apakah wanita bisa mimpi basah
Seks & Relationship

Apakah Wanita Bisa Mimpi Basah? Ini Jawabannya

Imelda Rahmawati | Maret 7, 2022
Share

Apakah wanita bisa mimpi basah? Mungkin masih banyak yang menganggap mimpi basah hanya dialami oleh laki-laki. Tapi ternyata wanita juga bisa mengalaminya, penelitian mengatakan sebanyak 37% wanita mengalami mimpi basah. Berbeda dengan laki-laki, mimpi basah yang dialami wanita bukan pertanda masa puber atau tercapainya orgasme.

Meskipun tidak banyak wanita yang mengalami mimpi basah, namun pada kenyataannya mimpi basah pada wanita adalah hal lumrah. Kamu tidak perlu malu atau khawatir saat mengalami kondisi ini. Yuk cari tahu lebih banyak tentang mimpi basah pada wanita.

Apa itu mimpi basah?

Mimpi basah adalah keluarnya cairan lubrikasi akibat pelepasan rangsangan seksual melalui mimpi. Disebut mimpi basah, karena kamu mengeluarkan cairan dari alat kelamin saat sedang tidur. Mirip dengan mengompol, namun cairan yang dikeluarkan bukan air kencing.

Mimpi basah pada pria merupakan suatu tanda tercapainya kedewasaan atau masa pubertas. Kondisi ini ditandai dengan penis yang mengeras karena ejakulasi ketika bangun tidur. Hal ini menunjukan bahwa mimpi basah pada pria berkaitan dengan orgasme.

Wanita juga dapat mengeluarkan cairan lubricant saat tidur. Namun dalam kasus ini, tidak selalu disebabkan oleh orgasme, meskipun tidak menutup kemungkinan akan hal itu. Kebanyakan orang tidak dapat mengingat secara pasti telah mengalami orgame ketika tidur atau tidak.

Apakah wanita bisa mimpi basah?

Wanita bisa mengalami mimpi basah yang terkait dengan mimpi seks atau bukan. Cairan lubricant yang keluar saat tidur disebabkan oleh rangsangan ketika bermimpi, terlepas dari orgasme atau tidak.
Ketika mimpi basah aliran darah ke daerah panggul akan meningkat sehingga membuat kamu terangsang. Sama halnya saat kamu melakukan hubungan seksual, kamu akan mengeluarkan cairan dari vagina meskipun belum mencapai orgasme.

Meskipun wanita memiliki sedikit orgasme ketika tidur dibandingkan laki-laki, bukan hal yang tidak mungkin wanita mengalami mimpi basah, karena itu merupakan sebuah bentuk fantasi seksual.

Ciri ciri mimpi basah pada wanita

Mimpi basah ditandai dengan adanya cairan yang keluar dari vagina, sama halnya ketika kamu sedang terangsang saat berhubungan seks. Biasanya kondisi ini akan membuat kamu terbangun, atau baru menyadarinya saat bangun di pagi hari.

Saat tidur tubuh akan mengalami REM, dimana semua otot sedang rileks dan otak beraktivitas (mimpi). Pada saat itu aliran darah ke area vagina akan sangat meningkat dan membuat tubuh menjadi sangat rileks.

Sensasi tersebut merupakan pengalaman yang intens dan sering juga disebut sebagai orgasme nocturnal. Hal ini tidak bisa terjadi karena diinginkan atau disengaja, yang dinamakan mimpi pastinya terjadi di area alam bawah sadar.

Apakah wanita yang mimpi basah normal terjadi

Bukan hal yang abnormal ketika kamu mengalami mimpi basah. Beberapa sumber memang belum menemukan ada penyebab pasti seseorang mengalami mimpi basah. Beberapa sumber mengatakan hal ini terkait dengan aktivitas seksual seseorang.

Seperti pada laki-laki yang memiliki hormon testosteron tinggi, mereka memiliki kemungkinan besar sering bermimpi basah. Mimpi basah juga belum tentu mencerminkan sebuah keinginan hasrat seksual, karena tidak memiliki dasar yang benar-benar logis.

Jadi jika kamu mengalami mimpi basah, bukan berarti kamu sedang ingin melakukan hubungan seksual. Mimpi basah terjadi begitu saja, kamu tidak bisa mencegahnya agar tidak terjadi. Ini adalah normal yang tidak perlu dikhawatirkan.

Apakah mimpi basah pada wanita bisa berhenti

Banyak orang percaya bahwa untuk mengurangi frekuensi mimpi basah, yaitu dengan cara meningkatkan aktivitas seksual. Sehingga hormon seksual tersalurkan secara sadar dan bisa mengurangi alam bawah sadar untuk menyalurkannya.

Beberapa sumber juga mengatakan, untuk berhenti dari mimpi basah kamu tidak boleh sering memegang atau mengurangi sentuhan dengan area kelamin. Kamu bisa juga mencoba dengan mengatur area tidur dan posisi tidur lebih nyaman.

Menghindari konten seksual sebelum tidur bisa menjadi upaya menghindari mimpi basah. Alihkan pikiran kamu agar tidak fokus pada hal berbau seksual. Hubungi dokter jika kamu mulai merasa terlalu sering mimpi basah sampai merasa terganggu.

Reference
Share