gusi berdarah terus

Sebagian besar orang pasti pernah mengalami gusi berdarah. Bisa dibilang gusi berdarah adalah gejala penyakit gusi paling umum. Ada banyak kemungkinan penyebab gusi berdarah terus, seperti jaringan telah terluka, ada masalah kebersihan mulut, atau ada penyakit yang mendasari yang berhubungan dengan mulut.

Namun, dari ketiga itu, sering kali, gusi berdarah hanyalah akibat radang gusi yang juga tahap awal penyakit gusi, di mana gusi teriritasi oleh penumpukan plak sehingga memungkinkan untuk meradang dan berdarah saat kamu menyikat atau mengunyah makanan tertentu. 

Kendati demikian, pendarahan gusi yang sering juga dapat menandakan kondisi kesehatan yang lebih serius. Dalam kebanyakan kasus, orang dapat mengobati gusi berdarah ringan di rumah. Pendarahan gusi dapat diobati dan dicegah dengan kebersihan mulut yang baik.

Lantas, apa penyebab gusi berdarah terus dan bagaimana cara mengatasinya? Yuk, simak informasi selengkapnya di artikel ini, Yoonies!

Penyebab gusi berdarah terus

Menyikat gigi terlalu keras, adanya cedera, dan peradangan dapat menyebabkan gusi berdarah. Namunm di samping itu, ada faktor lain penyebab gusi berdarah terus, seperti:

1. Radang gusi atau gingivitis

Kebanyakan orang mengalami radang gusi ketika plak terlalu lama menempel di garis gusi. Plak diartikan sebagai kotoran dan bakteri yang menempel pada gigi. 

Memang, menyikat gigi dapat menghilangkan plak dan dapat mencegah gigi berlubang (karies gigi). Namun, plak mungkin tetap berada di garis gusi, terlebih jika kamu tidak sikat gigi dengan benar.

Faktanya, jika plak tidak dihilangkan dapat mengeras menjadi karang gigi yang akan meningkatkan perdarahan. Nantinya, saat plak menumpuk di dekat gusi itu juga dapat menyebabkan radang gusi.

Apabila kamu mengalami radang gusi, kemungkinan kamu juga akan merasakan gejala, seperti:

  • Gusi bengkak
  • Rasa sakit di mulut dan sekitar gusi
  • Gusi berdarah

2. Periodontitis

Penyakit periodontal atau periodontitis adalah infeksi gusi jangka panjang yang memengaruhi jaringan dan tulang yang melindungi gigi apabila tidak dirawat. Periodontitis menyebabkan gusi meradang dan bengkak. Umumnya, periodontitis menyebabkannya gigi mengendur dan gejala lainnya berupa gusi berdarah terus.

3. Diabetes

Gusi yang berdarah atau bengkak mungkin merupakan gejala diabetes tipe 1 atau tipe 2 . Ketika kamu memiliki penyakit ini, mulut kamu tidak begitu kuat melawan kuman sehingga lebih mungkin terkena infeksi seperti penyakit gusi. Kadar gula darah tinggi yang menyertai diabetes mempersulit tubuh untuk sembuh sehingga dapat memperburuk penyakit gusi dan menyebabkan perdarahan pada gusi.

4. Kekurangan vitamin

Kekurangan vitamin C dan K juga dapat menyebabkan gusi mudah berdarah, lho. Oleh karena itu, apabila kamu mengalami gusi berdarah terus yang tidak disebabkan oleh perawatan gigi yang tidak tepat, kamu bisa memeriksakan diri ke dokter terkait kadar vitamin C dan K dalam tubuh.

Selain itu, ikuti diet yang mengandung kedua nutrisi tersebut untuk memastikan kamu mendapatkan vitamin yang dibutuhkan agar tetap sehat.

Makanan yang kaya vitamin C antara lain, jeruk, brokoli, stroberi, tomat, kentang, dan paprika, sedangkan makanan yang kaya vitamin K meliputi selada, kubis, bayam, sawi hijau, kedelai, minyak canola, dan minyak zaitun.

5. Penyebab lain gusi berdarah terus

Orang yang memakai gigi palsu juga terkadang mengalami gusi berdarah. Ini lebih mungkin terjadi ketika gigi palsu terlalu pas. Oleh karena itu, konsultasikan dengan dokter gigi atau ortodontis jika gigi palsu atau peralatan mulut lainnya menyebabkan gusimu berdarah. 

Di samping itu, kehamilan umumnya juga menyebabkan gusi berdarah. Ini karena perubahan hormonal yang terjadi selama kehamilan dapat menyebabkan gusi menjadi lebih sensitif.

Selain itu, gangguan pendarahan seperti hemofilia dan leukemia juga dapat meningkatkan risiko gusi berdarah. Gusi mungkin lebih sering berdarah jika kamu konsumsi obat pengencer darah. Obat-obatan dalam kelas ini termasuk warfarin, aspirin, dan heparin.

Apakah Cataflam Bisa Mengobati Gusi Bengkak? Ini Penjelasannya!

Cara mengatasi dan mencegah gusi berdarah terus

Setelah kamu mengetahui penyebab gusi berdarah, kamu dapat memilih beberapa cara untuk menghentikan pendarahan pada gusi termasuk mencegahnya. Adapun beberapa cara tersebut, di antaranya:

  1. Lakukan perawatan kesehatan mulut yang baik, termasuk menyikat gigi dua kali sehari dan flossing sekali sehari
  2. Jangan lupa mengganti sikat gigi setiap 3 sampai 4 bulan 
  3. Kunjungi dokter gigi secara teratur
  4. Buat janji temu rutin dengan ahli kesehatan gigi untuk pembersihan dan penghilangan karang gigi
  5. Meningkatkan asupan vitamin C dan K
  6. Lakukan kompres dingin untuk mengurangi perdarahan
  7. Bilas mulut dengan air garam
  8. Gunakan kain kasa untuk menghilangkan darah pada gusi
  9. Hindari merokok
  10. Gunakan sikat gigi berbulu halus dan lembut 
  11. Mengonsumsi makanan sehat yang mencakup banyak buah dan sayuran segar dan membatasi makanan olahan dan makanan dengan tambahan gula

Apa Penyebab Sariawan pada Bibir, Lidah, dan Gusi?

Itulah penyebab dan cara mengatasi maupun mencegah gusi berdarah terus. Untuk menjaga kesehatan mulut secara keseluruhan, pastikan kamu rutin melakukan pemeriksaan kesehatan gigi dan mulut ya, Yoonies!


Penulis: Silvia Wardatul

Share artikel ini
Reference