cara menghilangkan kecanduan seks

Cara menghilangkan kecanduan seks harus diawali dengan kesadaran diri sendiri. Hal ini memang tidak akan mudah, mengingat semua hal tentang ‘seks’ sendiri masih dianggap sangat tabu. Jika kamu mengalami hal ini, tidak perlu khawatir karena ada berbagai cara yang bisa dilakukan untuk mengatasinya. 

Apa itu kecanduan seks?

posisi seks agar cepat hamil

Kecanduan seks didefinisikan sebagai kurangnya kontrol atas pikiran, dorongan, dan impuls seksual. Meskipun dorongan seksual adalah hal yang wajar, kecanduan seks hanya mengacu pada perilaku yang dilakukan secara berlebihan, hingga memengaruhi kehidupan seseorang secara negatif. 

Seseorang dengan kecanduan seks mungkin memiliki kebutuhan kompulsif untuk dirangsang secara seksual. Keinginan ini sering kali mengganggu kemampuan mereka untuk menjalani kehidupan sehari-hari. Kecanduan seksual dapat muncul dalam berbagai bentuk, seperti: 

  • Berhubungan seksual
  • Prostitusi
  • Menonton atau mengonsumsi pornografi
  • Masturbasi atau fantasi seksual 
  • Voyeurisme

Perilaku seksual kompulsif ini dapat menimbulkan konsekuensi yang serius. Seperti halnya kecanduan narkoba atau alkohol, kecanduan seks dapat berdampak pada kesehatan fisik, kesehatan mental, hubungan pribadi, dan kualitas hidup.

Ternyata Ini Penyebab Sering Buang Air Kecil Setelah Berhubungan Seksual

Gejala kecanduan seks

Kecanduan seksual dapat terdeteksi dalam berbagai bentuk, baik secara fisik maupun emosional. Perlu tenaga kesehatan profesional untuk membuat diagnosis yang jelas, tetapi berikut ini beberapa tanda yang dapat menunjukkan potensi kecanduan seks:

1. Pikiran seksual yang obsesif 

Seseorang yang berurusan dengan kecanduan seks mungkin mendapati diri mereka terus-menerus berpikir tentang seks. Pikiran-pikiran kronis tentang seks atau fantasi seksual ini dapat menjadi obsesif atau mengganggu tanggung jawab lainnya. 

2. Menghabiskan waktu berlebihan untuk seks

Meskipun mencari pasangan seksual belum tentu merupakan tanda kecanduan seksual. Namun, jika seseorang menghabiskan banyak waktu dan energi untuk seks, hal itu bisa menjadi tanda bahaya. 

3. Merasa malu

Jika kebutuhan akan seks berubah menjadi kecanduan, perasaan seksual seseorang mungkin juga diselingi dengan perasaan cemas, malu, depresi, atau penyesalan. Seseorang mungkin merasa malu dengan dorongan seksual mereka dan kesulitan mengendalikan dorongan tersebut.

4. Melakukan masturbasi secara berlebihan 

Meskipun masturbasi dapat menjadi cara yang sehat untuk mengeksplorasi seksualitas dan mengekspresikan dorongan seksual, tapi masturbasi yang berlebihan dapat menjadi tanda kecanduan seksual. Hal ini meliputi masturbasi kompulsif, masturbasi pada waktu yang tidak tepat, atau bahkan masturbasi hingga menyebabkan ketidaknyamanan secara fisik. 

5. Terlibat dalam perilaku tidak pantas 

Dalam beberapa kasus, kecanduan seksual dapat menyebabkan perilaku seksual yang tidak pantas atau berisiko. Ini dapat mencakup eksibisionisme, seks di depan umum, seks tanpa perlindungan, dan seks dengan pekerja seks komersial (psk).

Tips menghilangkan kecanduan seks

cara mengatasi pasangan yang hiperseks

Berikut adalah 9 tips untuk membantu di berjuang mengatasi kecanduan seks, serta menghindari kekambuhan dan mempertahankan pencegahan:

  1. Mencari partner

Kamu membutuhkan seseorang untuk menjalani proses pemulihan ini. Akan lebih baik jika partner kamu mengalami hal serupa atau setidaknya telah pulih dari beberapa jenis kecanduan.

  1. Akuntabilitas

Carilah dukungan melalui keluarga, teman, konseling profesional, dll. Pastikan beberapa orang dalam hidupmu mengetahui kondisi kecanduan yang kamu alami, termasuk pemicu dan tujuanmu. Ini akan membantu terutama dalam situasi sosial ketika menghadapi godaan.

  1. Memprediksi

Buatlah catatan untuk melacak pola perilaku, kamu dapat menyebutnya sebagai “jurnal prediksi” atau lainnya. Poin utamanya adalah untuk merefleksikan kemajuan dan kemunduran.

  1. Pengalih perhatian

Kenali apa yang cocok untukmu, karena setiap orang memiliki minat, hasrat, dan teknik menenangkan diri yang berbeda. Jika kamu kesulitan menemukannya, carilah bantuan dan saran. Selalu alihkan perhatian dari potensi paparan seksual yang dapat memicu.

  1. Berolahraga

Cara ini dapat mengatasi depresi dan bertindak sebagai bentuk antidepresan yang menstimulasi endorfin di otak. 

  1. Cari sesuatu yang menumbuhkan perasaan ‘aman’

Sensasi dari keterikatan, keamanan, dan keselamatan dapat dirasakan ketika kita memiliki perangkat penghibur kita. Entah itu hewan peliharaan atau kenang-kenangan masa kecil, barang-barang ini bisa sangat membantu saat melawan keinginan seks.

 

  1. Membantu orang lain

Dalam hal ini, kamu bisa membantu orang yang mengalami hal serupa untuk mengatasi kecanduan seks. Jadilah ahli dalam mengatasi kecanduan seks, kamu akan melihat pergeseran harapan dengan perjuanganmu begitu mulai membantu orang lain

  1. Berdoa

Bagi kamu yang percaya pada doa, maka kamu pasti tahu bahwa doa bisa sangat kuat. Mintalah orang lain untuk berdoa bersama jika memungkinkan.

  1. Carilah bantuan

Jika kamu tidak bisa menemukan dukungan dari partner, teman, kelompok sebaya, atau bahkan keluarga. Sebaiknya hubungi profesional kesehatan mental untuk konseling individu dan/atau keluarga. 

Ingatlah bahwa tidak melakukan apapun lebih baik daripada kambuh dan menyerah pada kecanduan. Sangatlah normal jika kamu mengalami stagnasi, semua itu akan menjadi proses berharga dalam melawan diri sendiri.

____________

Penuis: Afifa

Share artikel ini
Reference