penyebab sakit punggung bagian tengah pada wanita

Sakit punggung dapat dirasakan pada bagian manapun, seperti punggung atas, bawah, kanan, kiri dan tengah. Bagian punggung tengah yang sakit tentu sangat mengganggu aktivitas ya ladies. Kamu perlu tahu terlebih dulu penyebab sakit punggung bagian tengah pada wanita untuk dapat mengobatinya.

Sakit punggung jika tidak segera diatasi dapat menjadi tanda penyakit lain yang memerlukan pengobatan lebih lanjut. Yuk ketahui tanda sakit punggung dan cara mengatasinya.

Apa itu sakit punggung bagian tengah?

Sakit punggung bagian tengah pada wanita adalah sakit yang terasa di sekitar leher bawah hingga ke belakang tulang dada. Daerah ini disebut juga dengan tulang belakang toraks. Ada 12 tulang belakang yang terletak pada area ini. Nyeri pada punggung tengah bisa diakibatkan oleh iritasi atau luka pada otot, ligamen, dan cakram tulang belakang.

Sakit punggung pada wanita dan pria jika tidak segera diketahui penyebabnya bisa menjalar ke area lainnya, lho. Maka dari itu penting untuk mengetahui penyebab sakit punggung bagian tengah pada wanita, tanda, dan bagaimana cara mengatasinya dengan tepat.

Penyebab sakit punggung bagian tengah pada wanita

Sakit punggung pada bagian tengah bisa disebabkan karena beberapa hal berikut ini:

Postur tubuh yang buruk

Tekanan yang berulang pada tulang belakang menyebabkan nyeri punggung. Postur tubuh yang buruk dapat menyebabkan hal ini terjadi. Otot dan ligamen punggung harus bekerja keras agar seimbang dan tidak membungkuk. Nyeri punggung tengah dapat terjadi apabila terlalu banyak bekerja sehingga otot menjadi sakit.

Obesitas

Terdapat korelasi positif antara obesitas dengan nyeri punggung. Nyeri punggung bisa terjadi karena berat badan yang bertambah.

Keseleo atau ketegangan otot

Terkilir disebabkan robeknya atau peregangan ligamen. Keseleo bisa disebabkan karena mengangkat benda berat tanpa bentuk yang tepat atau gerakan tiba-tiba yang canggung. Hal ini menjadi penyebab sakit punggung bagian tengah pada wanita yang sangat umum terjadi, misalnya bila tiba-tiba menggendong anak tanpa ancang-ancang.

Jatuh atau cedera

Punggung tengah lebih kecil kemungkinannya mengalami cedera dibandingkan tulang belakang leher dan tulang belakang punggung bawah. Hal ini karena punggung punggung tengah memiliki struktur yang kaku. Jatuh dengan keras, jatuh dari ketinggian atau cedera tulang toraks dapat menyebabkan punggung tengah sakit dan memerlukan perawatan.

Disk hernia

Diks hernia adalah kondisi saat bagian dalam, inti seperti gel pada disk punggung mendorong cincin luar tulang rawan dan memberi tekanan pada saraf. Disk yang mengalami herniasi juga biasa disebut disk tergelincir atau pecah sehingga menyebabkan punggung tengah nyeri atau sakit, kesemutan dan mati rasa.

Osteoarthritis

Penyakit sendi degenerative ini terjadi saat tulang rawan menutupi sendi mengalami kerusakan. Hal ini menyebabkan tulang bergesekan. Menurut Center for Disease Control and Prevention (CDC) sebanyak 30 juta orang Amerika Serikat mengalami osteoarthritis yang menjadi penyebab utama kecacatan pada orang dewasa Amerika.

Penuaan

Usia seseorang yang semakin tua menjadi penyebab kemungkinan sakit punggung tengah semakin besar. Nyeri punggung dapat terjadi pada usia 30-50 tahun. Proses penuaan terjadi secara alami pada tubuh, termasuk penipisan tulang, pengurangan masa otot dan pengurangan cairan antar sendi tulang belakang sehingga menyebabkan tulang nyeri punggung tengah.

Patah tulang

Patah tulang/fraktur terjadi setelah trauma seperti jatuh, kecelakaan, atau cedera olahraga. Fraktur bisa terjadi pada seseorang dengan kepadatan tulang yang berkurang sehingga menyebabkan nyeri punggung tengah.

Gejala sakit punggung bagian tengah pada wanita

Gejala sakit punggung bagian tengah yang paling umum antara lain:

  • Nyeri otot
  • Nyeri tumpul
  • Sensasi terbakar
  • Rasa sakit menusuk dan tajam
  • Kekencangan atau kekakuan otot

Gejala lain yang serius dan butuh penanganan antara lain:

  • Kesemutan atau mati rasa pada kaki, lengan, dada
  • Kelemahan pada kaki atau lengan
  • Kehilangan control usus atau kandung kemih

Lalu bagaimana cara mengatasi sakit punggung bagian tengah?

Cara mengatasi sakit punggung bagian tengah pada wanita

Penyebab sakit punggung bagian tengah pada wanita bisa beragam, dan untuk mengatasinya biasanya dokter akan melakukan beberapa pemeriksaan sehingga bisa dilakukan penanganan yang tepat, seperti pemeriksaan di bawah ini:

Pemeriksaan fisik

Dokter biasanya akan melakukan pemeriksaan fisik terlebih dahulu agar dapat menemukan penjelasan lebih rinci saat seseorang mengalami masalah kesehatan. Dokter umumnya akan menanyakan aktivitas, gejala yang dirasakan. Selain itu pemeriksaan fisik juga akan dilakukan seperti pada pemeriksaan perut, tulang belakang, kepala, kaki dan lainnya.

Pengecekan lebih lanjut/tes

Setelah menjalani pemeriksaan fisik, penyebab sakit punggung bagian tengah pada wanita mungkin akan diketahui setelah dilakukannya ten neurologis yang fungsinya adalah memeriksa fungsi otak dan sumsum tulang belakang. Ada juga tes pencitraan agar dapat memeriksakan kondisi tubuh dengan gelombag cahaya. Jenis tes pencitraan antara lain:

  • X-Ray
  • CT Scan
  • MRI Scan
  • Ultrasound

Pengobatan untuk punggung tengah pada wanita bisa diberikan sesuai dengan kondisi dan penyebabnya. Pengobatan awal bisa dilakukan dengan mudah dan sederhana, seperti pijat punggung tengah.

Pengobatan rumahan

Beberapa pengobatan rumahan yang dapat dilakukan untuk meredakan sakit punggung tengah antara lain:

  • Kompres es
  • Minum obat nyeri seperti naproxen dan ibuprofen
  • Rutin lakukan yoga untuk nyeri punggung
  • Hindari postur membungkuk
  • Pastikan tubuh tegap
  • Selingi waktu berdiri jika duduk terlalu lama
  • Sesuaikan kondisi kursi dan meja saat menggunakannya untuk bekerja

Perawatan medis bisa dilakukan jika nyeri punggung terjadi lebih dari 72 jam dan setelah dilakukan pengobatan rumah tidak cukup membantu nyeri punggung hilang. Perawatan medis bisa dilakukan dengan cara:

  • Terapi fisik
  • Mengonsumsi resep obat pereda nyeri

Cara mencegah sakit punggung bagian tengah pada Wanita

Meskipun kecelakaan atau jatuh terkadang tidak dapat dihindari dan mengakibatkan sakit punggung tengah, namun ada beberapa cara yang dapat dilakukan agar sakit punggung tengah dapat dihindari seperti:

  • Mengubah posisi tidur. Tidur telentang dapat membuat risiko tulang belakang tidak sejajar dan menyebabkan punggung tengah nyeri. Cobalah posisi tidur miring dengan bantal di antara lutut.
  • Sesuaikan postur. Mempertahankan postur yang baik dapat membuat otot punggung istirahat dan membuat lebih kuat. Berdiri dan duduk tegak, menurunkan tinggi kursi sehingga kaki bisa rata dengan lantai, memindahkan layar komputer sejajar dengan mata bisa membuat postur menjadi lebih baik.
  • Temui ahli terapi fisik. Lakukan terapi fisik agar dapat mengikuti program latihan yang disesuaikan dengan kondisi fisik dan keluhan yang kamu alami.

Penyebab sakit punggung bagian tengah pada wanita bisa beragam dan bila kondisinya sudah semakin parah bisa segera dilakukan pemeriksaan fisik hingga tes agar dapat ditangani dengan tepat ya, ladies!

Share artikel ini
Reference