Sakit perut kanan bawah

Mengalami sakit perut sebelah kanan bawah tentu membuat tubuh terasa tidak nyaman ya ladies. Aktivitas akan menjadi terhambat dan nyeri yang tidak tertahankan dapat berlangsung lama sehingga membuat tubuh terasa lelah.

Apa yang menjadi penyebab sakit perut di kanan bawah? Berbahayakah bagi wanita dan bagaimana cara mengatasinya? Yuk simak dulu ulasan lengkapnya berikut ini.

Sakit perut sebelah kanan bawah pada wanita

Perut adalah bagian antara panggul dan dada. Di dalamnya terdapat banyak organ vital yang penting untuk proses pencernaan makanan seperti hati dan usus. Pada bagian kanan bawah berisi bagian usus besar dan ovarium kanan pada wanita. Rasa sakit yang muncul pada bagian ini bisa menjadi berbagai tanda penyakit yang harus diwaspadai.

Meskipun begitu, ada beberapa jenis sakit yang bisa hilang tanpa harus dilakukan perawatan, seperti nyeri haid. Nyeri ini bisa hilang saat menstruasi mereda dan memperbanyak istirahat serta minum air putih. Namun ada juga beberapa nyeri di perut kanan bawah yang mengindikasikan penyakit atau keluhan tertentu.

Penyebab sakit perut sebelah kanan

Kondisi sakit perut sebelah kanan bawah bisa disebabkan karena berbagai faktor. Sakit perut ini juga dapat dirasakan mulai dari sakit ringan hingga sangat parah. Beberapa kondisi yang dapat menyebabkan nyeri ini adalah:

1. Infeksi saluran kemih

Infeksi saluran kemih dapat menyebabkan sakit atau nyeri pada saat buang air kecil. Nyeri biasanya datang bersama dengan demam. Hal ini bisa terjadi karena bakteri yang menuju saluran kencing sehingga menginfeksi saluran kencing.

2. Radang usus buntu

Sakit pada usus buntu dimulai dari sekitar pusar dan menuju perut kanan bawah. Usus buntu menyebabkan gejala lain muncul seperti mual, muntah dan demam.

3. Penyakit radang usus atau inflammatory bowel disease

Radang usus menyebabkan perut terasa nyeri, sakit yang tidak tertahankan bersama dengan demam, diare atau buang air besar berdarah.

4. Sindrom iritasi usus atau irritable bowel syndrome

Nyeri perut ini bisa disebabkan karena sindrom iritasi usus. Kumpulan gejala ini muncul karena pergerakan pada usus yang berlebihan sehingga menyebabkan gangguan saraf usus. Gejala nyeri ini bisa ditandai dengan diare atau terdapat lendir saat buang air besar.

5. Nyeri menstruasi

Sakit perut juga bisa dialami saat wanita sedang mengalami kram perut menstruasi. Tidak hanya sebelah kanan, namun juga perut kiri juga dapat terasa nyeri selama beberapa hari.

6. Batu saluran kemih

Nyeri perut kanan bawah ini juga berhubungan dengan ginjal. Saat endapan mineral yang terdapat pada ginjal terbawa urine sampai saluran kemih, hal ini dapat menyebabkan nyeri yang tidak tertahankan dan sakit perut sebelah kanan bawah.

7. Kista ovarium

Kista ovarium pada wanita bisa membesar dan pecah. Kista ini dapat menyebabkan sakit perut kanan bahwa yang parah.

8. Endometriosis

Endometriosis merupakan sakit atau nyeri perut kanan bawah saat berhubungan intim dan mengalami perdarahan di luar dari periode menstruasi.

9. Kolangitis atau peradangan saluran empedu

Pembengkakan pada saluran empedu merupakan sejenis penyakit hati. Empedu merupakan cairan yang membantu tubuh mencerna dan menyerap lemak, jika saluran empedu meradang, maka empedu akan kembali ke hati dan menyebabkan penyakit dan berbagai keluhan, salah satunya sakit perut sebelah kanan bawah.

10. Hepatitis

Hepatitis terjadi karena organ liver atau hati mengalami peradangan akibat infeksi. Hepatitis bisa terjadi karena efek samping obat, konsumsi alkohol, perlemakan hati, penyakit autoimun yang menyebabkan gejala nyeri perut kanan, mual, muntah hingga urine berwarna gelap.

Sakit perut sebelah kanan bawah apakah berbahaya

Sakit perut pada kanan bawah diidentifikasi bahayanya menurut 3 hal di bawah ini:

  • Lokasi nyeri
  • Kualitas atau jenis nyeri yang dirasakan
  • Intensitas rasa sakit

Berbahaya atau tidaknya nyeri perut ini tentunya bisa diketahui setelah adanya hasil pemeriksaan dokter secara mendalam, selain itu biasanya sebelum dilakukan pemeriksaan, kamu juga akan ditanya mengenai jenis sakitnya seperti:

  • Apakah nyeri menjalar ke daerah lain?
  • Apakah rasa nyeri datang dan pergi?
  • Apa yang membuat nyeri menjadi lebih sakit atau lebih buruk?

Kemungkinan besar dokter akan melakukan pemeriksaan dan tindakan seperti:

  • Pemeriksaan fisik
  • Pemeriksaan penunjang berupa tes darah, tes urine
  • Pemeriksaan radiologi seperti foto Rontgen, CT Scan, atau USG

Sakit perut yang parah bisa menjadi tanda penyakit apa?

Sakit perut sebelah kanan tanda penyakit

Nyeri perut bagian ini memang bisa mengindikasikan atau tanda penyakit tertentu disesuaikan dengan pemeriksaan dan jenis sakit yang dirasakan. Beberapa jenis penyakit yang sering ditandai dengan sakit perut sebelah kanan adalah:

  • Radang usus buntu
  • Infeksi saluran kemih
  • Batu saluran kemih
  • Sindrom iritasi usus
  • Kista ovarium
  • Endometriosis
  • Radang usus
  • Radang empedu
  • Hepatitis
  • Kehamilan ektopik

Jika mengalami nyeri yang parah dan terjadi terus menerus, satu-satunya jalan adalah dengan melakukan pemeriksaan lebih mendalam dan dokter akan mendiagnosis lokasi sakit dan jenis penyakit yang dialami.

Cara mencegah sakit perut sebelah kanan bawah

Sakit perut kanan bawah yang belum terlalu parah bisa diatasi dengan memperbaiki pola makan dan hidup yang lebih sehat seperti:

  • Konsumsi cukup air putih. Perhatikan konsumsi air putih cukup, yaitu minimal 2 liter sehari. Pada beberapa kasus, kekurangan air putih dapat menyebabkan penyakit ginjal dan keluhan saluran kencing sehingga penting untuk mencukupi kebutuhan air.
  • Makan dalam porsi kecil-kecil. Konsumsi makanan sehat dan bergizi dalam porsi kecil dan pelan-pelan saat makan. Terlalu cepat makan dapat menyebabkan gas masuk terlalu banyak sehingga menyebabkan nyeri pada perut.
  • Menggunakan obat anti nyeri. Jika nyeri sudah mengganggu aktivitas, konsumsi obat anti nyeri dengan resep dokter bisa dilakukan.
  • Kompres air hangat. Kompres dan balut perut dengan air hangat agar dapat meredakan nyeri yang tidak tertahankan.
  • Gunakan obat gosok. Obat gosok bisa digunakan untuk mengalihkan rasa nyeri dan membuat perut terasa lebih nyaman.
  • Konsultasi ke dokter. Lakukan pemeriksaan dan tindakan jika tingkat nyeri sudah tidak bisa ditahan. Dokter akan melakukan pemeriksaan sesuai prosedur sehingga bisa dilakukan penanganan yang tepat.

Sakit perut sebelah kanan bawah bisa mengindikasikan beragam penyakit ya ladies. Jika kamu merasa sakit yang tidak tertahankan, maka sebaiknya segera lakukan pemeriksaan ke dokter sehingga bisa dilakukan tindakan pengobatan yang tepat.

Share artikel ini
Reference