beda sakit perut haid dan hamil

Sakit perut haid dan hamil terkadang membingungkan karena rasanya hampir sama, sakit perut di awal kehamilan disebut juga kram implantasi. Kamu perlu mengenali perbedaannya, karena kram implantasi harus menghindari penggunaan obat antiinflamasi, seperti aspirin.

Hal ini karena mengkonsumsi obat anti inflamasi sekitar waktu pembuahan dapat meningkatkan risiko keguguran, menurut sebuah studi tahun 2003. Kram implantasi terjadi karena sel telur yang telah dibuahi menempel pada lapisan rahim. 

Perbedaan sakit perut haid dan hamil

Sakit perut kanan bawah

Rasa sakit yang biasa terjadi di daerah panggul sering kali menjadi pengingat bahwa menstruasi Anda sedang berlangsung. Namun dalam beberapa kasus, kram juga dapat menandakan awal kehamilan. Berikut adalah beberapa hal yang perlu kamu ketahui untuk membedakan kram menstruasi dan implantasi:

Intensitas nyeri

Implantasi dapat menyebabkan kram ringan dan gejala lain seperti kembung atau sembelit pada beberapa orang. Tidak banyak penelitian tentang kram implantasi, tetapi sensasinya tampak berbeda-beda pada setiap orang.

Dilansir dari Very Well Health, beberapa orang melaporkan gejalanya terasa seperti kram ringan, nyeri, atau kesemutan ringan. Kram pada awal kehamilan juga dapat terasa seperti sensasi menusuk, kesemutan, atau tarikan yang datang dan pergi, atau berlangsung selama 1-2 hari sebelum mereda total.

10 Cara Mengatasi Sakit Perut Saat Haid Di Rumah dengan Mudah!

Sedangkan kram menstruasi dapat terasa lebih intens, nyata, parah, atau menyakitkan. Banyak kram menstruasi yang dapat dirasakan hanya pada satu sisi perut bagian bawah saat salah satu ovarium melepaskan sel telur. Kram pada awal kehamilan umumnya dirasakan di seluruh perut bagian bawah, area panggul, atau punggung bawah.

Ingat kapan waktu menstruasi terakhir

Waktu antara ovulasi dan menstruasi adalah sekitar 14 hari untuk orang dengan siklus menstruasi rata-rata 28 hari. Jika kram implantasi terjadi hingga 10 hari setelah ovulasi, kamu mungkin menduga bahwa sudah sekitar 20 hingga 24 hari sejak hari pertama menstruasi terakhir.

Waktu kemungkinan pembuahan

Karena siklus menstruasi setiap orang berbeda, menentukan waktu pembuahan tentu berbeda juga. Umumnya, sel telur dapat dibuahi beberapa menit hingga beberapa hari setelah hubungan seksual. Sel telur yang baru dibuahi membutuhkan waktu hingga 10 hari setelah ovulasi untuk tertanam ke dalam dinding rahim.

10 Penyebab Sakit Perut Sebelah Kanan Bawah, Waspadai dan Segera Tangani!

Ciri sakit perut tanda hamil

Tidak semua orang mengalami kram selama implantasi. Secara umum, sakit perut tanda hamil hanya berupa kram ringan atau sedang. Sensasinya bisa terasa seperti:

  • Menusuk
  • Merasa tertarik seperti kontraksi 
  • Merasa seperti kesemutan

Hal ini dapat membantu membedakannya dengan kram menstruasi. Nyeri kram yang hebat selama implantasi adalah hal yang jarang terjadi. Jika kamu mengalami kram yang menyakitkan di antara siklus haid, maka harus segera periksa ke dokter.

Implantasi cenderung terjadi 6 sampai 12 hari setelah ovulasi ketika kehamilan terjadi. Ini adalah waktu yang hampir sama dengan waktu perkiraan menstruasi hari pertama. Jika sel telur telah dibuahi, tubuh mempersiapkan lapisan rahim untuk menerima dan melindungi sel telur.

5 Tips Atasi Haid Hari Pertama, Anti Sakit Perut!

Beberapa perdarahan ringan atau bercak dapat terjadi saat kram implantasi. Hal ini disebut perdarahan implantasi dan lebih ringan daripada menstruasi biasa.

Gejala awal hamil selain kram perut

sakit perut saat hamil

Kram atau pendarahan implantasi mungkin merupakan tanda awal kehamilan. Sangat mudah untuk salah mengira kram menstruasi atau menstruasi ringan sebagai gejala implantasi. Karena kemiripan gejala antara menstruasi dan implantasi. Kenali gejala awal kehamilan lainnya, seperti:

  • Payudara terasa bengkak, lunak, lebih berat, atau lebih penuh
  • Kelelahan yang ekstrem
  • Merasa mual atau muntah
  • Kehilangan nafsu makan atau mengidam makanan
  • Sakit kepala
  • Sembelit
  • Perubahan suasana hati
  • Mudah menangis
  • Pusing hingga pingsan
  • Suhu tubuh meningkat
  • Siklus haid yang terlewat

Kram yang mirip dengan kram menstruasi dapat terjadi pada trimester pertama dan kedua. Kram pada awal kehamilan yang normal ini berlangsung dari beberapa menit hingga beberapa jam. Kram biasanya ringan dan dapat berkurang dengan perubahan posisi. 

Rasa sakit umum lainnya yang mungkin kamu rasakan, yaitu sakit selangkangan. Ini adalah rasa sakit yang cepat dan tajam pada vagina, yang dialami banyak orang tanpa membahayakan kehamilan. Hubungi dokter kandungan jika memiliki pertanyaan atau kekhawatiran tentang kram (atau masalah lain) dalam kehamilan. 

___________________

Penulis: Afifa

Share artikel ini
Reference