apa itu asmr

Pernahkah kamu melihat atau mendengar video dengan ASMR di sana? ASMR adalah Autonomous Sensory Meridian Responses. Jenis suara ini sangat popular di sosial media dan banyak orang membuat video dengan metode ASMR sehingga terdengar sangat menarik dan juga membuat stimulus tersendiri bagi yang mendengarnya.

Diketahui bahwa jenis suara ini dapat bermanfaat untuk relaksasi dan mengatasi insomnia. Kenali lebih jauh apa itu ASMR dan jenis suara yang termasuk dalam suara ini, yuk!

Apa itu ASMR?

ASMR merupakan akronim dari Autonomous Sensory Meridian Responses yang merupakan sensasi menggelitik pada area tubuh tertentu, biasanya jenis area yang terangsang ini seperti leher, kulit kepala, punggung dan sebagainya akibat dari stimulus visual atau auditori.

Belakangan, teknik audio ini menjadi tren di kalangan Youtuber dan penggunaan sosial media karena digemari dan dianggap sangat menarik jutaan penonton baik itu di kanal Youtube atau Reddit. Stimulus yang digunakan dalam audio ini sangat beragam seperti suara orang makan, suara berbisik, suara menata barang, meremas kertas, menuangkan air ke dalam panci dan sebagainya.

Banyak orang yang merasa rileks dan puas setelah mendengar atau menyaksikan video dengan metode suara tersebut.

Jenis jenis ASMR

Mengenali apa itu ASMR sangat mudah loh. Kamu tinggal masukkan kata kunci ASMR di kanal sosial media dan akan langsung muncul video atau suara yang bisa kamu dengar atau saksikan. Beberapa jenis video yang mengandung ASMR merangsang sensasi tertentu dan jenisnya antara lain:

  • Berbisik
  • Menepuk meja
  • Menggaruk
  • Berbicara dengan suara lembut
  • Gerakan tangan
  • Melakukan aktivitas dan sebagainya

Tentunya kamu juga tidak asing dengan video audio berupa mengunyah makanan, mengecap, menyeruput dan bentuk video lain yang merangsang serta menstimulasi tubuh kamu hingga terasa asik dalam mendengarkannya.

Apakah ASMR memiliki manfaat bagi kesehatan?

Belum banyak penelitian yang menunjukkan tren yang heboh ini. Diketahui bahwa manfaat audio ini bagi kesehatan antara lain:

Mengatasi insomnia

Beberapa efek suara mirip dengan meditasi dan mendengar atau melihat video ASMR diketahui dapat mengatasi insomnia dan kualitas tidur menjadi lebih baik. Jenis suaranya saat ini beragam dan bisa dipilih jenis suara apa yang menjadi favorit kamu.

Penelitian di Sheffield University Inggris menunjukkan bahwa video ASMR dapat mengatasi insomnia, mempunyai manfaat terapeutik dengan mengurangi detak jantung dan rangsangan perasaan positif pada diri seseorang. Manfaat ini tentunya dapat menjadi pijakan meskipun masih perlu penelitian lebih lanjut.

Membuat tubuh rileks

Efek ASMR dipahami dapat menenangkan dan memunculkan stimulasi pada bagian kepala atas. Efek perasaan geli dan bahagia saat mendengar ASMR sama dengan perasaan saat seseorang tergelitik di badian bagian perut sehingga menjadi merinding. Hal ini dapat dialami tanpa sentuhan apapun.

Stimulus ini akan memicu perasaan sentuhan dan sensasi berbeda dalam tubuh. Ada beberapa pelaporan pada orang-orang yang mendengar asrm memiliki perasaan tenang, santai, mengantuk, dapat mengatasi cemas, depresi hingga mengalami penurunan detak jantung yang termasuk dalam metode relaksasi.

Cara memilih ASMR yang tepat

Manfaat dari jenis suara ini bisa diketahui dengan menggunakan tips dan trik menggunakan ASMR untuk memperoleh beberapa manfaat relaksasi potensial.

  • Temukan pemicu. Setiap orang mempunyai respon yang berbeda saat mendengar video ASMR. Cari tahu mana yang menyebabkan respon pada tubuh kamu, perhatikan perasaan kamu ketika melihat, mendengar atau menyentuh hal tertentu. Jika merasa geli, bisa jadi kamu mengalami reaksi terhadap pemicu tersebut.
  • Coba tonton atau dengar video ASMR. Pilih jenis yang bisa ditemukan secara online seperti situasi pemicu, suara atau pemandangan tertentu.
  • Pakai headphone. Headphone dengan kualitas tinggi akan membantu kamu untuk mendengarkan jenis audio ini dengan kualitas yang tinggi juga.

Tips mendengarkan ASMR

ASMR dikenal sebagai salah satu meditasi untuk mencapai ketenangan dengan mudah. Tips untuk mendengarkannya sendiri bisa kembali pada kesukaan dan bagaimana reaksi kamu terhadap video atau suara tersebut. Jika dirasa suara tersebut malah mengganggu dan tidak membuat kamu nyaman, maka segera hentikan dan cari suara lain.

Banyak tipe suara yang diketahui menenangkan dan bisa membuat kamu terhindar dari kesulitan tidur. Cari tahu apa jenis suara asrm favorit kamu dan perhatikan bagaimana pemicu suara itu menimbulkan stimulus pada tubuh kamu, ya!

Share artikel ini
Reference