tes mcu apa saja

Selain menerapkan gaya hidup sehat dan seimbang, kamu juga perlu melakukan tes kesehatan seperti tes MCU. Dengan melakukan pemeriksaan rutin, kamu bisa mengetahui kondisi kesehatan secara keseluruhan. Tes MCU apa saja? Kira-kira berapa kisaran biayanya, ya?

Lewat artikel kali ini, Yoona ingin mengajak kamu mengenali lebih jauh tentang tes MCU. Cari tahu juga tes MCU apa saja beserta kisaran biayanya dengan menyimak penjelasan lengkapnya berikut ini.

Tes MCU apa saja?

Sebelum mengetahui tes MCU apa saja, yuk cari tahu dulu sebenarnya tes MCU itu. Tes MCU adalah tes kesehatan untuk memeriksa kondisi tubuh secara keseluruhan. Tujuan tes kesehatan yang satu ini untuk mengecek kondisi kesehatan tubuhmu dan memeriksa apakah ada penyakit atau tidak.

Tes MCU biasanya dimulai dengan memeriksa indeks massa tubuh (BMI). Tinggi dan berat badan diukur terlebih dahulu kemudian diikuti dengan serangkain tes kesehatan lainnya.

Lalu, tes MCU apa saja yang biasanya dilakukan oleh tim medis? Jenis-jenis pemeriksaan dalam MCU, yaitu:

1. Radiologi

Pemeriksaan yang satu ini dilakukan dengan sinar X atau sinar radioaktif. Foto atau gambar yang dihasilkan dari proses penyinaran dapat digunakan untuk mengetahui apakah ada penyakit di dalam tubuh. Beberapa penyakit yang dapat dideteksi, yaitu stroke, jantung, tumor, dan kanker.

2. Kesehatan jantung dengan EKG

Tes MCU lainnya yang tidak kalah penting, yaitu tes kesehatan jantung dengan EKG. Ekokardiografi (EKG) merupakan tes kesehatan untuk mengetahui kondisi jantung. Alat khusus EKG mengeluarkan gelombang suara ultrasonik yang menghasilkan gambar yang menunjukkan kondisi jantung.

3. Pemeriksaan kolesterol

Medical check up apa saja selain jantung dan radiologi? Pemeriksaan kolesterol merupakan salah satu medical check up yang tidak kalah penting untuk dilakukan. Kadar kolesterol normal di dalam tubuh yaitu berada pada kisaran di bawah 200 miligram per desiliter (mg/dL).

4. Tes laboratorium

Tes MCU dengan pemeriksaan di laboratorium terdiri dari beberapa jenis pemeriksaan, seperti pemeriksaan hematologi, tes urine, dan pemeriksaan tinja. Hematologi merupakan pemeriksaan untuk mengetahui kuantinyas dan kualitas sel dalam tubuh (darah merah, trombosit, darah putih).

5. Pemeriksaan organ hati

Organ hati di dalam tubuh juga perlu diperiksa kondisinya. Dokter akan memeriksa kadar enzim dan protein dalam darah untuk mengetahui apakah ada penyakit liver. Tes ini sangat direkomendasikan untuk pasien yang obesitas, kecanduan alkohol, dan mengidap anemia.

Selain tes pemeriksaan di atas, pemeriksaan lainnya meliputi:

  • Pemeriksaan fungsi ginjal untuk mengecek gangguan pada organ ginjal
  • Gula darah untuk mengantisipasi adanya penyakit diabetes
  • Pemeriksaan tulang untuk mengukur kepadatan mineral tulang
  • Anamnesis, pemeriksaan riwayat medis pasien
  • Pemeriksaan usus besar, mengetahui dan mencegah penyakit usus seperti kanker usus
  • Gigi dan mulut, mengetahui kondisi mulut secara keseluruhan
  • Pemeriksaan serviks, dilakukan dengan prosedur pap smear untuk mencegah kanker
  • Kesehatan kulit untuk mengecek kesehatan kulit dan mencegah kanker kulit

Tes Kesehatan Mental: Tujuan, Manfaat, dan Indikatornya

Tes MCU bayar berapa?

tes mcu apa saja cek biaya dan persiapan

Sudah tahu kan sekarang tes MCU apa saja? Mengingat banyaknya serangkaian tes untuk cek kesehatan tubuh, tentunya kamu membutuhkan persiapan terkait dengan biayanya. Berikut kisaran biaya medical check up menurut Peraturan Menteri Keuangan Nomor 109/PMK.05/2014:

  1. Tes MCU paket karyawan: Rp262.000
  2. Paket dasar: Rp757.000
  3. MCU pra nikah dengan TORCH: Rp2.019.000
  4. MCU pra nikah dengan pemeriksaan sperma pria: Rp414.000
  5. Paket khusus Tenaga Kerja Indonesia: Rp711.000
  6. MCU jantung: Rp946.000

Biaya di atas hanyalah kisaran. Sebelum melakukan tes, pastikan kamu menanyakan terlebih dahulu tentang biayanya karena setiap fasilitas kesehatan memiliki tarif yang berbeda.

Persiapan sebelum tes MCU

Sekarang saatnya mengetahui persiapan yang perlu dilakukan sebelum melakukan tes. Berikut beberapa persiapan sebelum melakukan tes kesehatan ini:

  • Pastikan tidur cukup
  • Hindari makan dan minum 8-10 jam sebelum melakukan tes. Minum air putih biasanya masih diperbolehkan.
  • Tidak boleh mengonsumsi alkohol sehari sebelum tes
  • Buat daftar obat yang sedang kamu konsumsi
  • Jika sedang menstruasi dan hamil, ada baiknya kamu memberitahu petugas medis
  • Jangan gunakan perhiasan atau aksesoris berlebihan

Minum susu beruang sebelum medical check up

Selain melakukan persiapan di atas, ternyata ada juga lho yang minum susu beruang sebelum melakukan medical check up. Terkait dengan ini, belum ada bukti ilmiah bahwa mengonsumsi susu beruang dapat membuat hasil tes terlihat bagus.

Justru minuman yang perlu dihindari sebelum tes adalah kopi karena kandungan kafein dalam kopi dapat memengaruhi hasil pemeriksaan atau tes.

Berapa BMI Ideal untuk Cek Kondisi Kesehatan? Begini Cara Menghitungnya!

Sudah paham kan sekarang tes MCU apa saja, kisaran harganya, dan persiapan yang perlu dilakukan sebelum melakukan tes. Jika ingin hasil medical check up yang kamu lakukan bagus, konsumsi makanan sehat dan rutin berolahraga setiap harinya, ya!


Penulis: Tara Anugerah

Share artikel ini
Reference