obat pelunak feses setelah melahirkan aman

Pasca persalinan, masalah yang sering Moms hadapi, yaitu sembelit dan feses yang keras. Agar cepat teratasi, obat bisa menjadi pilihan. Lalu, apa saja daftar obat pelunak feses setelah melahirkan? Apakah obat-obat tersebut aman untuk ibu menyusui?

Feses menjadi keras disebabkan oleh beberapa faktor antara lain perubahan hormon progesteron dan estrogen yang turun drastis. Hal ini dapat memperlambat pergerakan usus dan menyebabkan feses keras.

Selain itu, kebutuhan cairan tubuh ibu menyusui meningkat untuk memproduksi ASI. Namun, banyak ibu yang lupa minum air putih yang cukup sehingga dapat menyebabkan dehidrasi dan feses menjadi keras.

Feses keras setelah melahirkan umumnya tidak berbahaya dan dapat kamu atasi dengan mudah. Namun, yang jadi pertanyaan, apa saja daftar obat pelunak feses setelah melahirkan yang aman dan ampuh? Yuk, simak!

Apakah obat pencahar aman untuk ibu menyusui?

Penggunaan obat pencahar untuk ibu menyusui tergantung pada jenis obat pencaharnya.

Secara umum, obat pencahar yang bekerja dengan cara menambah massa feses dan pelunak feses aman untuk ibu menyusui. Soalnya, obat pencahar jenis ini bekerja dengan cara menarik air ke dalam usus sehingga feses menjadi lebih lunak dan mudah dikeluarkan. 

Sedangkan, obat pencahar yang bekerja dengan cara merangsang usus sebaiknya dihindari oleh ibu menyusui. Obat pencahar jenis ini dapat bekerja dengan cepat, tapi dapat menyebabkan efek samping seperti kram perut, diare, dan dehidrasi. 

Dehidrasi dapat memengaruhi produksi ASI dan membahayakan kesehatan ibu dan bayi.

Sembelit Setelah Melahirkan? Ini Penyebab dan Cara Mengatasinya

Obat pelunak feses setelah melahirkan

Pastikan untuk berkonsultasi dengan dokter terlebih dahulu sebelum mengonsumsi obat dan jelaskan kondisi lain kamu miliki, seperti sedang menyusui, obat yang sedang dikomsumsi, riwayat alergi, dan sebagainya.

Inilah beberapa rekomendasi obat pelunak feses setelah melahirkan yang aman:

1. Microlax

Obat pencahar jenis enema yang digunakan untuk mengatasi sembelit. Obat ini berbentuk gel yang dikemas dalam tabung kecil sekali pakai.

2. Dulcolax

Bekerja dengan cara menstimulasi otot-otot di usus untuk berkontraksi dan membantu melancarkan buang air besar.

3. Lactulax

Obat sirup yang bekerja dengan cara menarik air ke dalam usus besar, sehingga feses menjadi lebih lunak dan mudah dikeluarkan.

Makanan Penyebab Sembelit Yang Perlu Kamu Waspadai

Ibu menyusui susah BAB, apa solusinya?

ibu menyusui susah bab apa solusinya

Bila sedang menyusui dan susah BAB, maka bisa mengikuti cara ini sebagai solusinya:

1. Perbanyak konsumsi serat

Konsumsi makanan kaya serat seperti buah-buahan, sayur-sayuran, dan whole grains. Serat membantu melancarkan pencernaan dan membuat feses jadi lebih lunak.

2. Minum air putih yang cukup

Minum air putih minimal 8 gelas per hari untuk membantu melunakkan feses dan mencegah dehidrasi.

3. Kurangi konsumsi makanan olahan

Makanan olahan umumnya rendah serat dan tinggi lemak, yang dapat memperparah sembelit.

4. Olahraga teratur

Lakukan olahraga ringan seperti berjalan kaki atau yoga selama 30 menit setiap hari. Olahraga membantu melancarkan pencernaan dan meningkatkan aktivitas usus.

5. Membiasakan diri untuk buang air besar secara rutin

Usahakan untuk buang air besar pada waktu yang sama setiap hari, meskipun kamu tidak merasa ingin.

6. Mencoba posisi jongkok saat buang air besar

Posisi jongkok dapat membantu membuka rektum lebih lebar dan memudahkan proses buang air besar.

Itulah beberapa rekomendasi obat pelunak feses setelah melahirkan dan solusi ibu menyusui yang susah BAB. Selalu konsultasikan dengan dokter sebelum mengonsumsi obat-obatan tertentu.

Share artikel ini
Reference