Kalori Jambu Kristal

Apakah kamu suka mengonsumsi jambu kristal? Banyak orang sering mengonsumsinya tanpa diolah ataupun diolah dalam bentuk minuman, seperti jus. Selain itu, buah ini sangat cocok diolah menjadi smoothie atau salad.

Jika kamu suka mengonsumsi buah ini, kamu tentu ingin tahu jumlah kalorinya. Apakah kalori dalam buah jambu kristal dapat mengganggu program diet yang sedang kamu jalani? Nah, supaya kamu lebih mengenal jambu kristal, kandungan, dan manfaatnya, yuk simak artikel berikut ini!

Apa itu jambu kristal?

Jambu kristal adalah buah tropis yang kemungkinan besar berasal dari Meksiko Selatan atau Amerika Tengah. Tetapi, sekarang jambu kristal sudah banyak dijumpai di seluruh dunia, termasuk di Indonesia. Buah yang manis ini mengandung serat dan nutrisi lainnya. Selain itu, buah ini sangat baik dikonsumsi saat kamu sedang diet.

Pada umumnya, jambu kristal memiliki kulit berwarna hijau muda atau kuning, dengan dagingnya yang berwarna putih, merah mudah, atau merah. Biasanya, buah ini berbentuk bulat, atau memiliki bentuk seperti buah pir.

Beberapa orang senang mengonsumsi jambu kristal dengan bumbu, seperti kecap, garam, ataupun cuka. Karena buah ini enak dan segar, buah ini juga cocok ditambahkan ke salad. Jambu kristal juga bisa diolah menjadi smoothie, minuman, atau dijadikan topping untuk oatmeal.

Kandungan dalam jambu kristal

Buah jambu kristal merupakan buah yang bergizi dan menyehatkan karena kaya akan beberapa nutrisi penting. Nutrisi yang terdapat dalam jambu kristal, antara lain:

  • Kalori
  • Lemak
  • Natrium
  • Karbohidrat
  • Serat
  • Gula
  • Protein
  • Vitamin C
  • Folat
  • Beta karoten
  • Potassium
  • Vitamin A
  • Kalium

Kalori jambu kristal

Dilansir dari Health Line, satu buah jambu kristal mengandung sekitar 37 kalori saja. Sehingga, cocok untuk dikonsumsi saat diet. Jambu kristal juga mengandung karbohidrat. Sebagian besar karbohidratnya berasal dari gula alami.

Selain itu, jambu kristal juga sarat akan serat. Dalam jambu kristal, tidak ditemukan adanya pati dan hanya ada sedikit lemak. Di samping itu, jambu kristal mengandung banyak protein, vitamin, dan mineral. Menariknya lagi, jambu kristal merupakan sumber vitamin C, folat, beta karoten, dan potassium.

Manfaat jambu kristal

Mengonsumsi buah seperti jambu kristal dapat mendatangkan berbagai manfaat, yaitu:

1. Melindungi dan memperbaiki sel

Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, jambu kristal mengandung vitamin C. Vitamin ini dapat bertindak sebagai antioksidan dalam tubuh. Antioksidan bisa melindungi sel-sel tubuh dari kerusakan oksidatif yang disebabkan oleh radikal bebas. Jika sel-sel di tubuh mengalami kerusakan, maka dapat menyebabkan peradangan dan penyakit.

2. Menjaga kesehatan kulit

Kulit memerlukan protein berupa kolagen. Vitamin C dalam jambu kristal dapat membantu pembentukan kolagen pada kulit. Vitamin C juga bisa berperan sebagai anti aging dan melindungi kulit dari kerusakan akibat sinar ultraviolet, misalnya seperti hiperpigmentasi.

3. Mengendalikan berat badan

Jambu kristal mengandung vitamin dan mineral yang penting untuk kesehatan. Kandungan kalori pada buah ini relatif sedikit. Buah ini juga mengandung serat yang dapat meningkatkan rasa kenyang.

Dilansir dari Very Well Fit, telah dilakukan sebuah penelitian tentang manfaat dari jambu kristal. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 14 wanita dan 31 pria mengalami penurunan indeks massa tubuh (BMI) setelah mengonsumsi jambu kristal dengan atau tanpa kulitnya.

4. Menjaga kesehatan jantung

Makan lebih banyak buah dan sayuran terbukti signifikan dalam memberikan manfaat kesehatan pada jantung. Para ilmuwan telah melakukan evaluasi terhadap hubungan antara asupan buah dan sayuran dengan peningkatan kesehatan jantung. Mereka menemukan bukti bahwa asupan buah dan sayuran sebanyak 200 hingga 800 gram per hari bisa mengurangi risiko penyakit jantung.

5. Mengobati diabetes tipe 2

Jambu kristal dapat mengobati diabetes tipe 2. Jambu kristal dapat membantu pencegahan lonjakan gula darah. Sebuah penelitian yang dilakukan tahun 2010 menyatakan bahwa teh yang terbuat dari jambu kristal efektif dalam menurunkan kadar gula darah.

6. Mengatasi kram menstruasi

Mengonsumsi suplemen yang terbuat dari ekstrak daun jambu kristal bisa mengurangi kram atau nyeri saat said. Hasil penelitian yang dilakukan tahun 2007 menunjukkan bahwa mengonsumsi suplemen dari ekstrak daun jambu kristal dapat meredakan nyeri haid.

7. Mencegah flu

Mengonsumsi teh yang terbuat dari jambu kristal ternyata bisa mencegah penyakit flu. Para peneliti menemukan bahwa teh ini bisa menghambat pertumbuhan virus penyebab flu. Efek antivirus ini diperoleh dari kandungan flavonoid pada daun jambu kristal.

8. Menjaga kesehatan sistem pencernaan

Jambu kristal merupakan sumber serat yang sangat baik. Oleh karena itu, mengonsumsi jambu kristal dapat menjaga kesehatan usus dan mencegah terjadinya sembelit. Selain itu, ekstrak daun jambu kristal juga bermanfaat untuk menetralkan mikroba penyebab diare.

9. Meningkatkan sistem kekebalan

Rendahnya kadar vitamin C pada tubuh dapat meningkatkan risiko infeksi dan penyakit. Untuk mendapatkan nutrisi ini, kamu bisa mengonsumsi buah jambu kristal. Buah ini merupakan salah satu sumber makanan yang kaya akan vitamin C. Vitamin C memiliki peran penting untuk menjaga sistem kekebalan tubuh.

Jambu kristal dapat dijadikan obat tradisional untuk mengatasi penyakit. Penelitian awal telah menunjukkan bahwa senyawa dalam ekstrak daun jambu kristal mungkin memberikan efek positif pada berbagai penyakit, termasuk kram menstruasi, flu, dan diabetes tipe 2. Namun, para ilmuwan masih perlu melakukan penelitian lebih lanjut untuk mengonfirmasi temuan ini.

Jambu kristal untuk diet

Jambu kristal dapat membantu menurunkan berat badan. Karena mengandung sedikit kalori dan dapat memenuhi 12% dari asupan serat harian, jambu kristal merupakan camilan rendah kalori yang mengenyangkan.

Tidak seperti beberapa camilan rendah kalori lainnya, buah ini kaya akan vitamin dan mineral. Sehingga, tubuh kamu tidak akan kehilangan nutrisi yang penting. Mengonsumsi buah ini dapat membantu kamu merasa kenyang sehingga bermanfaat untuk menurunkan berat badan.

Jambu kristal memiliki rasa yang lezat dan kaya akan nutrisi penting. Buah tropis ini pun rendah kalori, sarat akan serat, dan sangat baik dikonsumsi saat menjalani diet yang sehat. Banyak penelitian juga mendukung manfaat dari ekstrak daun jambu kristal sebagai suplemen makanan. Jadi, karena buah ini kaya akan manfaat, jangan ragu untuk mengonsumsinya, ya.

Share artikel ini
Reference