apa itu panseksual

apa itu panseksual

Menjadi salah satu jenis orientasi seksual, sebenarnya apa itu panseksual? Menurut Google Trends, term pansexual dulunya tidak terlalu banyak dicari oleh orang.

Namun di pertengahan 2010, term ini dan istilah lainnya seperti “non-biner” mulai banyak dicari di Google.

Kalau kamu sendiri, apakah sudah mengetahui apa itu panseksual? Banyak dikaitkan dengan biseksual, ternyata kedua orientasi seksual tersebut sangat berbeda, lho.

Apa saja perbedaannya? Lalu, bagaimana cara kerja panseksual di dalam sebuah hubungan? Yuk, cari tahu selengkapnya di sini!

Apa itu panseksual?

Mengutip dari Verywell Mind, panseksual diambil dari penggabungan kata pan (Bahasa Yunani) yang berarti semua dan juga seksual. Lantas, apa itu panseksual?

Panseksual adalah orientasi seksual di mana seseorang bisa tertarik secara romantis, emosional atau seksual kepada semua orang tanpa memandang jenis kelamin tertentu.

Meskipun bisa tertarik tanpa memandang jenis kelamin, orang yang memiliki orientasi panseksual tetap memiliki standarnya tersendiri.

Menurut wawancara yang dilakukan antara Verywell Mind dengan dr. Sera Lavelle, psikolog klinis dari Amerika Serikat, seorang panseksual tidak akan merasa bahwa jenis kelamin menjadi faktor utama dalam menentukan ketertarikan pada seseorang.

Jadi, tanda utama dari seseorang yang panseksual adalah ketertarikan mereka tidak hanya pada laki-laki saja, melainkan juga kepada perempuan serta non-biner (identitas gender yang tidak menyatakan bahwa ia laki-laki atau perempuan).

perbedaan panseksual dan biseksual
perbedaan panseksual dan biseksual

Perbedaan panseksual dan biseksual

Sejauh ini, kamu sudah mengetahui apa itu panseksual. Namun jika dilihat dari pengertiannya, orientasi ini sering dibilang mirip dengan biseksual. Benarkah hal tersebut?

Melansir dari Web MD, kedua orientasi seksual tersebut memanglah serupa, tetapi tak sama.

Biseksual adalah orientasi ketertarikan pada 2 atau lebih jenis kelamin, tetapi tidak semuanya. Sedangkan panseksual adalah orientasi yang tertarik pada seluruh jenis kelamin.

Namun, memang istilah biseksual terdengar lebih sering. Jadi, kebanyakan orang menyebut dirinya biseksual karena lebih dikenal di masyarakat.

Bagaimana panseksual bekerja dalam hubungan?

Lalu, bagaimana panseksual bekerja dalam hubungan? Menurut Web MD, seseorang dengan orientasi panseksual biasanya pernah menjalani hubungan yang beragam.

Layaknya hubungan yang dijalankan kebanyakan orang, seseorang yang berhubungan dengan panseksual perlu mendiskusikan berbagai batasan yang ada.

Lebih baik untuk tidak membuat asumsi tersendiri tentang hal-hal seperti monogami, tindakan seksual tanpa persetujuan, hingga preferensi umum lainnya.

Sebab, setiap orang tentunya memiliki preferensi yang berbeda dan perlu dihormati. Maka dari itu, cobalah untuk berkomunikasi mengenai cara kerja di dalam hubungan jika kamu memiliki pasangan yang panseksual.

Mitos dan kesalahpahaman tentang panseksual

mitos dan kesalahpahaman tentang panseksual
mitos dan kesalahpahaman tentang panseksual

Setelah mengupas tentang apa itu panseksual, perbedaannya dengan biseksual, serta cara kerjanya di dalam sebuah hubungan, ada banyak juga mitos yang beredar mengenai orientasi seksual yang satu ini.

Mengutip dari Stonewall UK, berikut ini mitos dan kesalahpahaman tentang panseksual yang sering disebut oleh banyak orang.

1. Panseksual dan biseksual adalah sama

Banyak orang yang beranggapan jika kedua orientasi seksual tersebut sama. Namun seperti yang sudah dijelaskan di atas, keduanya ini sangat berbeda, lho.

Mungkin terdengar mirip, tetapi panseksual terbilang lebih luas daripada biseksual.

2. Transphobic atau transphobia

Transphobic atau yang lebih sering dikenal dengan transphobia adalah perasaan tidak suka pada seseorang yang melakukan transgender.

Banyak sekali kesalah pahaman atau anggapan bahwa panseksual adalah transphobia.

Nyatanya, orientasi seksual ini tidak memiliki rasa kebencian sama sekali pada seseorang yang melakukan transgender.

Sebab, mereka tidak memandang jenis kelamin tertentu dalam memilih pasangan.

3. Individu panseksual tertarik pada semua orang

Panseksual memang tertarik pada seseorang tanpa jenis kelamin tertentu. Namun, bukan artinya mereka bisa tertarik pada semua orang.

Hal ini dikarenakan mereka memiliki preferensi tersendiri yang menentukan kriteria seseorang yang mereka sukai.

Nah, itulah pembahasan mengenai apa itu panseksual, cara kerjanya di dalam sebuah hubungan, serta berbagai kesalahpahaman banyak orang terhadap orientasi seksual yang satu ini.

Pada akhirnya, tidak ada cara yang dianggap paling benar atau paling salah dalam menentukan orientasi seksual.

Jadi, kamu hanya perlu mengenali diri sendiri lebih dalam lagi agar tahu apa yang dirimu mau.

Share artikel ini
Reference