami gatal pada pembuluh darah ini.

Olahraga mencegah varises

pola hidup sehat

Beberapa orang mempercayai mitos bahwa olahraga itu berbahaya dan dapat memperburuk penyakit varises. Faktanya, latihan fisik menghasilkan banyak manfaat kesehatan termasuk menghilangkan gejala varises. 

Banyak pasien yang menderita varises menanyakan latihan apa yang terbaik untuk membantu meringankan gejala mereka. Mudah-mudahan, latihan yang diberikan di bawah ini akan membantu meringankan gejala tidak nyaman yang mungkin kamu alami.

1. Berjalan

Berjalan adalah jenis olahraga yang sangat bagus dan sejauh ini merupakan olahraga paling optimal untuk varises. Ini adalah cara yang sangat mudah untuk melancarkan peredaran darah di kaki dan dapat dilakukan di mana saja. 

Sangat dianjurkan untuk berjalan kaki singkat setiap jam – ini adalah cara paling bermanfaat untuk mengoptimalkan kesehatan pembuluh darah. Kamu bisa melakukannya selama lima hingga sepuluh menit.

2. Mengangkat tumit

Jika melakukan pekerjaan di meja, menaikkan tumit adalah latihan yang sempurna. Mengangkat tumit selama sekitar satu menit dalam sehari bermanfaat untuk kesehatan pembuluh darahmu. Ini membantu menjaga agar darah tidak menggenang di kaki saat kamu duduk untuk waktu yang lama.

3. Lari

Berlari adalah latihan yang luar biasa untuk meningkatkan kesehatan pembuluh darah! Ini memastikan darah beredar di kaki dan meningkatkan detak jantungmu.

4. Bersepeda

Bersepeda adalah alternatif yang bagus untuk berlari karena membuat darah tetap mengalir tanpa membebani persendian. Bersepeda juga membantu memperkuat kaki yang memberi dukungan tambahan pada pembuluh darah.

5. Yoga

Yoga dan peregangan sangat bermanfaat untuk varises. Salah satu manfaat yoga membantu meningkatkan sirkulasi darah dan dapat membantu keseimbangan! 

Latihan-latihan ini bagus untuk membantu meminimalkan gejala varises, membantu dalam mengelola penyakit, atau membantu mencegah perkembangan varises. 

Penting untuk disadari bahwa meskipun latihan ini dapat membantu penyakit varises, ini bukanlah metode pengobatan. Satu-satunya cara untuk menghilangkan varises untuk selamanya adalah melalui perawatan!

11 Gerakan Yoga Asanas Untuk Kesehatan Fisik dan Mental

Pengobatan alami varises

Varises dapat menyebabkan ketidaknyamanan dan rasa sakit, dan karenanya penting untuk mengobatinya. Jika kamu ingin mengobati varises setelah kehamilan, cobalah lakukan cara-cara berikut:

1. Cobalah skleroterapi

Ini adalah cara yang efektif untuk mengurangi gejala varises. Prosedurnya melibatkan penggunaan larutan, yang disuntikkan ke pembuluh darah yang terkena untuk mengurangi rasa tidak nyaman. Namun, mungkin diperlukan waktu untuk perawatan ini untuk menunjukkan hasil yang efektif.

3. Pakai selang penyangga

Ini adalah cara yang bagus untuk mengobati kondisi ini, karena stocking yang ketat dapat membantu meningkatkan sirkulasi darah. dan mengurangi rasa sakit dan ketidaknyamanan.

3. Menggunakan obat rumahan

Madu adalah obat yang bagus untuk menghilangkan rasa sakit dan bengkak. Kamu bisa mengoleskan madu tipis-tipis, kemudian menutupinya dengan plastik selama beberapa waktu dan mencucinya.

Kamu dapat mencoba beberapa tips diet setelah melahirkan. Misalnya, konsumsi vitamin dan mineral dosis tinggi dengan meminum jus wortel, bit, atau bayam. Semua jus ini dapat membantu menghilangkan pembengkakan dan cairan ekstra.

Oleskan campuran minyak zaitun dan lilin lebah ke area varises, dua kali sehari untuk meredakannya.

Share artikel ini
Reference