peran dan fungsi perawat

Terkadang perawat masih dipandang sebelah mata karena sebagian besar masyarakat belum menyadari sepenuhnya akan peran dan fungsi perawat yang sesungguhnya. 

Perawat merupakan seseorang yang tidak terpisahkan dalam sistem kesehatan sehingga mereka juga sama pentingnya dengan dokter serta petugas medis lainnya.

Apa yang menjadi peran dan fungsi perawat sesungguhnya? Simak dalam ulasan lengkap berikut ini yuk yoonies!

Apa itu perawat?

mengenal apa itu perawat

Bagi kamu yang belum mengerti benar apa saja peran dan fungsi perawat, yuk kenali dulu apa itu profesi yang Bernama perawat.

Perawat merupakan seseorang yang menempuh jalur pendidikan keperawatan baik di dalam atau luar negeri dengan ketentuan dan aturan menurut perundang-undangan yang berlaku. 

Defines akan perawat sendiri diatur dengan sangat jelas jelas dalam keputusan Menteri Kesehatan RI pada nomor 647/Menkes/ SK/IV/2000 dimana keputusan ini berisi tentang registrasi dan praktik keperawatan. Keputusan ini kemudian sempat diperbarui dengan nomor 1239/SK/XI/2001.

Kualifikasi dari perawat sendiri dibedakan berdasarkan dua Pendidikan yang dilalui yaitu d3 keperawatan dan sarjana keperawatan yang diatur dalam undang-undang nomor 38 tahun 2014.

Lalu apa saja yang menjadi peran dan fungsi perawat?

5+ Cara Mendidik Anak Perempuan Menjadi Tangguh dan Pemberani

 

Mengenal peran perawat

peran perawat

Peran perawat sendiri memang terkadang tidak bisa dilepaskan dari pendamping dokter yang umumnya bekerja di bidang kesehatan.

Selain itu perawat juga dikenal dapat bekerja secara aman baik itu di klinik, rumah sakit atau jenis pusat kesehatan lainya. Peran dan fungsi perawat menurut Kementrian Kesehatan Republic Indonesia adalah:

1. Care provider atau pemberi asuhan

Merawat seorang pasien membutuhkan etika dan prinsip yang harus dimiliki perawat, yaitu memberi pelayanan dan perawatan agar kesehatan pasien segera pulih.

Dukungan perawat ini dapat berupa fisik dan psikologis sehingga membantu kesehatan pasien datang lebih cepat.

2. Community leader atau pemimpin komunitas

Perawat dapat berperans ebagai seornag pemimpin untuk komunitasnya atau pasien terutama bila ada keluhan dalam penanganan baik itu untuk pasien atau lingkungan dimana perawat bekerja.

Kenali Karakter Anak Pertama dan Cara Membentuk Karakter yang Baik

3. Educator atau pendidik

Tidak hanya untuk pasien, ilmu dan pengetahuan yang dimiliki oleh perawat juga dapat diberikan kepada lingkungan sekitar dan terdekatnya seperti keluarga.

Peran ini tentu sangat berguna untuk mengubah gaya hidup menjadi lebih sehat sehingga gangguan terhadap kesehatan tidak mudah terjadi di sekitar perawat.

4. Advocate atau pembela

Perawat dapat menjadi pembela yang memperjuangkan hak-hak pasien dan juga komunitas atas pengetahuan yang mereka punya.

Peran ini tentunya dapat menjadi media atau embaran antara perawat dan dokter dan jenis tenaga kesehatan lain akan pendapat yang diutarakan oleh perawat.

5. Researcher atau peneliti

Perawatn dengan pengetahuan dan kemampuan intelektualnya yang dimiliki dapat menjadi seorang peneliti sederhana dalam bidang keperawatan yang dimiliki.

Perawat dapat menjadi orang yang mempunyai rasa ingin tahu yang tinggi, mengembangkan potensi serta dapat melihat fenomena apa saja yang terjadi pada pasien dan tempatnya bekerja.

Kapan Hari Perawat Sedunia? Simak Informasinya Di Sini

Fungsi perawat

fungsi perawat

Perawat memang salah satu orang yang sangat berjasa dalam bidang kesehatan.

Mereka akan menjadi tangan dan kaki dokter dan menjadi salah satu orang yang bertugas langsung dalam merawat dan mengusahakan kesembuhan bagi pasien. Adapan 3 fungsi dari perawat yaitu:

1. Independent

Fungsi perawat yang pertama adalah independen. Dalam hal ini perawat dalam melakukan Tindakan dan juga mengambil keputusan yang dianggap terbaik berdasarkan ilmu keperawatan.

Tindakan dan keputusan ini juga harus diambil berdasarkan ilmu yang telah dimiliki dan menjadi tanggung jawab yang akan dibawa penuh oleh perawat tersebut serta tidak melibatkan orang lain dalam keputusan yang diambil.

2. Dependen

Fungsi selanjutnya pada perawat adalah dependen dimana perawat dapat menjalankan perintah dokter seperti melakukan pemberian obat, pemasangan infus, penyuntikan, pengambilan sampel darah dan lain sebagainya.

Fungsi dependen ini tidak menjadi tanggung jawab perawat akan tetapi menjadi tanggung jawab dokter yang memberikan perintah kepadanya.

3. Interdependen

Fungsi lain dari perawat adalah interdependen dimana perawat dapat melakukan Kerjasama dengan pihak lain untuk memberikan pelayanan dan usaha terbaik dalam bidang kesehatan.

Pihak lain yang dimaksud adalah dokter, fisioterapi, para ahli, ahli gizi dan siapa saja yang dapat membantu tindakan perawat untuk pasien.

Penanganannya akan disesuaikan dengan kondisi dan kebutuhan pasien sehingga perawat dalam bekerja langsung dengan pihak lain yang dibutuhkan.

Selain dari 3 fungsi perawat, apa saja yang menjadi karakter seorang perawat?

Punya Benjolan di Langit Langit Mulut, Apa Penyebabnya? Ini Cara Mengatasinya!

Bagaimana karakter perawat?

Selain peran dan fungsi perawat yang harus dipenuhi dan dilakukan oleh seorang perawat, tentunya ada beberapa karakter atau sifat yang menjadi ciri khas seorang perawat, yaitu:

  • Sabar
  • Telaten
  • Teliti
  • Peduli
  • Terampil
  • Aktif
  • Komunikatif
  • Etis
  • Kreatif
  • Ramah
  • Tersenyum
  • Mendengarkan
  • Belajar

Karakter ini tentu saja dapat menjadi bekal yang perlu dipersiapkan saat seseorang menempuh jalur Pendidikan sebagai seorang perawat.

Karakter ini juga dapat dipupuk sejak dini sehingga Ketika siap menjadi seorang perawat, maka tak perlu memulai dari karakter ini dari awal.


Penulis: Nur Azizah

Share artikel ini
Reference