manfaat obat zeniton

Memenuhi kebutuhan vitamin dan mineral adalah hal penting bagi manusia. Ini bertujuan untuk mengurangi risiko terjadinya penyakit.

Salah satu obat yang bisa bantu memenuhi kebutuhan tersebut adalah Zeviton. Lantas, apa itu obat Zeviton dan bagaimana manfaat serta efek samping dari obat ini? Simak informasinya di sini!

Apa itu obat Zeviton?

obat zeniton

Zeviton adalah obat yang diproduksi oleh PT. Pyridam Farma. Obat ini mengandung berbagai jenis vitamin dan mineral. Contohnya, vitamin B1, B2, B6, B12, nicotinamide, Ca pantothenate, vitamin C, folic acid, vitamin E, dan zink.

Obat ini menawarkan manfaat bagi kesehatan sistem saraf, kulit, dan membantu memproduksi hormon.

Tidak hanya itu, obat ini membantu melancarkan proses pencernaan dan pemecahan lemak serta karbohidrat menjadi asam lemak dan glukosa. 

Kamu bisa menjumpai obat ini dalam bentuk kaplet dan dijual dalam kemasan strip atau dus yang berisi 10 strip. Masing-masing strip berisi 10 kaplet. 

Dextamine: Manfaat, Dosis, dan Efek Samping

Manfaat obat Zeviton

manfaat zeniton untuk menjaga kebugaran

Setelah mengetahui apa itu obat Zeviton, kenali pula manfaat yang diberikan oleh obat ini. 

Zeviton merupakan suplemen yang berfungsi memenuhi kebutuhan vitamin dan mineral pada orang dewasa. Tidak hanya itu, obat ini dapat menjaga kesehatan tubuh secara keseluruhan, seperti: 

  • Mempercepat pemulihan kondisi setelah sakit
  • Memelihara kesehatan saraf dan daya tahan tubuh
  • Melancarkan proses metabolisme tubuh

Dengan kandungan vitamin B kompleks dan mineral yang lengkap, obat ini dapat menjadi pilihan yang baik bagi yang ingin memenuhi kebutuhan nutrisi tubuh.

10 Makanan yang Mengandung Mineral dan Manfaatnya!

Dosis dan aturan pakai Zeviton

Walaupun Zeviton digunakan untuk menjaga kesehatan tubuh, ada baiknya kamu berkonsultasi terlebih dulu dengan dokter.

Kamu bisa bertanya terkait dosis dan aturan pakai obat ini sesuai dengan kebutuhan dan kondisi tubuh. Berikut informasi umum seputar dosis dan aturan pakai Zeviton. 

  • Dewasa: 1 kaplet per hari
  • Anak-anak >12 tahun: 1 kaplet per hari
  • Aturan pakai: diminum bersama makanan

Efek samping obat Zeviton

Memahami apa itu obat ini serta dosis dan aturan pakainya memang penting. Namun, kamu perlu mengetahui bagaimana efek samping jika menggunakan obat ini secara berlebihan. 

Penggunaan Zeviton secara berlebihan bisa memicu masalah pada saluran pencernaan. Oleh karena itu, gunakan sesuai dengan dosis yang dianjurkan untuk menghindari efek samping yang tidak diinginkan. 

Perhatian penggunaan obat Zeviton

zeniton obat apa

Penggunaan obat Zeviton perlu memperhatikan beberapa hal. Pertama, sebaiknya hentikan jika terjadi reaksi alergi setelah menggunakan obat.

Selain itu, pasien dengan gangguan organ hati dan ginjal berat sebaiknya tidak mengonsumsi suplemen ini. Dokter juga biasanya tidak akan merekomendasikan obat ini pada anak di bawah 12 tahun. 

Terlebih lagi, penggunaan Zeviton tidak bisa menggantikan nutrisi yang diperoleh dari pola makan sehat.

Oleh karena itu, sebaiknya tetap menjaga pola makan yang seimbang dan sehat agar kebutuhan nutrisi harian terpenuhi dengan baik.

Cara penyimpanan obat Zeviton

Cara menyimpan obat Zeviton sebenarnya tidak jauh berbeda dengan obat-obatan lainnya. Obat ini disarankan diletakkan di tempat yang sejuk dan kering, serta dijauhkan dari sinar matahari langsung. 

Hal ini bertujuan menjaga kualitas obat agar tetap baik dan efektif saat digunakan. Tidak hanya itu, hindari meletakkan obat ini pada tempat yang lembap, seperti kamar mandi. 

Analsik Tablet Obat Apa? Cek Indikasi, Dosis, dan Efek Sampingnya

Kontraindikasi obat Zeviton

Obat ini tidak boleh dikonsumsi oleh penderita yang memiliki riwayat alergi yang berat terhadap salah satu kandungan suplemen ini. Kontraindikasi ini harus diperhatikan agar terhindar dari kemungkinan efek samping yang berbahaya. 

Jadi, sebelum mengonsumsi obat ini, disarankan untuk berkonsultasi dengan dokter terlebih dahulu untuk mengetahui apa obat Zeviton aman untuk dikonsumsi.


Penulis: Nabila Azmi

Share artikel ini
Reference