polidaktili adalah

Mungkin kamu pernah menemui seorang anak yang memiliki jumlah jari yang lebih banyak dari biasanya. Ternyata, gangguan ini bisa terjadi karena faktor keturunan. Namun, ada kemungkinan juga polidaktili terjadi karena mutasi genetik atau faktor lingkungan.

Polidaktili adalah salah satu kelainan bentuk tangan bawaan saat lahir yang paling umum terjadi. Sekitar satu dari setiap 500 hingga 1.000 bayi lahir dengan kondisi ini, biasanya hanya dengan satu tangan yang terkena.

Anak-anak kulit hitam lebih cenderung memiliki jari kelingking tambahan, sedangkan anak-anak Asia dan kulit putih lebih cenderung memiliki ibu jari tambahan. Cacat lahir di mana seseorang memiliki jari ekstra, baik di tangan atau kaki mereka. Istilah tersebut dari bahasa Yunani “poly” yang artinya banyak, dan “dactylos” yang artinya jari.

Polidaktili dapat terjadi pada masing-masing tangan dan kaki atau hanya salah satunya. Lantas, apa penyebab polidaktili? Yuk cari tahu selengkapnya di bawah ini!

Polidaktili adalah

Dibandingkan dengan wanita, pria memang memiliki risiko lebih tinggi untuk mengalami masalah ini. Pada dasarnya, polidaktili sendiri adalah suatu kondisi seseorang yang lahir memiliki jari tangan maupun jari kaki lebih. Hal ini bisa saja terjadi karena dari pengaruh adanya riwayat dari keluarga, dan pada bagian tubuh yang sering kena seperti tangan.

Sebenarnya, polidaktili dapat dicegah, orang tua mungkin khawatir tentang kemampuan anak mereka untuk menggunakan tangan dan kaki mereka setelah prosedur pembedahan. Namun, orang tua tidak perlu khawatir karena kebanyakan anak yang menjalani operasi dapat menggunakan tangan dan kakinya secara normal.

Apa saja jenis polidaktili?

Ada beberapa kemungkinan jari yang diperoleh dari polidaktili berfungsi seperti jari normal lainnya dengan bentuk yang utuh. Bisa juga berupa jari yang dibentuk hanya sebagian, tetapi dilengkapi dengan tulang.

1. Praaksial

Polidaktili preaksial terjadi ketika jumlah jari ekstra dekat dengan tangan besar atau kaki. Polidaktili ini dapat terjadi pada 1 dari 1.000 – 10.000 kelahiran.

2. Polidaktili sentral

Jenis polidaktili ini jarang terjadi karena jari ekstra muncul di tengah jari tangan atau kaki. Jari ekstra ini biasanya muncul di antara jari telunjuk, jari manis, atau jari tengah.2.

3. Pascaaksial

Kondisi polidaktili ini paling sering terjadi ketika penambahan jumlah jari terjadi di bagian luar, baik tangan maupun kaki. Umumnya, ada tambahan menyerupai jari kelingking di sebelahnya. Ketika kondisinya mempengaruhi jari-jari kaki, itu disebut polidaktili fibula.

Tanda- tanda polidaktili

Tanda yang paling umum adalah:

  • Benjolan di jaringan lunak, tidak ada tulang di dalamnya (nubbins).
  • Pertumbuhan jari ekstra dengan tulang tetapi tanpa persendian.
  • Pertumbuhan jari ekstra berfungsi penuh dengan jaringan, tulang dan sendi.

Penyebab polidaktili

Nah, penyebab mengapa bayi terlahir polidaktili antara lain:

1. Faktor keturunan

Kondisi yang paling umum adalah polidaktili familial atau yang terjadi sebagai akibat keturunan dari orang tua. Jika polidaktili tidak diturunkan, mungkin ada perubahan gen bayi yang terjadi saat masih dalam kandungan.

Sebuah penelitian yang dirilis pada 2018 menunjukkan bahwa mutasi pada gen dapat terjadi ketika embrio janin tumbuh pada minggu ke-4 hingga ke-8.

2. Faktor non-keluarga

Faktor gen bukan satu-satunya yang bisa membuat bayi lahir dengan kelainan jari tambahan. Kondisi lingkungan juga dapat menyebabkan terjadinya polidaktil ini. Dalam sebuah penelitian, ditemukan bahwa ada 459 kasus anak di Polandia yang lahir dengan polidaktili tanpa memiliki garis keturunan. Ini lebih umum di:

  • Bayi dengan ibu diabetes
  • Ibu bayi mengalami infeksi saluran pernapasan pada trimester pertama kehamilan
  • Bayi dengan ibu yang memiliki riwayat epilepsi
  • Ibu yang mengonsumsi thalidomide (obat untuk meredakan morning sickness) selama kehamilan

Pilihan pengobatan

Berikut berbagai pengobatan yang bisa kamu coba, untuk mengobati:

1. Polidaktili jari kecil

Jenis ini mungkin tidak memerlukan perawatan, karena biasanya tidak mempengaruhi aktivitas sehari-hari. Namun, mungkin kamu masih ingin mengobatinya karena alasan kecantikan.

Jika jari ekstra kecil hanya terbentuk sebagian dan tidak mengandung tulang, mungkin mudah untuk menghilangkannya. Berbeda halnya jika jari ekstra kecil lebih lengkap atau fungsional, mungkin diperlukan pembedahan untuk mengangkatnya.

2. Polidaktili jempol

Perawatan untuk duplikasi ibu jari lebih rumit karena ibu jari tambahan dapat mempengaruhi fungsi ibu jari lainnya.

Untuk alasan ini, tidak mungkin untuk menghapus ibu jari ekstra begitu saja. Pembedahan mungkin diperlukan untuk merekonstruksi satu ibu jari yang berfungsi, menggunakan bagian dari kedua ibu jari.

Ada berbagai pilihan pembedahan yang tersedia tergantung pada posisi dan tahap pembentukan ibu jari ekstra.

3. Polidaktili sentral

Ada beberapa pilihan pembedahan jenis sentral. Ini termasuk:

  • Melindungi jari tengah ekstra, tetapi beroperasi pada tendon dan ligamen untuk menghindari deformitas
  • Melepaskan jari tengah ekstra dan membangun kembali jari yang terpasang
  • Melepaskan kedua jari dan membangun kembali yang baru

Sebenarnya, kondisi ini bisa didiagnosis saat janin berusia 3 bulan. Dokter akan mencari tahu riwayat keluarga, selain itu juga memeriksa kromosom untuk melihat adanya faktor lain.

Kondisi ini akan terlihat saat bayi telah lahir. Dokter juga melakukan tindakan dengan X-ray guna melihat ada jari tambahan yang muncul memiliki tulang atau tidak.

Share artikel ini
Reference