Bolehkah Ibu hamil makan udang?

Banyak orang yang menghindari makanan laut saat hamil karena diketahui makanan laut mengandung merkuri. Apakah udang juga termasuk? Bolehkah ibu hamil makan udang?

Faktanya, udang ternyata menjadi salah satu makanan laut yang direkomendasikan untuk ibu hamil, tentunya dengan saran penyajian dan pengolahan yang benar. Bagaimana mengolahnya agar terhindar dari bahaya? Yuk simak faktanya, ladies.

Mengenal jenis makanan laut udang

Udang adalah sejenis makanan laut yang popular dikonsumsi di berbagai belahan dunia. Banyak olahan udang yang mengundang selera makan, salah satunya untuk ibu hamil. Bolehkah ibu hamil makan udang terkadang menjadi pertanyaan yang kerap dilontarkan karena banyak informasi beredar bahwa ibu hamil dilarang untuk makan makanan laut.

Benarkah ibu hamil boleh makan udang? Bagaimana fakta nutrisi udang sehingga makanan ini bisa dikonsumsi selama kehamilan?

Kandungan dalam udang

Belum banyak orang yang mengetahui bahwa kandungan dan nutrisi udang sangat banyak. Udang menjadi makanan sehat dan bergizi untuk ibu hamil karena kaya akan:

  • Omega 3. Nutrisi penting ini sangat dibutuhkan oleh ibu hamil karena dapat meningkatkan perkembangan otak, mata janin, mencegah bayi lahir rendah dan menurunkan jika ada resiko lahir premature.
  • Nutrisi lain. Dalam udang terdapat banyak Protein, Vitamin D, Vitamin B2, Magnesium, Kalsium, Zat Besi. Semua nutrisi ini sangat penting dan dibutuhkan saat kehamilan.

Dengan kandungan ini, tentu saja dokter membolehkan, karena belum ada dampak buruknya untuk kesehatan. Justru udang memiliki banyak manfaat yang dibutuhkan ibu hamil saat berada di trimester kedua kehamilan.

Manfaat dari udang

Udang memiliki nilai gizi tinggi yang baik dikonsumsi selama kehamilan. Berbagai manfaat udang untuk dapat dirasakan ibu hamil antara lain:

1. Membantu pertumbuhan janin

Dalam kandungan udang terdapat berbagai nutrisi dan juga kandungan yang sangat baik untuk kesehatan dan perkembangan janin. Bagian dalam udang sebanyak 75% adalah air dan sisanya merupakan protein.

2. Makanan rendah lemak

Pilihan makanan sehat ini sangat baik untuk ibu hamil karena rendah lemak sehingga calon ibu tidak perlu khawatir akan kenaikan berat badan signifikan selama kehamilan. Tingkat lemak jenuh yang tinggi tentu kurang sehat untuk perkembangan janin dalam kandungan.

3. Kaya zat besi

Dalam 100 gram udang, terdapat 1,8 gram zat besi yang dapat dimanfaat untuk perkembangan bayi dalam kandungan secara keseluruhan. Tentunya ibu membutuhkan zat besi yang tinggi untuk membantu pasokan darah ke janin serta dapat mengurangi risiko prematur.

4. Sumber omega 3

Omega 3 yang tinggi terdapat dalam udang sehingga baik untuk perkembagan mata bayi dan system sarafnya. Udang mengandung docosahexaenoic (DHA) dan eicosapentaenoic (EPA) yang bagus untuk perkembangan kognitif anak.

5. Kaya akan vitamin

Kandungan vitamin untuk ibu hamil yang besar bisa membuat ibu hamil tetap sehat. Kandungan kalsium, mineral, vitamin, magnesium dan nutrisi lainnya sangat besar sehingga bisa menjadi penjaga kesehatan ibu dan bayi.

Bolehkah ibu hamil makan udang

Melansir dari American Pregnancy Association, ibu hamil dapat mengonsumsi udang karena nutrisinya yang beragam dan bisa membantu selama kehamilan. Terdapat kandungan lemak rendah namun tinggi protein sehingga sangat aman untuk dikonsumsi selama kehamilan.

Selain itu ibu hamil tidak perlu khawatir untuk mengonsumsi makanan laut yang satu ini karena udang diketahui mengandung rendah merkuri sehingga aman untuk dikonsumsi selama hamil. Bolehkah ibu hamil makan udang tentu saja boleh dengan saran penyajian dan tips mengolah udang agar tetap bernutrisi selama dikonsumsi, ya.

Saran penyajian udang untuk ibu hamil

Penting untuk mengetahui bagaimana penyajian yang tepat olahan udang untuk ibu hamil. Proses memasak sangat penting dilakukan agar menghindari kemungkinan infeksi. Tentu saja ibu hamil tidak boleh mengonsumsi udang mentah atau setengah matang, ya. Makanan mentah dapat mengandung parasite yang akan berisiko untuk ibu dan janin, lho.

Bolehkah ibu hamil makan udang? Tentunya boleh, asalkan memenuhi syarat dalam penyajian udang. Udang mengandung listeria yang dapat menyebabkan infeksi. Infeksi akan mengganggu dan bisa melewati plasenta serta resikonya adalah menyebabkan keguguran.

Namun bagi ibu hamil, mengonsumsi udang juga perlu waspada apabila pernah memiliki alergi ya. Terkadang udang juga bisa menyebabkan tersedak sehingga harus mengonsumsinya dengan hati-hati.Lakukan tips berikut ini agar terhindar dari bahaya udang ya, moms.

Tips mengolah udang untuk ibu hamil

Untuk menghindari bahaya udang, ada beberapa tips yang bisa kamu gunakan sehingga dapat mengonsumsi udang dengan tepat dan aman, berikut tipsnya:

  • Gunakan air hangat saat membersihkan udang.
  • Bersihkan dan lepaskan saluran usus serta saluran vena belakang udang.
  • Pakailah pisau yang tajam untuk membersihkan udang
  • Jika udang dalam keadaan beku, maka cairkan dulu es batu sepenuhnya.
  • Masak udang dalam suhu 75 derajat celcius untuk menghilangkan bakteri pada udang.
  • Udang dapat ditumis atau goreng setelah direbus.
  • Jika menggunakan microwave, maka diamkan selama 3-4 menit, masak dengan seksama.
  • Selama hamil, cobalah untuk menghindari makan mentah seperti udang mentah, salad, sashimi dan sushi.

Faktanya bolehkah ibu hamil makan udang? Tentu saja boleh ya ladies, dengan syarat bahwa udang sudah diolah dengan baik untuk menghindari bahayanya. Jika memang ibu hamil masih ragu, boleh berk

Share artikel ini
Reference