Penderita diabetes bisa mengonsumsi obat fonylin untuk mengontrol glukosa darah. Obat fonylin mengandung gliclazide yang bekerja dengan meningkatkan jumlah insulin yang dihasilkan pankreas dan menurunkan gula darahmu.

Tentunya, fonylin dapat menjadi alternatif perawatan untukmu. Selain mengonsumsi obat, ada beberapa perawatan lain yang bisa kamu coba. Untuk lebih jelasnya, dapat kamu baca di bawah ini.

Fonylin obat apa?

Vagistin obat apa

Fonylin merupakan obat untuk pasien dewasa dengan diabetes yang tidak bergantung pada insulin (tipe 2), ketika pengaturan diet, olahraga, dan penurunan berat badan belum cukup untuk mengontrol glukosa darah. Dengan komposisi gliclazide, fonylin dapat bekerja dengan efektif.

Obat ini berbentuk tablet yang memiliki garis tengah sehingga mudah dipecah. Fonylin juga berbentuk tablet lepas lambat, sehingga tersimpan lama di dalam tubuh.

Fonylin dikonsumsi secara oral. Dosis sehari gliclazide dapat bervariasi, mulai dari setengah hingga dua tablet, yaitu 30 hingga 120 mg sekali minum pada saat sarapan (1 tablet=60 mg). jumlah dosis yang kamu butuhkan harus disesuaikan dengan respons metabolik dari tiap pasien (glukosa darah, HbA1c).

Bionicom zinc obat apa? Ketahui manfaat dan efek sampingnya di sini!

Dosis awal yang direkomendasikan adalah 30 mg per hari. Apabila glukosa darah dapat dikontrol secara memadai, dosis tersebut dapat digunakan untuk terapi pemeliharaan. Apabila glukosa darah tidak dapat dikontrol dengan baik, dosis dapat ditingkatkan menjadi 60, 90, atau 120 mg per hari secara bertahap. 

Interval kenaikkan masing-masing dosis setidaknya 1 bulan, kecuali pada pasien yang glukosa darahnya tidak turun setelah dua minggu pengobatan. Pada kasus tersebut, dosis dapat ditingkatkan pada akhir minggu kedua pengobatan.

Manfaat fonylin

Diabetes tipe 2 adalah suatu kondisi di mana tubuh tidak membuat cukup insulin, atau membuat insulin yang tidak bekerja dengan baik. Hal ini menyebabkan gula darah tinggi (hiperglikemia).

Gliclazide, kandungan yang ada di dalam fonylin, dikenal juga sebagai sulfonilurea. Sulfonilurea bekerja dengan meningkatkan jumlah insulin yang dihasilkan pankreas dan menurunkan gula darahmu.

Gliclazide terkadang dapat membuat kadar gula darah terlalu rendah (hipoglikemia). Hal ini dapat mempengaruhi konsentrasimu. Jika ini terjadi, jangan mengemudi, bersepeda, atau menggunakan mesin atau alat sampai merasa lebih baik. Bawalah permen atau jus buah untuk membantu saat ini terjadi.

Wiros Obat Apa? Pereda Arthritis hingga Sakit Pinggang

Beberapa orang menemukan bahwa berat badan mereka bertambah saat mengonsumsi gliclazide. Cobalah makan makanan yang sehat dan seimbang untuk membantu mengatasi hal ini.

Jika kamu akan menjalani operasi, beri tahu dokter bahwa kamu mengonsumsi gliclazide. Sebab gliclazide dapat meningkatkan risiko gula darah rendah selama operasi.

Pengobatan diabetes lainnya

Ada sejumlah perawatan yang tersedia untuk membantumu mengelola dan mengobati diabetes. Setiap orang berbeda, jadi perawatan akan bervariasi tergantung pada kebutuhan tubuhmu sendiri.

Perawatan untuk diabetes tipe 1

Pompa insulin

Menggunakan pompa insulin bisa menjadi alternatif yang baik untuk menyuntik insulin menggunakan injeksi yang berbentuk pulpen. Cara ini dapat memberimu lebih banyak fleksibilitas saat mengelola diabetes. 

Transplantasi sel islet

Jika kamu menderita diabetes tipe 1, kamu mungkin bisa mendapatkan transplantasi sel islet. Tujuan dari prosedur ini adalah untuk memungkinkan orang dengan penyakit autoimun ini berhenti mengonsumsi insulin.

Perawatan untuk diabetes tipe 2

Tablet dan obat-obatan

Jika menderita diabetes tipe 2, kamu mungkin memerlukan obat untuk membantu mengelola kadar gula darah. Beberapa obat merangsang pankreas untuk memproduksi insulin. Ada pula obat-obatan yang diresepkan untuk membantu menurunkan berat badan, jika perlu.

Operasi penurunan berat badan

Ada banyak sekali prosedur operasi obesitas pada lambung atau usus yang bisa kamu pilih untuk membantu menurunkan berat badan. Ada banyak penelitian yang menemukan bahwa cara ini dapat membantu menyembuhkan diabetes tipe 2.

Diet dan olahraga

Banyak orang dengan diabetes Tipe 2 tidak minum obat apa pun, dan mereka malah mengobati diabetes dengan makan dengan baik dan lebih banyak bergerak. Penelitian terbaru dari DiRECT menunjukkan bahwa penurunan berat badan dapat membuat diabetes Tipe 2 sembuh. 

Insulin

Penderita diabetes tipe 2 mungkin tidak perlu langsung menggunakan insulin. Tetapi beberapa orang memiliki kadar gula darah yang sangat tinggi saat pertama kali didiagnosis. Jadi insulin dapat digunakan sebagai pengobatan jangka pendek untuk membantu menurunkan kadar gula darah dengan cepat.

Beberapa orang mungkin perlu mengonsumsi insulin karena alasan tertentu, seperti selama kehamilan, penyakit parah, atau setelah operasi. Tetapi kamu mungkin juga memerlukan perawatan insulin jika obat lain tidak membantu mengatur kadar gula darah atau tidak sesuai untukmu.

Diabetes tidak hanya memengaruhi secara fisik, tetapi juga memengaruhi secara emosional. Ini bisa jadi stres, merasa sedih dan tertekan, atau kelelahan. Orang-orang di sekitarmu juga bisa merasakan semua ini. Karenanya, saling bahu membahu untuk kesembuhan penderita diabetes adalah penting.

—-

Penulis: Rahmadina Firdaus

Share artikel ini
Reference