penyebab mulut pahit

Kamu pasti pernah mengalami adanya rasa pahit atau rasa tidak enak di mulut. Sebenarnya mulut terasa pahit itu reaksi normal, tetapi bisa jadi mengkhawatirkan jika sering terjadi dalam jangka waktu yang lama. Tidak hanya makanan yang kamu konsumsi, faktanya ada beberapa penyebab mulut pahit lainnya.

Apa saja penyebab mulut pahit? Lalu, bagaimana cara mengatasi mulut pahit yang mudah? Yuk. simak penjelasan detailnya di artikel ini, Yoonies!

Penyebab mulut pahit

Kamu perlu mencari tahu penyebab mulut pahit yang kamu alami apalagi jika kondisi tersebut sering terjadi. Penyebabnya bisa dipengaruhi oleh beberapa faktor, seperti mulut kering, gigi kotor, atau bahkan kehamilan.

Secara medis, perubahan rasa yang terus-menerus terjadi di mulut dikenal disebut dengan dysgeusia. Seseorang yang mengalami dysgeusia biasanya akan sering merasakan mulut pahit. Jika rasa ini muncul terus-menerus, penderitanya bisa terganggu dan sulit untuk mencicipi makanan dan minuman.

Beberapa penyebab mulut pahit bukanlah hal yang serius. Walaupun begitu, rasa pahit di mulut tentunya akan sangat mengganggu pola makan teratur atau kenikmatan hidup sehari-hari. Berikut beberapa penyebab mulut pahit!

1. Mulut kering

Mulut kering atau xerostomia terjadi ketika mulut tidak menghasilkan cukup air liur. Penderita mulut kering akan merasakan rasa lengket dan kering di mulut mereka. Jika dirasakan terus-menerus, maka efeknya akan menyebabkan mulut terasa pahit.

2. Masalah kesehatan gigi

Salah satu penyebab mulut pahit adalah adanya masalah kesehatan pada gigi. Gigi yang tidak bersih bisa memicu rasa pahit di mulut. Kebersihan gigi yang buruk juga dapat memicu peningkatan gigi berlubang, infeksi, dan penyakit gusi atau radang gusi.

3. Kehamilan

Mulut terasa pahit juga bisa muncul ketika sedan hamil, terutama selama trimester pertama kehamilan. Hormon dalam tubuh berfluktuasi selama kehamilan sehingga mempengaruhi indra dalam tubuh, termasuk indra pengecapan pada mulut.

4. Menopause

Wanita yang mengalami menopause juga mungkin mengalami rasa pahit di mulut mereka. Penyebabnya adalah kadar estrogen yang lebih rendah dalam tubuh yang dapat menyebabkan kondisi sekunder seperti mulut kering. Mulut yang terus-menerus kering dapat memicu rasa pahit.

5. GERD atau refluks asam lambung

Rasa pahit di mulut juga bisa disebabkan oleh penyakit GERD atau refluks asam lambung. Penyakit ini terjadi ketika otot atau sfingter di bagian atas lambung melemah dan memungkinkan asam naik sampai ke tenggorokan dan mulut. Asam yang naik ini memicu rasa pahit di mulut.

Apakah Penyakit GERD Bisa Sembuh? Yuk, Cari Tahu Tandanya!

6. Sariawan

Ternyata sariawan juga merupakan salah satu penyebab mulut pahit, lho. Penyebab munculnya sariawan adalah infeksi jamur di mulut yang ditandai dengan bercak putih pada lidah, mulut, atau tenggorokan. Infeksi inilah yang memicu rasa pahit atau tidak enak di mulut.

7. Sindrom mulut terbakar

Jika kamu merasakan sensasi terbakar pada mulut, lama-kelamaan kamu akan merasakan rasa pahit di mulut. Hal ini bisa terjadi jika kamu sering mengonsumsi makanan pedas. Gejala ini sebenarnya normal, tetapi bisa menjadi kronis jika berlangsung dalam waktu yang lama.

8. Stres dan kecemasan

Penyebab mulut pahit ternyata tidak hanya muncul dari kondisi fisik tapi juga kondisi mental. Tingkat dan kecemasan yang tinggi dapat memicu perubahan indra perasa seseorang. Hal ini dapat membuat mulut kering dan menimbulkan rasa pahit di mulut.

9. Kerusakan saraf

Seperti indra tubuh yang lainnya, indra perasa terhubung langsung ke saraf otak. Ketika kerusakan saraf terjadi, maka indra perasa akan ikut terganggu. Gangguan ini juga bisa memicu rasa pahit di mulut.

10. Konsumsi obat-obatan

Konsumsi obat-obatan tertentu juga bisa menyebabkan mulut terasa pahit. Obat-obatan yang dapat menyebabkan rasa pahit yaitu antibiotik, obat jantung, vitamin yang mengandung mineral atau logam, dan obat litium.

5+ Ciri-ciri Alergi Obat yang Penting untuk Diketahui

Bagaimana cara mengatasi mulut pahit?

Ada beberapa cara yang bisa kamu lakukan untuk mengatasi mulut pahit. Kamu bisa melakukan pengobatan rumahan atau langsung berkonsultasi dengan dokter. Berikut beberapa cara mengatasi mulut pahit dengan mudah di rumah:

  1. Merawat gigi dengan teratur (sikat gigi, flossing, obat kumur)
  2. Mengunyah permen karet bebas gula
  3. Minum banyak air putih
  4. Hindari mengonsumsi makanan berminyak atau pedas yang memicu asam lambung
  5. Membilas mulut dengan satu sendok teh soda kue yang ditambahkan ke segelas air
  6. Membatasi alkohol
  7. Kurangi merokok
  8. Konsumsi buah-buahan, terutama buah jeruk

Selain pengobatan di rumah, kamu juga bisa melakukan berkonsultasi dengan dokter terutama jika rasa pahit di mulut sering terjadi dalam jangka waktu yang lama. Dokter biasanya akan bertanya terlebih dahulu tentang rasa pahit di mulut yang kamu alami kemudian melakukan pemeriksaan fisik.

Perawatan untuk mengatasi rasa pahit di mulut tiap orang berbeda-beda tergantung pada kondisinya atau penyebab lain yang memicu rasa pahit. Jika penyebab mulut pahit adalah asam lambung maka biasanya dokter akan meresepkan obat antasida.

Namun, jika penyebabnya karena diabetes melitus tipe 2, maka dokter biasanya akan meresepkan obat metformin. Oleh karena itu, pengobatan untuk mulut pahit bisa berbeda pada tiap orang.

Itulah beragam penyebab mulut pahit dan cara mengatasinya. Rasa pahit di mulut itu bisa terjadi kepada siapa saja dan dapat diobati. Jika rasa pahit di mulut sering terjadi terus-menerus, kamu harus segera berkonsultasi dengan dokter ya, Yoonies!


Penulis: Tara Anugerah

Share artikel ini
Reference