sakit pinggang sebelah kanan pada wanita

sakit pinggang sebelah kanan pada wanita

Sakit pinggang sebelah kanan pada wanita dapat disebabkan oleh nyeri otot. Namun, di lain waktu, rasa sakit dapat saja tidak berhubungan sama sekali dengan otot, melainkan cedera, infeksi, maupun peradangan.

Ketika kamu mengalami nyeri, sebenarnya bisa saja kamu mengalami masalah dengan satu jaringan atau ligamen yang kemudian menyebar menjadi sakit pinggang sebelah kanan pada wanita.

Lalu, apa saja penyebab sakit pinggang sebelah kanan? Yuk, simak dulu gejala-gejala sakit pinggang sebelah kanan berikut.

Gejala sakit pinggang sebelah kanan pada wanita

Ya, gejala sakit pinggang sebelah kanan pada wanita yang biasa kamu rasakan seperti pegal-pegal adalah tanda bahwa kamu mengalami sakit pinggang. Namun, ada beberapa gejala sakit pinggang lain yang menandakan bahwa kamu mengalami sakit pinggang yaitu seperti:

  • Nyeri di tengah punggung atau sisi lain
  • Rasa sakit yang menyulitkan tubuh untuk bergerak
  • Pinggang kanan atas terasa sakit saat bernapas dalam-dalam
  • Rasa sakit meningkat ketika menggerakkan bahu, lengan, atau punggung
  • Nyeri ketika batuk atau bersin
  • Mengalami kesemutan atau mati rasa
  • Sakit leher atau otot terasa kaku
  • Rasa sakit ketika berdiri atau berjalan
  • Kekakuan atau kelemahan pada otot

Penyebab sakit pinggang sebelah kanan pada wanita

Sakit pinggang sebelah kanan pada wanita disebabkan oleh banyak faktor. Faktor tersebut memengaruhi otot, tulang, saraf, serta organ yang kemudian mengakibatkan munculnya rasa sakit di sisi kanan bawah punggung wanita. Berikut penjelasannya:

1. Regangan atau cedera otot

Regangan otot adalah kondisi bergesernya otot atau tendon sehingga menyebabkan otot terpuntir atau terkilir. Gejala yang dialami berupa terbatasnya gerakan pada ekstremitas alat gerak dan rasa nyeri semakin bertambah saat digerakkan.

Regangan atau cedera otot disebabkan oleh kelelahan atau gerakan berulang seperti membungkuk di depan layar komputer, ataupun mengangkat beban berat secara tiba-tiba.

Disamping itu, sakit pinggang sebelah kanan pada wanita juga terjadi karena kecelakaan mendadak dalam bentuk apapun, jatuh, serta benturan yang menyebabkan cedera otot ringan hingga cedera yang parah.

Jika kamu mengalami kekakuan otot, peregangan atau robekan pada ligamen, ataupun kontraksi tiba-tiba pada otot seperti saat berolahraga maka, dapat diartikan bahwa kamu mengalami cedera otot ringan.

2. Kram saat menstruasi

Entah saat menstruasi atau tepat sebelum menstruasi dimulai, wanita kerap kali mengalami nyeri perut atau kram di perut bagian bawah yang kemudian menjalar ke punggung bawah.

Disebabkan oleh perubahan hormon, hormon prostaglandin berfungsi untuk memicu kontraksi pada rahim agar dinding rahim menjadi luruh. Ketika produksi hormon prostaglandin meningkat maka semakin besar nyeri atau kram perut akibat kontraksi.

Tidak jarang, semakin banyak produksi hormon makan semakin besar kram yang dirasakan hingga ke punggung bawah atau pinggang.

3. Tekanan pada saraf tulang belakang

Selain mengangkat beban berat, ternyata cedera otot dapat menyebabkan terjadinya hernia nukleus pulposus (HNP) dimana bantalan pada ruas tulang belakang yang lunak bergeser, robek, atau pecah, yang kemudian terdorong keluar hingga menonjol melalui celah antar ruas tulang belakang.

Kondisi tersebut akan menekan saraf di tulang belakang sehingga mengakibatkan punggung terasa nyeri, pegal, ataupun linu.

4. Fraktur vertebra

Kerap disebut sebagai patah tulang belakang, fraktur vertebra adalah salah satu penyebab sakit pinggang sebelah kanan pada wanita yang disebabkan oleh benturan seperti jatuh, tabrakan, olahraga, kecelakaan mobil, ataupun cedera lainnya.

Benturan yang keras mengakibatkan tulang belakang retak hingga patah. Selain terjepit, sumsum tulang belakang atau saraf dapat saja tertusuk oleh tulang yang retak atau patah akibat dari benturan.

5. Osteoporosis

Osteoporosis adalah penyakit tulang yang meningkatkan risiko terjadinya patah tulang. Umumnya, penderita osteoporosis baru menyadari penyakit ini ketika mereka mendapat fraktur kompresi di tulang belakang.

Tanda sederhana dari osteoporosis adalah kuku yang rapuh, penyusutan tulang yang mengakibatkan tinggi badan berkurang, gusi surut atau merosot hingga akar gigi terlihat, serta menurunnya kekuatan genggaman tangan.

6. Sindrom nyeri myofascial

Sindrom nyeri myofascial adalah sakit pinggang sebelah kanan pada wanita yang menyebabkan nyeri kronis pada jaringan ikat (fasia) yang menutupi otot dan cakram intervertebralis tulang belakang.

Sering disebabkan oleh aktivitas gerakan berulang, nyeri myofascial menyebabkan rasa sakit di dalam otot dan area lain pada tubuh. Gejala umum sindrom nyeri myofascial adalah rasa sakit yang tidak kunjung membaik.

7. Stres

Ternyata perasaan stress, gugup, atau cemas dapat menyebabkan sakit pinggang sebelah kanan pada wanita. Mengapa demikian?

Ketika stress, tubuh secara alami bersiap untuk merespon dan menyiapkan diri untuk menghadapi perubahan besar. Kondisi ini menyebabkan otot menjadi kaku dan tegang.

8. Masalah ginjal

Terletak di kedua sisi tulang belakang di bawah tulang rusuk, ginjal kanan yang menggantung sedikit lebih rendah dari ginjal kiri menyebabkan nyeri punggung bawah jika terinfeksi, teriritasi, atau meradang. Masalah ginjal yang paling umum adalah batu ginjal dan infeksi ginjal.

  1. Batu ginjal
    Struktur padat seperti kerikil yang terdiri dari mineral. Batu yang bersarang di ureter akan menyebabkan rasa sakit yang tajam dan kram di sepanjang punggung, perut bagian bawah, serta selangkangan.
  2. Infeksi ginjal
    Sakit pinggang sebelah kanan pada wanita karena infeksi ginjal disebabkan oleh bakteri seperti E. coli yang berjalan melalui ureter ke kandung kemih dan ginjal.

Masalah ginjal yang tidak diobati dapat menyebabkan kerusakan ginjal permanen dan infeksi darah yang mengancam jiwa.

9. Apendisitis atau radang usus buntu

Usus buntu adalah saluran kecil yang menempel pada usus besar dan berada di sisi kanan bawah tubuh. Sekitar 5% orang berusia antara 10 dan 30 tahun mengalami radang atau infeksi usus buntu.

Selain mengalami nyeri, infeksi yang menyebabkan usus buntu membengkak menyebabkan penderita mengalami rasa penuh di perut dekat pusar. Dalam situasi yang lebih serius, rasa sakit terasa memburuk jika kamu menekan area yang nyeri.

10. Endometriosis

Endometriosis adalah suatu kondisi dimana jaringan yang menyerupai lapisan dinding rahim, atau endometrium tumbuh pada bagian tubuh lainnya seperti ovarium, tuba falopi, vagina dan leher rahim. Penyakit ini dapat menyebabkan nyeri kronis pada pinggang sebelah kanan bawah atau panggul

11. Kehamilan

Kehamilan juga dapat menyebabkan sakit pinggang sebelah kanan pada wanita. Wanita hamil merasakan nyeri punggung bawah atau di kedua sisi tulang belakang yang dapat dikurangi dengan melakukan peregangan, mandi air hangat, memijat, serta memakai alas kaki yang nyaman.

Faktor risiko

Meskipun sakit pinggang dapat terjadi pada siapa saja, ada beberapa faktor risiko yang menyebabkan kamu lebih sering mengalami sakit punggung sebelah kanan. Berikut adalah beberapa faktor risiko sakit pinggang sebelah kanan pada wanita:

  • Berat badan berlebih atau obesitas yang memberikan lebih banyak tekanan pada punggung
  • Otot yang lemah di punggung dan perut karena jarang berolahraga
  • Pertambahan usia
  • Postur tubuh yang buruk ketika mengangkat beban berat atau karena gerakan berulang seperti duduk terlalu lama
  • Memiliki kebiasaan merokok yang mampu mengurangi aliran darah ke tulang belakang

Selain beberapa faktor di atas, masalah mental seperti stres atau depresi dapat memengaruhi kondisi tubuh termasuk memicu pinggang sebelah kanan terasa nyeri.

Kapan seseorang harus ke dokter?

Seseorang tidak harus segera mengunjungi dokter sebab umumnya nyeri punggung akan sembuh dengan perawatan di rumah dalam beberapa hari. Namun, jika kamu mengalami salah satu dari berikut ini, bergegaslah temui dokter:

  • Rasa sakit tidak menghilang dalam beberapa hari dan tidak mengalami perbaikan setelah mendapat obat rawat jalan
  • Rasa sakit yang mengganggu aktivitas sehari-hari
  • Mengalami gangguan menahan urin
  • Urin keruh, berdarah, dan beraroma tidak sedap
  • Demam
  • Mual
  • Muntah
  • Buang air besar berdarah atau mempunyai nanah

Pemeriksaan lain yang mungkin akan dianjurkan oleh dokter seperti sinar X, computerized tomography atau CT scan, myelogram, tes konduksi saraf, pemindaian tulang, ultrasonografi (USG), tes darah, hingga magnetic resonance imaging (MRI).

Penanganan sakit pinggang sebelah kanan pada wanita

Biasanya, rasa sakit pada pinggang sebelah kanan dapat diatasi dengan melakukan penanganan sederhana di rumah atau bahkan hanya dengan melakukan perubahan gaya hidup yang lebih sehat. Berikut adalah beberapa penanganan sakit pinggang sebelah kanan pada wanita yang bisa kamu lakukan:

  • Mengompres rasa sakit dengan es atau air hangat selama 20 hingga 30 menit setiap 2 sampai 3 jam
  • Mengonsumsi obat pereda nyeri sesuai saran dokter
  • Minum air putih setidaknya 8 gelas setiap hari untuk menghidrasi tubuh
  • Membatasi asupan protein hewani dan garam untuk mengurangi risiko batu ginjal
  • Membersihkan daerah intim dari depan ke belakang untuk mencegah infeksi saluran kemih
  • Memperhatikan postur tubuh saat mengangkat beban berat seperti jongkok
  • Melakukan peregangan otot-otot yang tegang selama beberapa menit setiap hari

Pencegahan sakit pinggang sebelah kanan pada wanita

Meskipun sakit punggung dapat sembuh dengan melakukan perawatan di rumah selama beberapa hari, tentu saja lebih baik jika kamu mencegah penyakit-penyakit dalam tubuh. Berikut adalah beberapa cara untuk mencegah sakit pinggang sebelah kanan pada wanita:

Olahraga

Olahraga ringan dan latihan seperti peregangan dapat membantu meredakan nyeri dan kekakuan otot. Jika kamu jarang olahraga, tonus otot akan memburuk dan melemah.

Memijat

Melakukan pijatan di sekitar leher bagian bawah dan tulang belikat yang berbentuk segitiga dan terletak di bagian belakang bahu atau punggung bagian atas untuk membantu mengurangi myofascial.

Menjaga berat badan

Dengan menjaga berat badan, kamu mengurangi risiko tekanan yang lebih banyak pada punggung.
Istirahat. Anda juga dapat istirahat di tempat tidur selama beberapa jam untuk mengurangi rasa sakit. Kamu bisa melakukan ini selama satu hingga dua hari.

Membatasi asupan rokok

Rokok dapat mengurangi aliran darah ke seluruh tulang belakang. Rokok juga dapat memperlambat waktu penyembuhan kamu yang sudah mengalami sakit pinggang karena cedera.

Selain lima cara di atas, cegah sakit pinggang sebelah kanan dengan membatasi aktivitas seperti mengangkat beban berat, melakukan gerakan secara perlahan, dan memperbaiki postur tubuh ketika duduk.

Share artikel ini
Reference