obat mionalgin

Pernahkah kamu mengonsumsi mionalgin? Mionalgin merupakan salah satu obat yang bisa dikonsumsi saat mengalami demam dan nyeri.

Kondisi demam dan nyeri memang menyulitkan dalam berkonsentrasi dan beraktivitas sehingga konsumsi obat ini perlu dilakukan untuk meredakan gejalanya.

Mionalgin obat apa? Yuk simak manfaat, kandungan, dosis dan aturan pakai dari obat yang satu ini.

Deskripsi obat Mionalgin

mionalgin

Mionalgin merupakan jenis obat yang dapat meredakan nyeri dan demam. Obat ini dapat menjadi alternatif untuk kedua keluhan yang sering tiba-tiba datang. 

Jenis obat keras ini termasuk dalam kategori obat antiinflamasi non steroid atau OAINS dan jika didasarkan pada kelasnya, makan obat ini termasuk dalam obat keras yang membutuhkan instruksi dan resep dari dokter.

Kandungan dalam mionalgin yang dapat meredakan nyeri dan demam antara lain:

    • Thiamin hcl. Zat ini dapat membantu menjaga fungsi dari organ dalam tubuh. Dalam obat ini terkandung sebanyak 50 mg.
    • Piridoksin hcl. Zat ini dapat menjaga kestabilan dan kesehatan sistem saraf dan otak. Dalam obat ini terkandung sebanyak 100 mg.
    • Methampyrone. Zat ini dapat meredakan nyeri dan termasuk dalam obat anti inflamasi non steroid. Dalam obat ini terkandung sebanyak 500 mg. 
    • Cyanocobalamin. Dikenal sebagai zat penurun demam dan pereda nyeri. Dalam obat ini terkandung sebanyak 100 mg.

Jika kamu mengalami demam atau nyeri, obat dengan kandungan zat aktif diatas membantu meredakan nyeri dengan cepat.

Namun tentunya penggunaan obat keras ini harus dengan resep dokter agar bisa disesuaikan dengan kebutuhan akan nyeri dan demam yang kamu alami.

Mixalgin Obat untuk Apa? Ternyata Bukan Cuma untuk Sakit Kepala!

Manfaat obat Mionalgin berdasarkan kandungannya

Sesuai dengan kandungan obat yang terdapat di dalam mionalgin, kandungan yang bermanfaat ini mempunyai masing-masing fungsinya yaitu:

Thiamin hcl

Thiamine dalam mionalgin bertindak sebagai vitamin b1 yang cukup bermanfaat untuk tubuh. Tentunya sudah diketahui bahwa jenis vitamin ini memang dapat membantu pencernaan dan sangat penting untuk tubuh.

Vitamin ini juga mengurangi kerusakan otak secara permanen dan menghindari penyakit yang bisa berdampak pada kesehatan dalam jangka waktu panjang.

Piridoksin hcl

Zat ini berperan dalam mengubah makanan sehingga dapat menjadi energi untuk tubuh. Selain itu juga dapat menjaga jaringan saraf dan memproduksi sel darah merah yang sangat bermanfaat untuk tubuh.

Methampyrone

Salah satu kandungan yang terdapat dalam mionalgin ni dapat menghambat prostaglandin di mana zat ini dapat menyebabkan bengkak, nyeri, dan demam.

Selain itu zat bermanfaat ini dapat mengurangi nyeri pada sendi, gigi, kepala hingga menurunkan demam.

Cyanocobalamin

Zat yang juga disebut dengan vitamin B12 ini mempunyai peran penting dalam membantu menghasila sel darah merah bagi tubuh, menjaga eksehatan mata, kulit dan saraf, membantu proses dalam sintesis dna dan juga proses antivitas asam folat dalam tubuh.

Semua zat yang terkandung dalam mionalgin memang sangat bermanfaat dan dapat menurun nyeri serta demam secara signifikan.

Agar keluhan dapat segera mereda, berapa dosis mionalgin yang perlu diperhatikan?

Analsik Tablet: Indikasi, Dosis, dan Efek Samping

Dosis dan penggunaan

cara menghitung dosis obat

Mionalgin merupakan obat keras yang memerlukan resep dan juga dosis sesuai sehingga tidak menimbulkan efek samping. Untuk dewasa biasanya mionalgin diminum 1 tablet 3x sehari. 

Konsumsi mionalgin sebaiknya ditelan secara langsung dan hindari untuk menggerus atau mengunyahnya. Jenis obat ini ditelaah dengan menggunakan air putih dan dianjurkan setelah menyantap makanan.

Hindari mengonsumsi mionalgin diluar batas dosisnya tanpa anjuran dari dokter karena jenis obat ini termasuk golongan keras sehingga instruksi dokter sangat diperlukan. 

Mionalgin dapat diminum setiap 6-8 jam sekali sesuai dengan kebutuhan dan sebaiknya minum obat pada jam yang sama setiap harinya.

Apakah ada efek samping yang mungkin dari ditimbulkan oleh mionalgin?

Efek samping obat

Mionalgin sama seperti jenis obat lainnya yang mungkin dalam menimbulkan efek samping. Namun untuk risiko efek sampingnya dapat berbeda-beda untuk setiap orang sehingga sebaiknya segera laporkan jika ada efek samping yang parah.

Jenis efek samping yang mungkin dapat terjadi antara lain berupa kemerahan pada kulit, terdapat reaksi hipersensitif hingga risiko granulosit atau gagalnya sumsum tulang saat membentuk granulosit.

Selain itu efek samping dalam kelebihan dosis mionalgin dapat terjadi hal berikut ini:

  • Mual
  • Muntah
  • Koma
  • Kejang

Kabari anggota keluar jika kamu sedang mengonsumsi jenis obat tertentu sehingga dapat meminimalisir efek samping yang lebih buruk.

Segera laporan dan cari bantuan dari tenaga medis jika terdapat reaksi alergi dari zat yang terkandung dalam mionalgin.

Interaksi obat Mionalgin

Mionalgin juga hampir sama dengan jenis obat lain terkait interaksi obat yang mungkin dapat terjadi. Jenis interaksi obat yang dapat terjadi antara lain:

  • Penurunan efektivitas ovar
  • Efek beracun bagi tubuh
  • Risiko efek samping tinggi

Sangat penting untuk menginformasikan kepada dokter tentang jenis obat apa saja yang sedang dikonsumsi baik dalam rangka pengobatan atau pemulihan sehingga dokter dapat merekomendasikan solusi terbaik agar dapat menghindari interaksi obat yang dapat terjadi.

Beberapa jenis obat yang perlu dihindari adalah cyclosporin yang dapat mengurangi efektivitas obat dan jenis obat hipnotik dan sedatif yang dapat meningkatkan efek tertentu dalam tubuh.

Mionalgin bisa menjadi solusi pereda demam dan nyeri yang ampuh, akan tetapi perlu konsultasi dan saran dari dokter untuk dapat memaksimalkan manfaat obat dan menghindari efek samping yang tidak diinginkan.


Penulis: Nur Azizah

Share artikel ini
Reference