Combes tablet

Combes tablet

Menjaga pola hidup sehat dan rajin olahraga memang dinilai sebagai cara terbaik untuk menjaga berat badan tubuh. Biasanya, untuk membantu mendukung keberhasilan diet sehat, seseorang akan mengonsumsi suplemen tambahan seperti combes tablet.

Combes tablet memang dianggap bermanfaat untuk mereka yang sedang menjalankan program diet. Tapi, sebenarnya apa itu combes tablet dan mengapa digunakan untuk diet sehat?

Apa itu combes tablet?

Combes tablet adalah suplemen atau vitamin yang berperan dalam menjaga berat badan ideal. Suplemen ini bekerja dengan cara mengurangi lemak dalam tubuh sehingga dapat menurunkan berat badan.

Karena terdiri dari bahan-bahan yang beraneka macam, vitamin ini tidak hanya mengurangi lemak. Dalam beberapa studi, kandungan combes terbukti memberikan beberapa manfaat kesehatan lain mulai dari meringankan nyeri otot hingga gejala gagal jantung kongestif.

Lalu, apa zat atau bahan yang terdapat dalam combes tablet?

Kandungan combes tablet

Terdiri dari bahan-bahan yang tidak membahayakan tubuh, combes tablet ternyata banyak mengandung zat gula dari hewan laut dan asam gelugur dari buah tropis. Berikut adalah beberapa zat atau bahan yang terdapat dalam suplemen ini:

  • Chitosan (zat gula dari hewan laut) sebanyak 250 mg
  • Ekstrak buah garcinia cambogia (asam gelugur) sebanyak 250 mg
  • L-carnitine (asam amino) sebesar 50 mg
  • Chromium picolinate sebesar 50 mg
  • Vitamin C sebanyak 25 mg

Selain itu, combes tablet juga mengandung 10 mg co-enzyme Q10 (CoQ10). Zat yang biasa disebut dengan ubikuinon sebenarnya secara alami ada dalam tubuh manusia. Pasalnya, beberapa orang yang menderita penyakit tertentu ditemukan mengalami penurunan zat ubikuinon.

Oleh karena itu, beberapa peneliti memutuskan untuk menggali lebih dalam terkait manfaat dari mengonsumsi suplemen yang mengandung CoQ10. Hebatnya, para peneliti berhasil menemukan beberapa manfaat yang tidak terduga.

Manfaat combes tablet dengan coenzyme Q10

Co-enzyme Q10 memang secara alami ditemukan dalam tubuh manusia, terutama pada jantung, hati, ginjal, serta pankreas. Biasanya kadar zat ini akan menurun seiring bertambahnya usia. Beberapa peneliti berhasil menemukan manfaat coenzyme Q10 dalam combes tablet seperti:

  • Mengurangi risiko kerusakan jantung akibat obat kemoterapi kanker (bukan mengobati kanker)
  • Mengurangi risiko komplikasi akibat operasi jantung (bukan mencegah penyakit jantung)
  • Memperbaiki gejala gagal jantung kongestif
  • Meringankan rasa sakit pada otot (tetapi tidak mengurangi nyeri otot akibat konsumsi statin atau obat penurun kolesterol)
  • Membantu mengurangi tekanan darah
  • Membantu pemulihan operasi bypass dan katup jantung jika dikombinasikan dengan nutrisi lain
  • Menurunkan frekuensi migrain atau sakit kepala

Meskipun kamu dapat menemukan co-enzyme Q10 pada makanan seperti daging, ikan, dan kacang-kacangan, jumlah CoQ10 dari makanan dinilai tidak dapat memenuhi atau meningkatkan kadar CoQ10 dalam tubuh. Oleh karena itu, seseorang dapat mengonsumsi suplemen berbahan ubikuinon seperti combes tablet misalnya.

Indikasi

Meskipun dapat membantu meringankan sakit kepala dan gangguan tertentu pada jantung, suplemen ini tetap diindikasikan untuk seseorang yang ingin menjaga atau menurunkan berat badan, serta mengurangi lemak dalam tubuh.

Jadi, jika kamu memiliki masalah tertentu terkait jantung ataupun sakit kepala, sebaiknya tidak menggunakan combes tablet sebagai obat utama ya.

Lalu, sebelum kamu menggunakan vitamin ini untuk membantu mengontrol berat badan, pastikan kamu tidak memiliki alergi terhadap berbagai kandungan yang ada di dalamnya. Terutama jika kamu memiliki alergi terhadap makanan laut seperti kerang, lobster, maupun kepiting, karena suplemen ini mengandung chitosan yang diperoleh dari berbagai hewan laut.

Dosis combes tablet

Combes tablet biasanya dikonsumsi oleh orang dewasa dengan dosis minum sebanyak 2 tablet. Kamu dapat mengonsumsi vitamin ini sebanyak 1 hingga 3 kali sehari.

Meskipun vitamin ini terbilang aman untuk dikonsumsi, pastikan untuk selalu mengonsumsi suplemen di bawah pengawasan dokter.

Aturan pakai

Setelah memperoleh vitamin, kamu dapat menggunakan suplemen sesuai petunjuk yang tertera pada kemasan atau sesuai dengan anjuran dokter. Biasanya vitamin ini diminum sekitar 1 jam sebelum makan atau dalam keadaan perut kosong.

Meskipun suplemen tidak sepenuhnya dikatakan berbahaya, kamu tidak boleh melebihkan atau mengurangi dosis pemakaian yang telah ditetapkan. Simpanlah suplemen ini di tempat kering yang sejuk dengan suhu ruangan di bawah 30 derajat Celcius.

Efek samping

Berdasarkan berbagai kandungan yang telah disebutkan di atas, sebagian besar combes tablet berasal dari bahan-bahan yang aman untuk tubuh. Alhasil, combes tablet dinilai hanya memberikan sedikit efek samping.

Beberapa diantara kamu mungkin mengalami gangguan sistem pencernaan seperti mual, muntah, dan diare. Untungnya, kasus ini tidak selalu atau bahkan jarang terjadi. Ada beberapa efek samping lain dari combes tablet yang mungkin kamu rasakan seperti:

  • Insomnia
  • Sakit perut bagian atas
  • Menurunnya selera makan
  • Ruam dan gatal pada kulit
  • Iritabilitas
  • Agitasi

Combes tablet untuk ibu hamil

Sampai saat ini, penggunaan suplemen pengatur berat badan sebaiknya tidak dikonsumsi ibu hamil dan ibu menyusui. Keamanan terkait combes tablet untuk janin dalam kandungan dan ASI untuk si kecil belum ditetapkan secara pasti.

Jika kamu ingin menggunakan suplemen ini selama kehamilan ataupun pada periode menyusui, lakukanlah konsultasi terlebih dahulu dengan dokter. Sebaiknya kamu tidak mengonsumsinya tanpa persetujuan dan pengawasan dari dokter.

Share artikel ini
Reference