kalori tahu gejrot

Tahu gejrot adalah salah satu makanan khas Indonesia yang terbuat dari tahu yang dipotong-potong dan dicelupkan ke dalam kuah gurih yang pedas. Tahu gejrot memiliki rasa yang enak dan banyak dicari oleh pecinta makanan pedas.

Namun, bagaimana dengan kalori tahu gejrot? Kalori makanan yang satu ini tergantung pada bahan-bahan yang digunakan dalam pembuatannya. Supaya lebih jelas yuk simak penjelasannya berikut ini! 

Kalori tahu gejrot

kalori tahu gejrot

Kalori dalam tahu gejrot bisa berbeda-beda. Secara umum, tahu gejrot memiliki kalori sekitar 200-300 kalori per porsi.

Bahan-bahan yang membuat tahu gejrot berkalori tinggi adalah kuah tahu gejrot yang dibuat dari krim atau minyak. Bahan-bahan ini memiliki kandungan lemak yang tinggi.

Jadi, jika kamu sedang menjalani diet dan ingin membatasi asupan kalori, kamu sebaiknya memilih tahu gejrot yang dibuat dengan kuah yang rendah lemak atau mengonsumsinya dalam porsi yang sedikit. 

Singkatnya, tahu gejrot bisa menjadi pilihan makan yang enak, tetapi kamu perlu memperhatikan kandungan kalorinya. Pilihlah tahu gejrot yang dibuat dari bahan-bahan yang sehat dan rendah kalori, dan jangan lupa untuk membatasi porsi makanmu.

Nah, setelah tahu berapa kalori tahu gejrot, sekarang saatnya kamju tahu resep membuat  makanan yang satu ini dengan mudah, serta apa saja khasiat tahu gejrot untuk kesehatan. 

Kalori Tahu Kukus Rendah, Cocok untuk Menu Diet Kamu!

Resep membuat tahu gejrot di rumah

Berikut adalah resep membuat tahu gejrot yang simpel dan bisa kamu coba sendiri di rumah.

Bahan-bahan yang dibutuhkan:

  • 1 buah tahu putih
  • 2 batang daun bawang
  • 1 buah tomat
  • 1 buah cabai merah
  • 1 buah cabai rawit
  • 3 siung bawang putih
  • 2 sendok makan air asam jawa
  • 2 sendok makan air kecap manis
  • 1 sendok makan gula merah
  • 1 sendok teh garam
  • 1 sendok teh gula pasir
  • 200 ml air

Langkah-langkah pembuatan:

  1. Potong-potong tahu menjadi bentuk segitiga atau bulat.
  2. Haluskan bawang putih, cabai merah, cabai rawit, dan tomat.
  3. Tumis bahan halus hingga harum dan matang.
  4. Tambahkan air, gula merah, gula pasir, garam, air asam jawa, dan kecap manis. Aduk semua bahan hingga merata.
  5. Masukkan tahu ke dalam kuah. Masak hingga tahu empuk dan kuah meresap ke dalam tahu.
  6. Sajikan tahu gejrot dalam mangkuk. Taburi daun bawang yang sudah dipotong-potong.

Gampang kan? Dengan resep ini, kamu bisa membuat tahu gejrot yang lezat dan enak di rumah. Kamu juga bisa menyesuaikan jumlah kalori tahu gejrot atau porsi bahan sesuai selera, ya!

Adakah khasiat mengonsumsi tahu gejrot?

Apa saja sih khasiat mengonsumsi tahu gejrot? Yuk, kita cari tahu sama-sama!

1. Mencegah stroke

Khasiat tahu gejrot yang pertama adalah membantu kamu mencegah penyakit stroke. Stroke sendiri merupakan penyakit yang ditandai dengan kerusakan sebagian otak.

Untuk menghindarinya, kamu bisa mengonsumsi tahu gejrot, tentunya dalam porsi yang wajar. Kandungannya telah terbukti dapat mencegah penyakit stroke. Oleh karena itu, makanan ini sangat baik untuk penderita stroke. 

2. Membantu mengurangi gejala asam urat

Asam urat ditandai dengan nyeri, sensasi terbakar pada persendian, dan pembengkakan. Mengonsumsi kalori tahu gejrot secara rutin dapat membantu menurunkan kadar asam urat dalam tubuh. Jika kamu menderita asam urat, mulailah mengonsumsi makanan ini.

6 Makanan untuk Penderita Asam Urat, Jauhi Juga Pantangannya!

3. Meningkatkan sirkulasi darah

Tubuh membutuhkan sirkulasi darah yang lancar. Untuk sirkulasi peredaran darah, kamu bisa mengonsumsi tahu  gejrot secara rutin, tapi dalam porsi yang wajar. Kandungan zat besi dalam makanan ini berperan penting dalam memperlancar peredaran darah.

4. Pencegahan anemia

Anemia atau kurang darah bisa disebabkan oleh kurangnya nutrisi pada makanan yang kamu konsumsi. Untuk menghindarinya, kamu bisa mengkonsumsi tahu gejrot. Kandungan nutrisinya membantu dalam produksi sel darah merah, yang dapat menghindarkan kamu dari risiko anemia.

Nah, itu dia beberapa informasi yang wajib kamu tahu tentang kalori tahu gejrot, resep pembuatannya, serta khasiat yang dihasilkan. Tertarik mencicipi makanan yang satu ini?

Share artikel ini
Reference