bilik kiri jantung berfungsi untuk

bilik kiri jantung berfungsi untuk

Mungkin kamu sudah tidak asing lagi bahwa jantung manusia terdiri dari empat bilik, yaitu dua serambi kanan dan kiri serta dua bilik kanan dan kiri. Tentu, setiap bilik memiliki peran penting dalam sirkulasi darah di tubuh.

Dengan adanya serambi dan bilik di dalam jantung, sirkulasi darah dapat terjadi dengan urutan yang benar.

Dimulai dari serambi yang menerima darah dan mengisinya ke bilik, sementara bilik akan mendorong darah ke pembuluh darah besar. 

Alur ini memastikan bahwa oksigen dan nutrisi dibawa ke seluruh tubuh, dan sisa-sisa metabolisme atau limbah tubuh akan diangkut untuk dikeluarkan.

Oleh karena itu, penting untuk memiliki bilik atau ruangan pada jantung. Dari sisi kanan dan kiri, sebenarnya bilik kiri jantung berfungsi untuk apa? Ini dia penjelasannya.

Macam-macam ruangan jantung

Jantung manusia terdiri dari empat ruangan yang terbagi menjadi dua jenis utama, yaitu serambi dan bilik.

Setiap jenisnya memiliki peran dan fungsi khusus dalam sirkulasi darah. Berikut ini gambaran dari setiap ruangan pada jantung.

  • Serambi

  • Serambi kanan: Darah akan masuk ke serambi kanan melalui pembuluh balik besar (vena cava superior dan vena cava inferior). Serambi kanan akan menerima darah yang telah melewati tubuh dan kaya akan karbon dioksida. 
  • Serambi kiri: Menerima darah yang kaya akan oksigen dari paru-paru melalui empat pembuluh balik kecil yang disebut vena pulmonalis. Darah ini akan mengalir ke serambi kiri sebelum masuk ke bilik.
  • Bilik

  • Bilik kanan: Menerima darah yang sudah melewati atrium kanan dan mengandung karbon dioksida. Ketika kontraksi, bilik kanan memompa darah ke arteri pulmonalis yang membawanya ke paru-paru untuk pertukaran oksigen dan karbon dioksida.
  • Bilik kiri: Menerima darah yang telah melewati atrium kiri dan kaya akan oksigen. Selama kontraksi, bilik kiri memompa darah ke aorta atau arteri utama yang mengantarkan darah ke seluruh tubuh.

Bilik kiri jantung berfungsi untuk apa?

Lantas, bilik kiri jantung berfungsi untuk apa? Bilik yang terletak pada bagian kiri bawah jantung ini berfungsi untuk memompa darah melalui sistem arteri ke berbagai organ dan jaringan tubuh.

Tujuannya untuk memberikan oksigen dan nutrisi yang diperlukan agar bisa menjaga fungsi sel-sel dan organ-organ tersebut.

Cara kerjanya yaitu ketika jantung berkontraksi, darah akan mengalir kembali ke serambi kiri.

Kemudian, darah akan melalui katup mitral dan masuk ke bilik kiri. Dari sana, darah akan dipompa keluar melalui katup aorta ke seluruh tubuh. 

Nah, bilik jantung sebelah kiri dikenal dengan yang paling tebal dan bertanggung jawab untuk memompa darah beroksigen ke jaringan di seluruh tubuh. Sebaliknya, bilik kanan hanya berfungsi untuk memompa darah ke paru-paru.

Penyakit pada ruang di jantungPenyakit pada ruang di jantung

Setelah mengetahui fungsi vital setiap ruang di jantung, perlu diwaspadai bahwa ada beberapa jenis penyakit yang mengancam cara kerja jantung.

Sebab, ruang di jantung adalah cangkang berongga yang dilapisi serat otot. Dinding bilik terbuat dari otot yang memungkinkan jantung untuk berkontraksi dan membuat jantung berdetak. 

Bila bermasalah, ini dia kemungkinan beberapa penyakit pada ruang jantung yang cukup berbahaya.

  • Aritmia

Aritmia adalah penyakit gangguan irama jantung, baik terlalu cepat atau lambat. Normalnya, jantung manusia mengikuti irama reguler yang dihasilkan oleh impuls listrik dari nodus sinoatrial (SA) di atrium jantung. 

Aritmia akan terjadi ketika ada gangguan dalam penghantaran impuls listrik ini, sehingga mengakibatkan detak jantung yang tidak normal.

Aritmia juga terbagi dalam beberapa jenis, seperti fibrilasi atrium, flutter atrium, takikardia supraventrikular, takikardia ventrikular, sampai blok jantung.

  • Penyakit katup jantung

Katup jantung adalah struktur berbentuk daun yang terletak di antara serambi, bilik, dan pembuluh darah besar.

Fungsi katupnya adalah mengatur aliran darah melalui jantung dengan membuka dan menutup secara teratur saat jantung berkontraksi dan berelaksasi. 

Namun, penyakit katup jantung bisa terjadi apabila katupnya tidak bisa tertutup, ukuran katup menyempit, serta infeksi pada lapisan dalam.

  • Endokarditis 

Endokarditis adalah penyakit yang mengenai lapisan dalam jantung atau endokardium. Nah, endokardium sendiri adalah lapisan tipis yang ada di permukaan dalam katup jantung dan ruang jantung.

Biasanya, penyakit ini disebabkan oleh infeksi yang menyerang endokardium, baik karena bakteri, virus, atau jamur. 

  • Kelainan bilik tunggal

Umumnya, jantung manusia memiliki dua bilik, yaitu kanan dan kiri yang memiliki peran masing-masing dalam sirkulasi darah. 

Sesuai namanya, penyakit ruang jantung bernama kelainan bilik tunggal bisa terjadi jika hanya satu bilik yang berfungsi dengan baik.

Sedangkan bilik yang lain hanya berfungsi secara terbatas atau bahkan tidak berkembang. 

Pada kasus kelainan bilik tunggal, sirkulasi darah akan menjadi lebih kompleks dan memerlukan penanganan medis khusus.

Jadi, itu tadi penjelasan mengenai bilik kiri jantung yang berfungsi untuk memompa darah serta bagian ruangan lainnya.

Agar jantung tetap sehat, sebaiknya kamu menjalani gaya hidup yang teratur, seperti makan makanan sehat, olahraga, berhenti merokok, dan mengendalikan stres.


Penulis: Nabila Ramadhani

Share artikel ini
Reference