Kekurangan kalsium dan vitamin D3 memang bisa mengganggu kesehatan tulang dan gigi, misalnya meningkatkan risiko osteoporosis. Beberapa dokter biasanya merekomendasikan obat formical B sebagai salah satu jalan keluar. Simak apa itu obat formical B hingga efek sampingnya di sini!

Apa itu obat formical B?

Formical B adalah obat atau suplemen yang mengandung kombinasi kalsium dan vitamin D3. Kalsium adalah mineral untuk pembentukan dan pemeliharaan tulang dan gigi yang kuat, sementara vitamin D3 membantu tubuh menyerap kalsium. 

Maka dari itu, kombinasi keduanya yang ada pada obat berbentuk tablet ini membantu mengurangi risiko osteoporosis atau tulang keropos. Meski dianggap sebagai suplemen, kamu sebaiknya berkonsultasi dengan dokter untuk mengetahui apa dan berapa dosis obat Formical B. 

Meprothion Obat Apa? Ini Manfaat, Dosis dan Efek Sampingnya

Manfaat obat formical B

kelebihan vitamin d

Formical B adalah obat untuk membantu menjaga kesehatan tulang dan gigi. Hal ini terwujud dengan meningkatkan asupan kalsium dan vitamin D3 di dalam tubuh. Selain itu, ada manfaat lainnya yang ditawarkan dari konsumsi Formical B, berikut selengkapnya.

1. Meningkatkan kepadatan tulang

Formical B pada dasarnya mengandung nutrisi penting untuk pembentukan dan pemeliharaan tulang yang kuat. Sebut saja, calcium carbonate, magnesium hydroxide, zinc sulphate, vitamin D3, dan Boron glycinate

Kombinasi mineral dan vitamin D ini ternyata membantu meningkatkan kepadatan tulang dan menurunkan risiko osteoporosis. 

2. Mengurangi risiko patah tulang

Bila tulang sudah semakin kuat, tentu kamu bisa terhindari dari risiko patah tulang. Kondisi ini kerap terjadi pada wanita setelah menopause atau orang yang kurang mendapatkan kalsium dari makanan.

Jika kamu masuk dalam salah satu kategori tersebut, dokter biasanya akan memberikan obat ini sebagai penambah asupan kalsium. 

3. Menjaga kesehatan gigi

Selain membantu menjaga kesehatan tulang, kandungan kalsium pada obat Formical B ternyata penting untuk kesehatan gigi. Pasalnya, mineral satu ini membantu membangun dan memperkuat gigi hingga mengurangi riisko masalah gigi, seperti gigi berlubang. 

Walau begitu, manfaat-manfaat di atas baru bisa kamu dapatkan ketika mengetahui apa dan berapa dosis dan aturan pakai dari obat Formical B. 

Arkavit C Obat Apa? Ketahui Manfaat, Aturan, Dosis dan Efek Sampingnya

Dosis dan penggunaan obat formical B

Normalnya, dosis dan penggunaan obat Formical B akan berbeda-beda tergantung pada kondisi medis dan umur pemakainya. Itu sebabnya, kamu perlu mengikuti petunjuk dan dosis yang sudah diberikan dokter atau apoteker. 

Umumnya, dosis Formical B untuk orang dewasa adalah 1–2 tablet per hari. Kamu bisa mengonsumsi suplemen ini bersama makanan atau setelah makanan. Tidak hanya itu, kamu perlu menelan kapsul ini secara utuh, tidak dikunyah atau dihancurkan. 

Jika melewatkan dosis dan aturan pakai obat, sebaiknya segera konsumsi begitu kamu teringat. Bila sudah mendekati jadwal dosis berikutnya, jangan gandakan dosis untuk mengganti dosis yang sudah terlewat. Alih-alih demikian, lanjutkan jadwal dosis berikutnya seperti biasa. 

5+ Vitamin Tulang dan Gigi untuk Anak yang Wajib Diberikan

Efek samping obat formical B

ciri-ciri alergi obat

Walaupun Formical B tergolong aman, pemakaian suplemen ini ternyata bisa memicu beberapa efek samping pada beberapa orang. Berikut ini efek samping dari obat ini yang patut kamu waspadai. 

1. Gangguan pencernaan

Salah satu efek samping yang paling sering dirasakan adalah masalah pencernaan. Pasalnya, kandungan kalsium pada Formical B bisa memicu masalah seperti: 

  • Sembelit
  • Sulit buang air besar
  • Perut kembung
  • Mual dan muntah
  • Diare
  • Sakit perut

2. Penyumbatan saluran kemih

Penyumbatan saluran kemih mungkin menjadi salah satu efek samping yang jarang terjadi. Namun, kondisi ini bisa terjadi pada pasien batu ginjal karena kalsium pada suplemen ini bisa menyebabkan pembentukan kristal kalsium. Hal tersebut bisa menyumbat saluran kemih. 

3. Reaksi alergi

Bila memiliki alergi terhadap kandungan obat ini, kamu mungkin mengalami reaksi alergi setelah mengonsumsi Formical B, seperti: 

  • Ruam kulit
  • Gatal-gatal
  • Sesak napas
  • Pembengkakan di wajah, bibir, lidah, atau tenggorokan

4. Kondisi medis lainnya

Selain kondisi kesehatan di atas, ada beragam masalah kesehatan lainnya yang bisa muncul ketika menggunakan Formical B pada beberapa orang. Misalnya, orang yang memiliki masalah ginjal lebih berisiko mengalami kerusakan ginjal ketika memakai Formical B dalam waktu lama. 

Setelah mengetahui apa itu Formical B hingga efek sampingnya, penting untuk tidak melebihi dosis yang direkomendasikan. Kamu juga sebaiknya tidak memakai obat ini dalam waktu yang lebih lama dari dianjurkan dokter. Jadi, selalu konsultasikan dan ikuti anjuran dokter, ya!


Penulis: Nabila Azmi

Share artikel ini
Reference