soulmate
Hubungan Sosial Seks & Relationship

Apa Itu Soulmate Dan Apakah Setiap Orang Mempunyainya?

Imelda Rahmawati | Februari 22, 2022
Share

Sebagian orang mungkin masih bingung mengenai apa itu soulmate? Istilah soulmate atau belahan jiwa digunakan untuk menggambarkan orang-orang yang memiliki ikatan kuat, saling menerima apa adanya, dan saling mendukung untuk menjadi pribadi yang lebih baik.

Soulmate tidak selalu pasangan karena kamu dapat menemukannya di antara teman-teman, anggota keluarga, atau siapa saja.

Apa itu soulmate?

Soulmate atau belahan jiwa adalah seseorang yang bisa melengkapi dan menjadikanmu pribadi yang lebih baik.

Menemukan soulmate bukanlah hal yang mudah. Terkadang kamu melihat seseorang yang sama sekali tidak cocok dengan kepribadian kamu, tetapi kalian akhirnya cocok. Ini seperti potongan puzzle yang harus dibolak-balik untuk menemukan tempat yang sempurna.

Terkadang, belahan jiwa kamu bisa jadi adalah seseorang yang sama sekali tidak menarik secara fisik. Namun, ketika kamu bertemu, ada sesuatu di dalam diri kamu yang memberi tahu bahwa dia adalah orang yang tepat.

Apa itu twin flame dan soulmate?

Twin flame adalah cerminan jiwa kamu yang juga disebut sebagai mirror soul. Sosok ini terasa seperti cermin karena banyaknya kesamaan yang kamu miliki dengannya.

Sosok ini dapat mencerminkan kekuatan, kelemahan, ketidaknyamanan, dan bahkan ketakutan terdalam kamu. Karena refleksi jiwa, bertemu dengan twin flame dapat membuka luka lama kamu. Di sisi lain, twin flame juga dapat membantu menyembuhkan luka tersebut dan membuat kamu mengenal diri sendiri lebih dalam.

Perbedaan antara twin flame dan soulmate

Hubungan dengan soulmate biasanya melibatkan koneksi yang intens. Kamu merasa cocok dengan pasangan kamu, seolah-olah kamu ditakdirkan untuk bersama. Hal inilah yang membuat sosok ini sering dianggap sebagai belahan jiwa.

Keduanya memang terasa mirip. Padahal, keduanya jelas berbeda. Hal yang paling mendasar adalah bahwa twin flame itu seperti satu jiwa yang terbagi menjadi dua tubuh. Berbeda halnya dengan soulmate, yakni dua jiwa yang bertemu dan terhubung satu sama lain. Kamu mungkin merasakan ikatan yang dalam dengan soulmate, tetapi jiwa kamu pada dasarnya berbeda.

Tanda-tanda soulmate

Seseorang mungkin tidak menyadari telah bertemu soulmate, loh. Berikut ini tanda Anda sudah bertemu dengannya:

1. Bertemu di waktu yang tepat

Tahukah Anda istilah the right one in the right place? Seorang soulmate selalu berada pada waktu yang tepat. Soulmate akan membuat semua waktu terasa benar, tidak peduli ketika kamu sedang merasa senang atau sedih.

2. Memiliki tujuan hidup yang sama

Tiap orang punya tujuan hidup yang berbeda. Wajar, karena setiap orang memiliki latar belakang, selera, dan hobi yang berbeda. Ketika bertemu belahan jiwa, entah mengapa kamu dan dia menemukan kesamaan tujuan hidup. Tak jarang, dari obrolan yang intens, kamu akhirnya memutuskan mencapai tujuan hidup itu bersama-sama.

3. Sangat mengerti satu sama lain

Teman-teman kamu mungkin dapat memahami suka dan tidak suka kamu, tetapi belahan jiwa dapat memahami sesuatu yang jauh lebih dalam dari itu. Berada di samping seseorang yang benar-benar memahami kamu akan membuat merasa nyaman.

4. Saling menghormati satu sama lain

Saling menghormati biasanya tidak diungkapkan, tetapi dapat dilihat dari tindakan sehari-hari. Jika dia adalah belahan jiwa kamu, maka kamu bisa melihatnya dari hal-hal sederhana yang dia lakukan saat bersama. Sikap ini merupakan unsur penting dalam membangun fondasi hubungan yang langgeng.

Tanda-tanda twin flame

Kamu sudah menemukan twin flame jika sudah menemukan tanda-tanda di bawah ini:

1. Terasa akrab

Ketika kamu bertemu dengan twin flame, kamu akan merasa sangat akrab. Kamu sepertinya sudah lama mengenalnya dan merasa nyaman berada di dekatnya. Kamu juga seperti merasakan emosi satu sama lain.

2. Hubungan lebih dalam

Koneksi dalam hubungan ini akan tumbuh lebih cepat daripada hubungan pada umumnya. Selain itu, jalinan emosional yang kamu dan pasangan ciptakan biasanya terasa lebih dalam. Ini karena kamu sudah merasa akrab dengan pasangan sejak pertama kali bertemu.

3. Banyak kesamaan

Biasanya, pasangan twin flame memiliki kesamaan dalam hal cara berpikir, nilai-nilai bersama, dan preferensi. Tak hanya itu, kamu dan pasangan bahkan bisa memiliki pengalaman dan trauma hidup yang sama.

4. Saling memuji

Meski diibaratkan sebagai cerminan jiwa, kamu dan dirinya tentunya akan memiliki sejumlah perbedaan. Namun, perbedaan tersebut sebenarnya bisa saling melengkapi.

5. Memiliki ikatan batin kuat

Ikatan batin twin flame cenderung kuat. Kamu dan dia sepertinya memiliki telepati. Misalnya, kamu dan pasangan bisa mengetahui pikiran satu sama lain hanya dengan bertukar pandang.

Tips menjaga hubungan dengan soulmate

Setelah mengetahui apa itu soulmate, kini ada tips agar hubungan bahagia dan langgeng. Berikut adalah beberapa tipsnya.

Saling menghormati

Tips menjaga hubungan bahagia dan langgeng, kalian harus saling menghormati. Menghargai pasangan adalah prinsip utama dalam sebuah hubungan. Saling menghormati satu sama lain bisa membuat pasangan lebih bahagia.

Saling percaya

Hubungan yang bahagia dan langgeng, harus dilandasi dengan rasa saling percaya, yang dilakukan oleh setiap orang yang menjalin hubungan cinta. Hubungan yang tidak berdasarkan kepercayaan, biasanya akan menimbulkan konflik dan akan berakhir dengan sangat cepat.

Harus ada kejujuran

Cobalah untuk jujur ​​dan terbuka satu sama lain. Untuk menambah rasa percaya bisa dilakukan dengan kata-kata, tindakan, jujur ​​pada diri sendiri dan juga jujur ​​pada perasaan. Hindari berpura-pura menjadi orang lain.

Rasa aman

Adanya rasa aman, dapat membuat hubungan menjadi lebih bahagia dan dapat bertahan lama. Rasa aman dan nyaman ini mungkin tidak bisa kamu rasakan, jika memiliki pasangan yang kasar atau mudah marah.

Definisi apa itu soulmate pada kehidupan setiap orang mungkin berbeda-beda. Namun pada dasarnya, proses menemukannya tidaklah mudah. Fokus self love dan memperbaiki diri menjadi lebih baik lagi menjadi lebih penting, sebelum kamu menemukan soulmate yang kamu idamkan.

Reference
Share