bahaya merkuri untuk wajah
Kesehatan Umum

Bahaya Merkuri dalam Produk Kecantikan Wajah: Catat Di Sini!

dr. Wisniaty Condro | Maret 16, 2022
Share

Bisa memutihkan dan mencerahkan kulit dalam waktu singkat, merkuri adalah salah satu bahan yang banyak digunakan dalam produk kecantikan. Sayangnya, semakin banyak merkuri yang terdapat dalam kosmetik maka semakin tinggi pula bahayanya untuk wajah.

Belum lagi, terus menerus menggunakan produk kecantikan berbahan merkuri bisa memengaruhi kesehatan dan fungsi organ tubuh lainnya. Penasaran apa saja bahaya merkuri untuk wajah lainnya? Yuk, langsung simak penjelasan lengkapnya di bawah ini ya.

Apa itu merkuri?

Merkuri adalah bahan kimia alami yang dapat menyebabkan masalah kesehatan serius bahkan jika digunakan dalam jumlah kecil sekalipun. Merkuri adalah unsur yang bersifat atau memiliki efek toksik pada sistem saraf, pencernaan, kekebalan tubuh, dan organ tubuh lainnya.

Sayangnya, meskipun merkuri membawa sejumlah bahaya bagi tubuh dan tidak disetujui untuk diproduksi bersama dalam obat dan kosmetik, merkuri masih banyak dipromosikan dalam produk kecantikan. Jadi, berhati-hatilah ketika hendak membeli beragam produk kecantikan termasuk kosmetik dan obat.

Tapi, kandungan apa yang terdapat dalam merkuri?

Kandungan dalam merkuri

Merkuri bisa hadir dalam berbagai bentuk atau unsur seperti logam, anorganik, dan organik. Jadi, setiap orang bisa terpapar merkuri dalam bentuk apapun termasuk dari kosmetik, produk kecantikan, atau bahkan dari ikan dan kerang yang terkontaminasi oleh merkuri sekalipun.

Merkuri (Hg) atau sering disebut sebagai air raksa, mungkin tidak secara terang-terangan di tuliskan dalam komposisi suatu produk kecantikan. Artinya, kamu mungkin akan menemukan produk perawatan kulit yang mengandung calomel, mercurous chloride, atau mercurio yang sebenarnya sama saja dengan merkuri.

Oleh karena itu, pastikan kamu selalu memeriksa bahan dari setiap produk yang akan kamu gunakan sebab merkuri bisa berbahaya bagi wajah.

Bahaya merkuri untuk wajah

Merkuri yang terdapat dalam produk kecantikan adalah merkuri anorganik. Nah, merkuri anorganik yang dinilai bisa mencerahkan atau memutihkan kulit ini justru berbahaya. Mulai dari flek pada kulit hingga kanker kulit, berikut adalah sejumlah bahaya merkuri untuk wajah:

Warna kulit wajah semakin pucat

Bukan hanya putih, merkuri justru menyebabkan perubahan warna kulit pada wajah menjadi pucat. Jadi, hindarilah produk kecantikan berbahan merkuri untuk menjaga warna kulit wajahmu tetap sehat apa adanya.

Muncul flek hitam pada wajah

Selain putih pucat, ada sejumlah masalah baru dari penggunaan merkuri untuk wajah yakni munculnya flek hitam. Bukannya ingin memutihkan dan mencerahkan kulit, flek-flek hitam akibat merkuri mungkin saja muncul bahkan di usia muda sekalipun.

Mengiritasi kulit

Tidak hanya ruam, wajah yang terpapar merkuri bisa mengalami iritasi. Kulit wajah kamu mungkin terasa sangat gatal, terlihat memerah dan mengalami ruam.

Menyebabkan kanker kulit

Bahaya merkuri yang tidak bisa kamu biarkan begitu saja adalah penyakit kanker. Kandungan merkuri bisa masuk dan diserap oleh tubuh dengan mudahnya sehingga menyebabkan kanker kulit.

Selain beberapa bahaya tersebut, kulit wajah yang terpapar merkuri mungkin akan terasa kering hingga mengalami pengelupasan. Bila kamu secara tidak sengaja menggunakan produk berbahan merkuri maka segera hentikan pemakaian.

Kenapa merkuri berbahaya?

Merkuri bersifat toksik dan bisa merusak sistem saraf pusat. Artinya, dengan menghirup uap merkuri maka tubuh seseorang terutama sistem saraf, pencernaan, kekebalan, paru-paru, serta ginjal bisa saja rusak.

Sementara, pada kulit dan mata, merkuri bersifat korosif. Jadi, ketika tubuh terpapar merkuri maka bisa merusak fungsi organ tubuh atau membawa berbagai masalah kesehatan lainnya. Berikut adalah sejumlah bahaya merkuri pada tubuh:

  • Menyebabkan tremor
  • Menyebabkan insomnia
  • Mengganggu hingga merusak daya ingat
  • Mengalami mati rasa atau sering kesemutan di tangan dan kaki
  • Memperlambat pertumbuhan janin
  • Memiliki efek neuromuskular
  • Menyebabkan sakit kepala
  • Membawa disfungsi kognitif dan motorik

Salah satu bahaya merkuri yang tidak boleh dilupakan adalah efeknya terhadap ginjal. Pada kebanyakan kasus, merkuri menyebabkan peningkatkan protein dalam urin hingga gagal ginjal. Lantas, apa saja efek samping merkuri untuk wajah?

Efek samping merkuri untuk wajah

Wajah yang terpapar merkuri dapat mengalami keracunan. Jadi, merkuri dalam produk kosmetik dibatasi untuk tidak lebih dari 0,0065%. Jika kandungan merkuri lebih dari persentase yang ditetapkan maka potensi efek samping merkuri untuk wajah semakin tinggi.

Berikut adalah efek samping yang tidak boleh kamu kesampingkan begitu saja:

  • Reaksi alergi pada kulit wajah
  • Iritasi kulit wajah
  • Pengelupasan kulit wajah
  • Kulit wajah terasa kering

Efek samping dari merkuri untuk wajah yang tidak boleh kamu lupakan adalah kanker. Merkuri berhubungan erat dengan masalah kesehatan berupa kanker kulit. Bila kamu tidak tahu secara pasti kandungan yang terdapat dalam suatu produk kecantikan wajah dan mengalami beberapa efek samping tersebut, segera hentikan pemakaian.

Reference
Share