polofar plus obat apa

polofar plus obat apa

Kalau ditanya cara agar terbebas dari alergi, jawabannya sudah pasti dengan menghindari berbagai penyebab alergen. Namun, apabila tak bisa terhindarkan, biasanya dokter akan merekomendasikan beberapa obat untuk mengatasi alergi seperti obat polofar plus. Bagi Yoonies yang ingin mengetahui lebih lanjut polofar plus obat apa, yuk simak artikel ini!

Sebagian besar orang tentu pernah mengalami alergi, mungkin kamu pun pernah mengalaminya. Yup, pada dasarnya alergi bisa menyerang siapa saja tanpa mengenal gender maupun usia. Secara medis, alergi adalah reaksi tubuh terhadap protein (alergen) yang biasanya tidak berbahaya.

Saat kamu mengalami alergi, biasanya kamu akan mengalami beberapa reaksi gejala, seperti gatal di seluruh tubuh, gatal di area tertentu, mual, muntah, bersin, mata berair, dan mengalami berbagai gejala lainnya. 

Polofar plus obat apa?

Polofar plus merupakan salah satu obat yang diproduksi oleh PT Ifars Pharmaceutical. Dalam memproduksi obat ini, PT Ifars Pharmaceutical mengombinasikan 2 bahan aktif, yakni dexamethasone 0,5 miligram dan dexchlorpheniramine maleate (CTM) 2 miligram.

Kedua kandungan tersebut dikenal sebagai obat antialergi dan antiinflamasi dalam intensitas tinggi. Dengan kombinasi dexamethasone dan dexchlorpheniramine maleate, polofar plus bekerja untuk mengatasi kondisi alergi disertai peradangan yang memerlukan terapi dengan kortikosteroid.

Jika kamu bertanya polofar plus obat apa, biasanya dokter merekomendasikan para pasien yang mengalami gejala reaksi alergi pada kulit, mata, dan pernapasan untuk mengonsumsi polofar plus. Obat polofar plus bekerja dengan merawat atau mencegah berbagai kondisi medis dengan cara memblokir atau menghalangi histamin dari tubuh.

Di pasaran, kamu bisa menemukan polofar plus dalam bentuk kaplet salut selaput. Namun, perlu diketahui bahwa obat ini tergolong obat keras sehingga tidak bisa digunakan sembarangan tanpa pantauan dokter.

Sering Digunakan Sebagai Pereda Nyeri, Arcoxia Obat Apa Sih?

Manfaat polofar plus

manfaat polofar plus apa

Setelah mengetahui polofar plus obat apa, kamu juga perlu mengenali manfaat atau kegunaan obat ini. Ada berbagai manfaat polofar plus yang perlu kamu ketahui, tetapi umumnya obat ini dikonsumsi untuk mengobati penyakit yang disebabkan oleh alergi, seperti:

  1. Hay fever atau rhinitis alergi biasanya dipicu oleh alergen musiman seperti serbuk sari atau rumput, tungau debu, dan bulu binatang hingga menyebabkan bersin, pilek, dan mata berair dan gatal.
  2. Mengobati asma bronkial kronis akibat alergi
  3. Flu biasa
  4. Dermatitis kontak maupun atopik
  5. Konjungtivitis yang disebabkan oleh alergi
  6. Mata bengkak dan berair akibat alergi
  7. Rhinitis yang disebabkan oleh alergi

Lecozinc Zinc Sulfate Monohydrate Obat Apa? Ini Manfaatnya

Dosis dan aturan pakai

Mengingat obat ini tergolong obat keras, maka disarankan untuk tidak dikonsumsi tanpa resep dan pantauan dari dokter. Untuk mengobati berbagai kondisi alergi, polofar plus tablet digunakan dengan dosis dan aturan pakai seperti berikut:

  1. Dosis untuk anak usia 2-6 tahun yaitu sebanyak 3-4 kali sehari ¼ kaplet
  2. Untuk anak usia 6-12 tahun yaitu sebanyak sebanyak 3-4 kali sehari ½  kaplet
  3. Sementara itu, dosis untuk anak di atas usia 12 tahun dan orang dewasa yaitu sebanyak 3-4 kali sehari, 1 hingga 2 kaplet.

Untuk aturan pakainya, disarankan untuk:

  1. Selalu mengikuti arahan dan petunjuk penggunaan yang dokter rekomendasikan. 
  2. Tidak disarankan mengurangi atau menambahkan dosis tanpa berkonsultasi dengan dokter.
  3. Disarankan minum polofar plus sesudah makan.
  4. Agar pengobatan lebih efektif, minumlah obat ini di waktu yang sama setiap harinya.
  5. Jangan menghentikan penggunaan obat secara tiba-tiba tanpa berkonsultasi dahulu dengan dokter.

Latibet Obat Apa? Ketahui Dosis dan Efek Sampingnya!

Apa saja efek samping polofar plus?

Seperti obat lainnya, polofar plus juga dapat menimbulkan efek samping ringan hingga serius. Kendati demikian, tidak semua pasien merasakan efek samping yang serupa. Beberapa efek samping yang mungkin terjadi di antaranya:

  1. Retensi cairan
  2. Distensi perut
  3. Kelemahan otot
  4. Bradikardia
  5. Sakit kepala 
  6. Penglihatan kabur
  7. Masalah buang air kecil
  8. Anafilaksis
  9. Hiperglikemia

Jika kamu mengalami efek samping tersebut, segera konsultasikan pada dokter. Terutama jika efek samping tidak hilang selama beberapa waktu.

Methisoprinol Obat Apa? Ternyata Bisa Mengatasi Herpes dan Covid-19

Interaksi obat yang perlu diketahui

Perlu diketahui bahwa polofar kapsul dapat berinteraksi dengan obat atau produk lain apabila digunakan secara bersamaan. Tentunya penggunaan beberapa kandungan secara bersamaan dengan polofar plus dapat menimbulkan efek samping.

Beri tahu dokter tentang semua obat, vitamin, dan suplemen herbal yang sedang kamu gunakan, sehingga dokter dapat membantumu mencegah terjadinya interaksi obat. Polofar plus dapat berinteraksi dengan:

  1. Diuretik
  2. Antihistamin
  3. Aspirin
  4. Atropin
  5. Ketokonazol
  6. Inhibitor oksidase monoamin

Dari penjelasan di atas, maka pertanyaan tentang polofar plus obat apa sudah terjawab ya, Yoonies? Singkatnya, polofar plus merupakan obat tablet untuk mengatasi berbagai alergi pada kulit, mata, maupun saluran pernapasan. Jangan lupa untuk selalu lakukan konsultasi sebelum mengonsumsi atau minum obat ini, ya!


Penulis: Silvia Wardatul

Share artikel ini
Reference